Tahun 2024, Belajar Melakukan Dengan Segenap Hati

Selamat Tahun Baru 2024!

Sebelum menuliskan rencana tahun 2024, saya ingin sedikit kilas balik hasil rencana belajar konsisten yang mandiri di 2023. Sesungguhnya konsisten itu tidak mudah, di awal tahun saya masih bisa cukup rutin menulis terutama menyelesaikan beberapa draf jalan-jalan awal tahun. Tetapi beberapa bulan terakhir, banyak hal yang sebenarnya ingin saya tuliskan tapi belum saya tuliskan. Maka seperti tahun 2023 lalu, rencana pertama saya di tahun ini adalah menuliskan hal-hal yang terjadi di 2023 yang ingin saya ingat untuk dituliskan supaya tidak saya lupakan.

Apakah saya berhasil konsisten secara mandiri di 2023? Apakah saya berhasil melakukan apa yang direncanakan? Apakah saya cukup produktif di tahun 2023? Ini menjadi beberapa pertanyaan saya menutup tahun 2023 kemarin.

Hal-hal di 2023

Kalau cuma pakai perasaan, saya merasa saya agak gagal konsisten dan tidak produktif sama sekali. Untungnya, setelah melihat kembali dari tulisan yang tersebar di berbagai blog, ternyata hasil dari prinsip Just Do It, saya cukup produktif dan melakukan beberapa hal di luar rencana di tahun 2023.

Ketika menuliskan beberapa hal yang perlu disyukuri di tahun 2023, saya merasa takjub sendiri. Karena saya bahkan belum menuliskan semuanya. Memang ya waktu setahun itu lama, mana bisa kita mengingat semuanya, makanya perlu kita tuliskan untuk membantu mengingat.

Situs Simalungun Net

Untuk rencana mengelola situs Simalungun.Net, awal tahun 2023 saya masih cukup semangat melakukan beberapa perbaikan terutama di bagian renungan Tadah ni Tonduyta. Akan tetapi, saya terlupa melanjutkannya karena sebenarnya situs tersebut tidak perlu banyak perbaikan, hanya ada beberapa bagian yang masih perlu ditambahkan navigasinya.

Untuk bagian Kamus Simalungun, bagian konten masih perlu ditambahkan, bahannya sudah ada tetapi kesempatan mengerjakannya belum ada. Walau demikian, situs Simalungun.net secara keseluruhan sudah bisa bermanfaat dan ramai dikunjungi khususnya untuk bagian Buku Doding Haleluya dan Bibel Simalungun di setiap hari Minggu.

Sepertinya walau sudah ada beberapa posting menyebut tentang situs Simalungun.Net ini, tetapi saya belum pernah menulis khusus tentang situs tersebut. Saya akan tuliskan di posting terpisah secara khusus tentang asal mula dan perjalanan pengembangan situs itu, sekaligus buat catatan untuk diri sendiri.

Pelatihan Berpikir Komputasional dan Bebras

Sesuai dengan rencana di awal tahun 2023, akhirnya saya menyelesaikan pelatihan guru untuk topik berpikir komputasional dan informatika. Saya juga membuka kelas 4 kali secara online dengan materi: Berpikir Komputasional, Pembahasan Soal Bebras, AI Sebagai Teman Belajar, dan Memanfaatkan AI untuk membuat presentasi di Canva. Pengalaman mengajar ini juga akan saya tuliskan secara terpisah.

Selain mendapatkan pelatihan berpikir komputasional, saya juga berkesempatan menjadi reviewer dari buku pembahasan soal Bebras. Di bulan Oktober 2023, saya juga ikut mereview soal Bebras untuk Tantangan Bebras November 2023. Buat yang masih belum tahu apa itu Bebras dan Tantangan Bebras, coba baca di blog saya yang satu lagi.

Selain mengikuti pelatihan dari Biro Bebras, saya juga belajar dari Coursera tentang mengajarkan Berpikir Komputasional ini. Nanti ini juga akan saya tuliskan di posting terpisah.

Kegiatan Menulis dan Membuat Konten

Tahun 2023 memang saya agak berkurang menulis di blog, kegiatan menulis yang masih rutin dilakukan itu ya Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog saja. Saya berhasil mengikuti semuanya walaupun tahun 2023 ini saya juga menjadi deadliner garis keras (sampai dapat badgenya).

Mungkin hanya di MGN ada penghargaan terhadap deadliner, karena walaupun deadline toh masih dalam batas waktu kan. Bukannya bangga jadi deadliner, tetapi saya mau bilang, masih lebih baik deadline daripada ketiduran jadi lupa setoran hehehe.

Beberapa hasil editan untuk IG Geneus DNA Indonesia

Kegiatan membuat konten bergeser jadi banyak mengedit konten gambar dan video reels untuk Geneus DNA Indonesia. Selain itu saya juga banyak mengedit audio dan video reels teaser untuk podcast Drakor Class.

Beberapa hasil editan untuk Tiktok Drakor Class

Sepanjang 2023, saya juga cukup banyak mengisi dan mengedit konten podcast Drakor Class, terutama di bulan Desember saat Drakor Class mengikuti kegiatan 30 Hari Bersuara 2023 yang diadakan komunitas The Podcasters Indonesia. Memang editan saya masih jauh dari profesional, karena rekamannya juga nggak pakai alat profesional, tapi saya merasa belajar banyak sekali untuk editing audio untuk podcast.

Saya tidak menghitung jumlah karya saya di tahun 2023, tetapi rasanya cukup banyak. Selain Canva, saya juga jadi belajar banyak tentang Capcut dan Audacity di tahun 2023.

Awalnya saya merasa 2023 saya tidak produktif sama sekali, ternyata saya masih cukup produktif menulis di beberapa blog saya dan juga di Drakor Class dan Mamah Gajah Ngeblog. Tapi seharusnya saya bisa lebih produktif lagi kalau nggak malas mendokumentasikan hal-hal yang saya kerjakan di tahun 2023.

Belajar Bahasa Thai

Satu hal yang tidak direncanakan di awal tahun 2023 adalah kesempatan belajar bahasa Thai lagi. Dulu saya pikir, kalau kita tinggal di satu negara, otomatis kita akan bisa dengan cepat belajar bahasa tersebut. Ternyata sekarang saya mengalami sendiri, walaupun sudah bertahun-tahun tinggal di Thailand, kemampuan bahasa Thailand saya masih jalan di tempat terutama urusan baca tulis.

Tahun 2023 saya punya kesempatan untuk belajar lagi dan mengikuti ujian kompetensi tingkat nasional. Apapun hasil dari sana, saya jadi lebih tahu bagaimana cara belajar selanjutnya kalau memang ingin bisa berbahasa Thai seperti saya berbahasa Indonesia. Nanti kalau hasilnya sudah keluar, saya akan bercerita lebih lanjut tentang hal ini.

2024 Harus Lebih Niat

Setelah menjalani 2023 yang banyak malasnya, saya berencana untuk belajar melakukan segala sesuatu dengan segenap hati. Bukan berarti semua harus sempurna, tetapi ya intinya mengerjakan dengan segenap hati: dilakukan dengan senang hati dan dari hati, bukan mengerjakan karena keterpaksaan ataupun menggerutu di dalam hati.

Beberapa hal yang ingin dilakukan di 2024, tentu saja melanjutkan apa yang sudah dimulai di 2023. Mulai dari melanjutkan mengerjakan situs Simalungun.Net, lebih fokus dengan Geneus DNA Indonesia dan juga tetap ikut dengan tim Buku Pembahasan Bebras, mengajar berpikir komputasional, dan tentunya melanjutkan berlatih bahasa Thai.

Itu secara garis besar, tapi ada beberapa hal yang ingin saya catat juga di sini untuk jadi contekan di akhir tahun 2024.

Melatih Konsisten Menulis Lagi

Untuk melatih konsisten menulis saya kembali bergabung dengan Kelas Literasi Ibu Profesional. Tujuannya sih supaya berbagai blog saya bisa bertambah isinya, walaupun saya belum punya rencana rutin untuk setiap blog. Saya tidak akan menulis panjang tentang KLIP, karena di blog ini sudah ada banyak tulisan tentang KLIP hehehe.

Kalau penasaran tentang KLIP, silakan cari posting lama dan baca baik-baik. Namanya mau ikut kelas literasi, harusnya siap untuk membaca dengan teliti juga dong.

Target KLIP tahun ini sih nggak muluk-muluk, pokoknya saya mengerjakan dengan segenap hati, mendokumentasikan berbagai hal yang perlu diingat.

Buka Kelas Online

Selain ikut kelas, saya juga berencana buka beberapa kelas online. Untuk ini juga belum ada rencana detailnya, yang sudah pasti sih kelas belajar berpikir komputasional untuk anak sekolah. Kalau ibu-ibu ada yang ingin tahu apa sih berpikir komputasional, bisa baca artikel saya di Mamah Gajah Ngeblog. Kalau masih belum mengerti dan masih tetap merasa perlu saya buka kelasnya, nanti bisa dipertimbangkan kalau banyak permintaan.

Kelas lain yang ingin saya buka itu misalnya kelas edit audio sampai jadi podcast, kelas edit video untuk tiktok ataupun reels instagram menggunakan capcut dan canva, dan bisa juga sih kelas ngeblog.

Tapi… untuk kelas edit audio/video ataupun ngeblog, saya hanya mau mengajar orang yang memang niat belajar, jadi kelas tersebut akan berbayar sebagai tanda komitmen. Kalau mau kelas gratisan dan kemudian nggak disimak, ya rasanya sudah banyak ya di internet, bisa dicari sendiri saja. Saya mau mengajar dengan segenap hati tentunya kepada yang ingin belajar dengan segenap hati juga. Nantikan saja detailnya ya.

Mundur dari Mengurus Komunitas Online

Beberapa tahun terakhir, saya belajar banyak dari berbagai komunitas online yang saya ikuti. Saya juga belajar berbagai hal tentang orang lain dari berbagai komunitas online termasuk akhirnya ikut menjadi pengurus.

Satu komunitas online tempat saya belajar paling banyak itu Drakor Class, mulai dari mengelola website sampai edit konten sosial media semua belajar di sana. Bahkan keberanian tampil di depan kamera maupun cuap-cuap untuk podcast banyak terasah di sana. Saatnya saya memberi kesempatan untuk teman-teman yang lain meneruskannya. Maka tahun 2024 ini saya memutuskan mundur dari mengurus komunitas Drakor Class. Semoga teman-teman di Drakor Class akan mendapatkan pelajaran yang lebih lagi dari apa yang saya dapatkan.

Untuk komunitas MGN, walaupun saya tergabung dalam tim admin, tapi sebenarnya saya cuma perlu ngajakin mamah-mamah mengisi list mingguan dan sambil jadi tim hore buat mamah admin lainnya. Jadi untuk komunitas ini, saya masih bisalaaaah bertahan.

Fokus di 2024

Tahun 2024 ini saya mau fokus mendokumentasikan sebanyak-banyaknya hasil belajar dan juga tentunya mengurus situs Simalungun.Net dan Geneus DNA Indonesia, belajar Bahasa Thailand, Bebras dan Berpikir Komputasional dan kelas yang akan saya buka. Loh katanya fokus tapi kok banyak ya? hehehe.

Pastinya di tahun 2024 ini, apapun yang saya kerjakan, saya ingin belajar mengerjakan dengan senang hati dan dengan segenap hati.

Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Kolose 3:23 TB

Posted

in

by

Comments

2 responses to “Tahun 2024, Belajar Melakukan Dengan Segenap Hati”

  1. […] menuliskan rencana mengajar online di tahun 2024 untuk Berpikir Komputasional dan juga edit audio/vi…, sesungguhnya saya belum terbayang apa yang akan saya lakukan. Ternyata, baru awal Januari, saya […]

  2. […] bisa saya ikuti tanpa harus keluar ongkos. Salah satu kelas yang akhirnya membuat saya sekarang mengajar berpikir komputasional juga awalnya saya ikuti secara […]

Leave a Reply