2022 Bersama KLIP

Perjalanan konsisten menulis tahun 2022 bersama KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional) sudah selesai. Tanggal 19 Desember 2022 kemarin sudah terima rapor dan beberapa sertifikat lainnya. Setelah 2 tahun sebelumnya berhasil mendapatkan badge gold selama 12 bulan, tahun 2022 ini ada beberapa bulan saya tidak bisa mengumpulkan gold. Tetapi hasil secara keseluruhan cukup menggembirakan karena berhasil membaca lebih banyak buku di tahun 2022 ini.

Dari kegiatan membaca, bisa dilihat terdapat pengurangan jumlah buku yang dibaca dari awal tahun ke akhir tahun, tapi itu juga sudah peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ruang Berbagi KLIP

Di tahun 2020, saat semua orang di rumah saja dan kegiatan Zoom menjadi sesuatu yang umum, saya berkenalan dengan Podcast. Karena waktu itu saya dipercaya sebagai Tim Klub Buku KLIP, saya iseng memulai podcast dari hasil kegiatan pertemuan zoom KBK yang diadakan sebulan sekali. Podcast tersebut masih ada sampai sekarang dan tentunya bisa didengarkan siapa saja (terimakasih untuk Alfi yang meneruskan keisenganku).

Jangan lupa subscribe podcast KBK dan dengarkan episode lainnya ya.

Menjelang akhir November kemarin, saya diminta membagikan cerita tentang mengapa dan bagaimana produksi Podcast KBK. Sebenarnya teknisnya tidak sulit, tantangannya tentu saja butuh waktu untuk mengerjakannya. Harapan saya sih, akan ada teman-teman KLIP yang akan meneruskan kegiatan iseng saya untuk menjadi sesuatu yang berguna di bidang literasi. Kalau ada yang ingin meneruskan edit podcast KBK bisa kontak Alfi ya.

Berminat gabung KLIP?

Pendaftaran KLIP 2023 sudah dibuka. Buat kamu yang ingin berlatih konsisten menulis setiap hari atau ya paling tidak 10 tulisan sebulan, langsung saja mengisi form pendaftaran KLIP. Baca baik-baik dan ikuti semua petunjuk yang ada di sana ya! Pendaftaran akan ditutup 19 Januari 2023.

Untuk yang sudah ikut tahun 2022 juga wajib mengisi form pendaftaran lagi. Karena form pendaftaran ini menjadi bagian penting untuk setoran rutin setiap harinya.

Berlatih, Berlatih, Berlatih …

Kenapa saya ikut KLIP sampai mengulang beberapa tahun? Karena berlatih itu tidak ada habisnya. Ada banyak hal yang ternyata perlu agak dipaksa dengan setoran rutin supaya bisa dilakukan secara rutin, tetapi tentunya semua kembali ke tujuan masing-masing juga.

Ada loh yang baru ikut langsung menghasilkan buku untuk dicetak. Ada juga yang seperti saya, bertahun-tahun ikut tetap saja kalau tidak ada setoran wajib akhirnya kembali lagi malas menulis. Eh walaupun saya tidak menghasilkan buku cetak, saya malah menambah blog tempat menulis sih, hehehe.

Sejak memaksa diri berlatih konsisten menulis bersama KLIP, ada banyak hal lain yang saya pelajari juga yang tidak melulu seputar tulis menulis saja. Misalnya di tahun 2021, saya merasa belajar banyak hal dan menghasilkan banyak hal juga. Diantaranya ya podcast, livestream, edit image dan video. Selain itu juga belajar berorganisasi dan manajemen diri.

Konsisten itu nggak otomatis, konsisten itu butuh komitmen dan perlu tetap diusahakan dengan cara berlatih dan terus berlatih. Disiplin berlatihnya yang juga perlu terus dilakukan. Menuliskan tulisan ini saja rasanya agak mulai sulit karena sepanjang Desember ini kurang banyak menulis, padahal ada banyak sekali hal yang ingin diceritakan. Terutama tentang berkembangnya teknologi AI termasuk di dunia menulis, yang buat sebagian orang berpikir tidak perlu lagi menulis sendiri, tetapi. menurut saya itu tandanya kita perlu menuliskan hal yang tidak mungkin dituliskan AI.

Jangan mau kalah dengan AI ya. Yuk, yang mau berlatih konsisten menulis bergabung dengan KLIP!

One thought on “2022 Bersama KLIP

Leave a Reply