manifest season 4

Tentang Ending Serial Manifest Season 4 dan Kesempatan Kedua

Jika kamu diberikan pilihan: uang yang nilainya besar sekali atau mengulangi kehidupan sekian tahun terakhir, kamu pilih yang mana?

Melanjutkan tulisan tentang ending serial Manifest, mungkin ada yang bilang kalau endingnya kembali ke awal, apa gunanya menontonnya. Memang cerita Manifest ini seolah kembali ke awal, tetapi para penumpang tetap menyimpan ingatan yang terjadi selama bertahun-tahun yang diceritakan.

Jadi pada akhirnya serial Manifest ini adalah jenis cerita yang dinikmati ceritanya dan bukan tentang endingnya saja. Walaupun mungkin saja ceritanya bisa disingkat, tetapi ya namanya juga serial film. Kita harus paham kalau begitulah usaha industri film menghibur kita, membuat imajinasi kita jadi kemana-mana sambil mengajak memikirkan dan memetik makna hidup jika diberi kesempatan kedua.

Kesempatan kedua, pilihan akan sama atau berubah?

Saya pernah mendengar pertanyaan: Jika kamu diberikan pilihan: uang yang nilainya besar sekali atau mengulangi kehidupan sekian tahun terakhir, kamu pilih yang mana?

Waktu itu sih bayangan saya benar-benar mengulangi seperti memencet tombol rewind dan kita akan kembali maju dengan cerita detail yang persis sama. Tetapi untuk cerita serial Manifest ini tentu saja ceritanya tidak akan persis sama. Karena dalam ceritanya ada bagian di mana mereka menghilang sekian tahun lalu hidup sekian tahun dengan adanya penglihatan-penglihatan dan usaha untuk kembali ke garis waktu asli di saat mereka tidak pernah menghilang.

Michaela bertanya ke Ben, kalau kembali ke timeline awal, apakah dia masih akan memiliki 3 anak? Karena saat itu Ben baru memiliki 2 anak kembar. Michaela sendiri pada saat timeline awal sedang bimbang untuk menjawab lamaran Jared. Dalam cerita 4 season ini, hubungan Michaela dan Jared ini memang on dan off. Ketika pesawat Michaela menghilang, saat dia kembali ternyata Jared sudah move on dengan sahabatnya sendiri. Michaela pun akhirnya move on dan bertemu Zeke. Di saat menjelang akhir season, Zeke sudah tidak ada, tetapi masih muncul dan bisa berkomunikasi dengan Michaela, menceritakan beberapa hal tentang betapa mereka sebenarnya sudah pernah beberapa kali hampir bertemu sebelum akhirnya bertemu di Goa. Hubungan Michaela dan Jared juga sempat berlanjut kembali. Tetapi saat mengetahui Jared akan punya anak dengan Drea, Michaela mulai berpikir ulang meneruskan hubungan dengan Jared.

Saat pesawat kembali ke timeline awal, artinya kembali ke masa di mana Michaela kembali harus memutuskan menerima Jared atau  tidak. Dia masih bisa mencegah Jared menikah dengan sahabatnya, tetapi artinya dia tidak akan memiliki Zeke di hidupnya. 

Kalau Ben sih lebih santai, dia berasumsi kalau kembali ke timeline awal, toh istrinya masih ada. Tentunya masih akan ada kesempatan untuk memiliki anak ke-3. Ben sangat yakin kalau kembali ke masa awal, dia akan lebih berbahagia dibandingkan dengan kehidupan setelah menghilang sekian tahun dan punya penglihatan yang membuat mereka hidup terpecah belah dan bahkan dia kehilangan istrinya.

Apa yang terjadi pada Death Date

Di akhir season ke-4, di hari yang menjadi tanggal kematian mereka, Cal berhasil membuat pesawat mereka yang tadinya sudah hilang muncul kembali. Semua penumpang 828 juga bisa melihat cahaya terang dari langit dan entah kenapa langsung bergegas ke sana. Oh ya, mereka memang sudah tidak dikurung lagi, karena saat itu pemerintah akhirnya memutuskan untuk mengunci mereka dari luar dan mengabaikan begitu saja. Tetapi mereka berhasil dibebaskan oleh Drea Mikami, partner Jared dan juga Michaela di kepolisian. 

Di saat terakhir, Angelina yang merasa dirinya sebagai utusan Tuhan berusaha untuk membuat penumpang lain turun dan menguasai pesawat yang ditemukan Cal. Menurut Angelina, dia yang lebih berhak menentukan siapa yang boleh naik ke “bahtera” tersebut. Akan tetapi, pada akhirnya malah Angelina kalah dan pingsan. Di detik-detik saat semua semakin kacau, Ben agak bimbang antara menolong Angelina atau meninggalkannya begitu saja. Akhirnya Ben memilih untuk membopong Angelina masuk ke pesawat.

Di dalam pesawat, akhirnya mereka harus menghadapi penghakiman terakhir. Istilah yang digunakan mereka diadili untuk ditentukan apakah mereka berhak meneruskan penerbangan atau hilang menjadi debu. Penggambaran yang ingin diceritakan dalam serial ini memang membuat penonton pasti akan jadi ikut mikir tentang kelakuan diri sendiri.

Akhirnya pesawat mereka mendarat pada waktu yang seharusnya sebelum mereka dinyatakan hilang. Mereka tidak pernah dinyatakan hilang kecuali 11 orang termasuk Angelina yang berubah menjadi debu karena tetap tidak bertobat juga dan merasa paling benar. Jadi bisa dibilang ending-nya nggak benar-benar persis semua kembali ke awal dong ya karena ada faktor orang yang hilang dan tetap tidak diketahui menghilang ke mana.

Ending untuk masing-masing tokoh

Michaela dan Zeke (Netflix)

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimana penyajian episode terakhir ini menggambarkan setiap tokoh belajar dari masa-masa mereka menghilang dan berjuang untuk kembali. Nah begini sekilas ceritanya nih:

Ben Stone

Ben Stone, sebagai ayah dari anak kembar yang mana anaknya Cal menderita sakit yang sulit diobati akhirnya menemukan titik terang. Selama masa menghilang, dia mengenal Saanvi yang bisa menyembuhkan Cal. Ben juga sangat senang karena bisa bertemu lagi dengan Grace istrinya, dan tentu saja berencana untuk memiliki anak ke-3 yang akan diberi nama Eden.

Cal dan Olive Stone

Cal dan Olive si anak kembar kembali dengan umur mereka yang masih menjelang remaja. Cal masih sakit, dan dari semuanya sepertinya hanya Cal yang tidak bisa mengingat detail kejadian. Padahal Cal yang paling berperan nih dalam proses kembalinya mereka. Sedangkan Olive, dia kembali menjadi remaja yang tertarik dengan seorang mahasiswa dan berusaha mengajak ngobrol dengan TJ, memberitahukan kalau dia sudah membaca buku yang mereka bicarakan di pertemuan di bandara sebelumnya. Tetapi sepertinya karena ada perbedaan umur, Olive tidak akan mendapatkan pemuda mahasiswa tersebut.

Michaela Stone

Michaela Stone, setelah berpikir keras akhirnya dia memilih Zeke daripada Jared. Dia tahu kalau Jared akan lebih berbahagia dengan Drea, apalagi Drea dikisahkan sebelumnya sedang mengandung anak Jared. Michaela ingat kalau Zeke bercerita kalau saat pesawat mereka mendarat, Zeke sedang menjadi supir taksi dan mencari penumpang di sekitar bandara. Michaela yang mengingat semuanya tentang Zeke langsung keluar mencari Taxi Zeke dan bertemu. Sebenarnya ini agak mengada-ada ya, tetapi ya sudahlah namanya juga film untuk hiburan.

Penumpang lainnya

Saanvi, dokter yang akan menyelamatkan Cal dan punya banyak peranan juga dalam setiap seasonnya digambarkan kembali dengan pasangan pilihan sebelumnya yang sempat merenggang. Padahal beberapa kali diperlihatkan ada apa apa antara Saanvi dan Ben karena sering bersama. Tetapi ya pada akhirnya mereka memilih kembali pada pasangan masing-masing.

Drea dan Jared juga digambarkan baru bertemu pertama kali, dan ya tentu saja penonton berharap mereka berlanjut sesuai harapan Michaela.

Oh iya seperti disebutkan sebelumnya, Angelina dan 10 penumpang lainnya ada yang dinyatakan hilang dan tidak ditemukan dari daftar penumpang yang mendarat. Orang tua Angelina ditunjukkan mencari dia dan juga Vance serta beberapa petugas lainnya sibuk mencari tahu keberadaan penumpang yang hilang tersebut.

Beberapa penumpang yang sebelumnya terlihat jahat dan namanya saya lupa dan di akhir episode sudah mulai baik akhirnya selamat dan mereka pun bertekat untuk menjadi orang baik. Sepertinya mereka mendapatkan pencerahan selama berkelana di masa depan yang belum terjadi.

Pelajaran dari Serial Manifest

Akhirnya pesawat mendarat seperti seharusnya (NBC-Netflix)

Ada beberapa hal yang bisa menjadi renungan dari menonton serial Manifest ini, misalnya saja:

  • Sesungguhnya setiap orang punya penglihatan/panggilan, tetapi kita tidak selalu memutuskan untuk mengikuti/mencari tahu.
  • Setiap orang itu terhubung, tetapi memang kita sering malas untuk tetap terhubung.
  • Setiap hal itu adalah sebab akibat, tetapi terkadang kita menolak merasa bersalah ketika kita dihadapkan dengan akibat dari tindakan kita.
  • Para penumpang 828 itu bukan manusia yang spesial, mereka itu hanya random sampel atau ya dengan kata lain sial aja gitu pesawatnya menghilang.
  • Jika memang harus terjadi pasti terjadi. Kita tidak tahu masa depan, tetapi apapun keputusan dan tindakan kita di saat ini pasti akan mempengaruhi kehidupan kita di masa depan. Demikian juga Michaela yang akhirnya memilih Zeke dan bukan Jared karena menurutnya walau Jared mencintainya, dia lebih mencintai Zeke dan Zeke adalah pilihannya.
  • Pengampunan itu tanpa syarat. Seperti halnya Ben yang akhirnya tetap membawa Angelina ke pesawat 828, walaupun penonton pasti sudah tau betapa menyebalkannya dan menyusahkannya tokoh Angelina ini.
  • Beberapa hal terkadang akan tetap jadi misteri dan tidak bisa dijelaskan, seperti tidak ada penjelasan kemana mereka selama bertahun-tahun menghilang dan berusaha kembali. Toh akhirnya yang diketahui orang banyak adalah mereka tidak pernah hilang. Hanya mereka yang tetap ingat bahwa mereka pernah hilang dan kembali lagi untuk mendapatkan kesempatan kedua.
  • Kesempatan kedua buat yang sudah mengetahui hal yang terjadi di masa depan harus digunakan dengan bijak. Beberapa penumpang lain juga diperlihatkan berbahagia dengan keputusannya yang sempat disesali sebelumnya. 

Sudah tau ending, apakah Manifest tetap menarik untuk ditonton?

Jawaban pertanyaan ini kembali ke masing-masing sih. Untuk sebagian orang yang memang menikmati menonton untuk menjadi waktu beristirahat sambil menikmati jalan cerita yang menarik yang divisualisasikan, serial ini tetap menarik. Walaupun ceritanya terkadang terasa lambat dan ada bagian yang dilambat-lambatin dan kita rasa bisa dibuang dan tidak menjadi bagian penting, tetap saja membuat saya penasaran untuk menonton lanjutannya.

Penulis cerita berusaha mengumpulkan berbagai pertanda dari kitab suci, kartu tarot, dan mitologi berbagai negara untuk menjadi misteri yang perlu dipecahkan. Beberapa hal cukup masuk akal, walaupun pastinya akan ada hal-hal yang tidak usah diprotes kalau tidak masuk akal, namanya juga cerita fantasi. Lumayan sih kelihaian penulis meramu berbagai hal menjadi cerita yang cukup bisa dinikmati.

Buat yang belum memulai season 1 sama sekali tetapi menyukai jalan cerita misteri, drama ini akan tetap menarik untuk ditonton. Tetapi untuk yang sudah terlalu banyak menonton serial seperti ini, misalnya saja serial Lost, mungkin lebih baik tidak usah dipaksakan menontonnya. Tetapi kalau merasa sudah tanggung nonton beberapa season sebelumnya, bagian ke-2 ini langsung saja ditonton sampai habis.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply