Eksplorasi Blog dan Persiapan Kelas Online di 2024

Halo Februari, apa saja yang sudah dilakukan selama Januari?

Januari disibukkan dengan berbagai persiapan yang akan menentukan fokus kegiatan di 2024 ini. Berikut ini yang paling banyak dilakukan sepanjang Januari 2024

Salah satu hal yang direncanakan di tahun 2024 ini, selain kembali berlatih konsisten menulis adalah mengajar kelas online. Walaupun mood menulis masih antara ada dan tiada, tetapi masih berhasil menyelesaikan lebih dari 10 tulisan yang bisa disetorkan di KLIP.

Eksplorasi Blog

Bulan Januari, tulisan terbanyak dipublish di Blog Menulis.Blog. Awalnya karena eksplorasi untuk bikin FAQ dengan style accordion, eh malah jadi keasikan untuk mencoba berbagai cara menggunakan CSS dan Javascript. Saya juga mengganti halaman arsip blog ini.

Tidak berhenti di situ, saya juga mengubah tampilan blog ini dan beberapa blog lain termasuk Blogger Menulis Blog yang awalnya tujuannya hanya untuk contoh-contoh eksplorasi di blogspot. (yang mungkin hanya bisa dilihat bedanya kalau dibuka dari komputer).

Kesimpulan sementara ini saya jadi ingin belajar lagi berbagai hal terkait Pemrograman Web. Selain itu saya juga ingin melanjutkan niat belajar untuk mengurus hosting blog. Mudah-mudahan tahun ini jadi dilakukan setelah ditunda tahun lalu.

Persiapan Kelas Online

Ketika menuliskan rencana mengajar online di tahun 2024 untuk Berpikir Komputasional dan juga edit audio/video, sesungguhnya saya belum terbayang apa yang akan saya lakukan. Ternyata, baru awal Januari, saya mendapat tawaran kesempatan untuk mengajar Berpikir Komputasional dan juga kelas edit Video.

Kelas Berpikir Berpikir Komputasional dengan Bebras

Tahun ajaran ini, ketika saya menceritakan dengan teman saya yang ikut pelatihan guru informatika tentang rencana mengajar, saya diberitahu kalau aa kesempatan menjadi tutor di PKBM Pewaris Bangsa Bandung. PKBM yang selama ini memang sudah menjadi tempat saya berkomunitas dengan homeschoolers lainnya. Tepatnya juga PKBM yang dari awal memberikan kesempatan untuk anak-anak ikutan Tantangan Bebras secara daring.

Awalnya saya hanya berencana membuka 1 kelas saja, yang jumlah muridnya tidak lebih dari 10 orang. Ternyata, karena banyak yang tertarik untuk berlatih Berpikir Komputasional, di akhir pendaftaran ada 26 siswa yang saya bagi menjadi 4 sesi kelas yang berbeda, sesuai dengan keersediaan waktu dan dibagi menjadi kelompok Sikecil (kelas 1 – 3 SD), Siaga (kelas 4 – 6 SD), Penggalang (kelas 7-8) dan satu kelompok MixSikecil dan siaga karena mereka ingin ikut tapi waktunya tidak cocok dengan grup Sikecil dan Siaga yang ada.

Kelas ini kelas reguler, seminggu belajar sekali. Tetapi karena saya mengajar 4 kelas, artinya saya akan mengajar seminggu 4 kali, masing-masing 1 jam. Mudah-mudahan saja saya bisa membuat mereka semua ikut Tantangan Bebras di November 2024 nanti.

Kelas Edit Video

Kalau kelas edit Video ini diadakan oleh komunitas Drakor Class. Jadi, setelah saya serahkan perencanaan kegiatan ke teman-teman yang masih melanjutkan kepengurusan, eh ternyata mereka merancang beberapa kelas sepanjang tahun 2024 ini. Salah satu kelasnya yang akan dibuka bulan Februari ini kelas Content Creator. Akan ada 4 materi terkait Content Creator, dan saya kebagian mengajar bagian edit video di bagian terakhir pada 1 Maret 2024.

Seperti saya sebutkan di tulisan sebelumnya, tahun ini saya ingin mengajar untuk yang ingin belajar saja. Jadi sebagai tanda komitmen, kelasnya sengaja dibikin berbayar. Tapi tenang saja, investasi belajar ini pasti akan kembali dengan cepat, seperti sudah dibuktikan oleh teman-teman yang ikut mengajar kelas ini juga.

Oh ya, pendaftaran kelas content creator ini masih dibuka, langsung saja kalau memang tertarik daftarkan diri kamu ya! Tempat Terbatas loh.

Fokus Februari?

Sepanjang Januari, saya cukup berhasil melakukan hal-hal yang saya rencanakan dengan segenap hati. Mudah-mudahan untuk bulan Februari rencana mengajar, dan menuliskan hasil eksplorasi juga tetap bisa berjalan baik.

Beberapa hal yang belum banyak dikerjakan sesuai rencana itu situs Simalungun.Net dan belajar Bahasa Thai dengan berlatih menulis setiap hari. Sengaja ditulis di sini supaya tidak lupa ketika membacanya lagi, hehee. Resolusi nggak harus menunggu tahun baru, tetapi bisa bulan baru juga.


Posted

in

by

Comments

2 responses to “Eksplorasi Blog dan Persiapan Kelas Online di 2024”

  1. Dian Avatar

    Ah emang kece kakaku yang satu ini..
    Setuju kak, resolusi nggak harus awal tahun
    Semoga semua rencana februari berjalan lancar ya kak

  2. lendyagassi Avatar

    Seorang pembelajar sejati, ka Risnaaa..
    Aku kaget banget karena blognya beranak pinak, ternyata itu ladang eksperimen yaa..
    Saluutt~

Leave a Reply