manifest

Ending Serial Manifest

Akhirnya serial Manifest season 4 part 2 datang juga dan akhir kisah 191 penumpang pesawat Montego 828 ketahuan juga. Saya masih ingat ketika Season 4 keluar, kami langsung binge watching 10 episode yang tayang sejak tanggal 4 November 2022 lalu. Untuk kemudian harus menunggu sampai bulan Juni 2023 ini baru bisa menyelesaikannya.

Siapa nih yang seperti kami? Yang sudah menonton ini dari masa pandemi, dan menantikannya karena ada janji bahwa cerita akan dituntaskan di season ke-4?

Serial Manifest bercerita tentang apa?

Buat yang belum menonton, saya kasih tau ya cerita serial ini tentang apa. Kisahnya dimulai dengan hilangnya sebuah pesawat dengan 191 penumpangnya selama 5 setengah tahun, lalu tiba-tiba kembali lagi (hilang di tahun 2013 dan mendarat di tahun 2018). Cerita ini dimulai dengan awal yang tidak masuk akal sama sekali, tapi tentunya jadi penasaran dengan pertanyaan kemana mereka selama 5 setengah tahun tersebut?

Season 1 berjalan cukup cepat. Coba bayangkan kalau ada orang yang pesawatnya hilang selama bertahun-tahun, pastilah keluarga sudah menganggap kalau mereka sudah meninggal. Pasangannya juga mungkin sudah merelakan dan move on. Life must go on katanya kan. Kembalinya ratusan orang yang telah dianggap meninggal selama 5 tahun ini tentunya sebuah keajaiban. Keluarga menyambut dengan gembira tapi juga butuh penyesuaian lagi. 

Keluarga Stone, Tokoh Utama serial Manifest

Michaela Stone dan Ben Stone (netflix)
Michaela Stone dan Ben Stone (netflix)

Tokoh sentral dalam serial ini adalah keluarga Stone yang pulang liburan dari Jamaica ke New York. Mereka memiliki anak kembar lelaki dan perempuan. Tapi ketika ada penundaan penerbangan mereka memutuskan terbang terpisah. Ketika kembali si kembar pun jadi terasa aneh karena yang kembali setelah menghilang 5 tahun tersebut umurnya belum bertambah dan jadi berbeda 5 tahun dengan kembarannya.

Kemampuan penglihatan – The Calling

Lalu ceritanya mulai seru ketika mereka mulai adaptasi dan mulai mendapatkan kalau mereka memiliki kemampuan seperti penglihatan tentang hal-hal yang terjadi di masa depan. Michaela Stone yang seorang detektif menggunakan kemampuannya ini untuk menyelidiki dan mencegah berbagai peristiwa kriminal. Kemampuan penglihatan ini ternyata bukan hanya dimiliki Michaela, tapi juga oleh semua penumpang pesawat Montego 828.

Pemerintah pun akhirnya mengumumkan kalau mereka memiliki kemampuan yang berbahaya. Berbagai fenomena aneh terjadi. Ben dan Michaela Stone berusaha mencari alasan kenapa mereka memiliki penglihatan akan masa depan tersebut. Apakah mereka akan menjadi seperti nabi yang bisa memiliki nubuatan? Apakah  mereka orang pilihan yang akan menyelamatkan dunia?

Antara mitologi dan peristiwa di kitab suci

Demikianlah cerita Manifest ini episode demi episode tokohnya bertambah dengan cerita masing-masing. Berbagai fenomena yang pastinya tidak masuk akal dan berusaha mereka kaitan dengan berbagai mitologi maupun ajaran agama termasuk ayat Alkitab.

Fiksi supernatural bukan ilmiah

Lalu, bagaimana penjelasan dari serial ini? Apakah semuanya bisa dijelaskan secara ilmiah? Atau memang ini semuanya kejadian supernatural yang tidak bisa dijelaskan oleh akal manusia?

Ada berbagai teori yang digulirkan dan tetap menarik untuk diikuti, walaupun tidak usah dikaji secara mendalam. Karena ternyata, setelah menonton 10 episode di season 4, kami baru menyadari kalau ada tulisan ini adalah bagian pertama dari season 4. Artinya masih akan ada bagian berikutnya yang kabarnya baru akan tersedia pertengahan tahun 2023. Haduh, kalau tau begini, mungkin nggak akan buru-buru menyelesaikannya dalam waktu 2 hari.

Hal yang menarik dari Serial Manifest

Walaupun ceritanya tidak masuk akal, tapi cara menceritakannya terasa menarik. Dalam setiap episodenya mereka berusaha memecahkan masalah demi masalah berdasarkan penglihatan yang mereka dapatkan. Sebenarnya agak aneh sih karena mereka pada dasarnya orang-orang yang terpelajar dan pintar.

Menarik melihat berbagai cara manusia merespon keajaiban kembalinya pesawat tersebut:

  • Ada yang memanfaatkan sebaik mungkin karena merasa ini kesempatan kedua yang tidak boleh disia-siakan.
  • Ada yang merasa perlu mengikuti semua penglihatan yang didapat untuk menyelamatkan orang lain.
  • Ada yang malah jadi bingung karena ketika kembali keluarganya sudah berubah semuanya
  • Masyarakat juga ada yang awalnya menganggap mereka pahlawan lalu lama-lama menganggap mereka adalah orang jahat.
  • Ada saja orang yang ingin mendapatkan penjelasan ilmiah dan berusaha mereplikasi apa yang terjadi dan kalau bisa malah menggunakannya sebagai senjata.

Spoiler Ending Serial Manifest

Para penumpang pesawat Montego 828 (netflix)
Para penumpang pesawat Montego 828 (netflix)

Setelah menonton 10 episode yang merupakan bagian ke-2 dari season 4, kesimpulannya serial ini menarik ceritanya, endingnya juga cukup masuk akal. Tetapi sebenarnya season ke-4 ini tidak perlu sampai 20 episode. Ada banyak sekali bagian yang terasa seperti filler dan tidak penting untuk jalan ceritanya.

Ada terlalu banyak dialog seperti ini:

A: Kok kamu bisa sampai sini?
B: Karena The Calling

Semua hal yang terjadi di season ke-4 ini adalah karena para penumpang berusaha mengikuti penglihatan yang mereka dapatkan sejak mereka kembali. Penglihatan yang membuat mereka menjadi kelinci percobaan dan juga membuat mereka dikurung oleh pemerintah karena dianggap membahayakan. Tetapi pada akhirnya mereka percaya penglihatan itu yang akan menyelamatkan mereka dan memberi penjelasan kenapa mereka menghilang selama lima setengah tahun.

Jadi apa penjelasannya?

Kalau kata Michaela pada episode terakhir: tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan pesawat Montego 828. Tetapi pada akhirnya di tahun 2024 mereka kembali lagi ke tahun 2013 dan tidak pernah mengalami kehilangan waktu. Mereka berkumpul lagi dengan keluarganya dan mereka seperti mendapatkan kesempatan untuk membuat pilihan yang lebih baik untuk hidupnya.

Jadi seluruh kejadian selama 5 setengah tahun yang mereka alami, sejak kembali setelah 5 tahun menghilang sampai tahun 2024 adalah kejadian yang belum pernah terjadi karena mereka kembali ke tahun 2013 tanpa kehilangan waktu sama sekali.

Udah gitu doang? Ya, kalau disingkat sih emang begitu doang. Tetapi banyak juga dialog dalam serial Manifest ini yang mungkin menarik untuk dipikirkan. Karena dari 191 penumpang, ada 11 orang yang akhirnya tetap menghilang. Tentunya ada penjelasan kenapa mereka menghilang, dan silakan ditonton saja sendiri ya.

Kalau mau tahu detail yang terjadi di endingnya baca aja di tulisan yang banyak di internet, salah satunya ini. Saya terlalu malas menuliskan detailnya. Intinya sih semua berakhir bahagia.

Kalau nggak cocok dengan cerita fantasi seperti Manifest, mungkin lebih baik menonton serial The Lincoln Lawyer yang diadaptasi dari buku dan tersedia di Netflix juga.


Posted

in

,

by

Comments

One response to “Ending Serial Manifest”

  1. […] tulisan tentang ending serial Manifest, mungkin ada yang bilang kalau endingnya kembali ke awal, apa gunanya menontonnya. Memang cerita […]

Leave a Reply