5 Kdrama Romcom 2023 di Netflix Buat yang Mager

Sudah bulan April 2024, baru nulis tentang Kdrama 2023? Ya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Sebenarnya ada banyak kdrama menarik yang ditonton di 2023, tetapi kali ini saya mau bahas romcom khusus yang tayang di Netflix. Tulisan ini buat kamu yang liburan nggak tau mau binge watching apa dan mungkin nggak sempat ngikutin drakor waktu ongoing.

Urutan tidak menyatakan peringkat karena namanya selera kita bisa jadi berbeda. Saya juga nggak memperhatikan rating penayangan, karena buat saya rating penayangan tidak mempengaruhi pendapat pribadi mau meneruskan atau tidak.

Mungkin kalau ada yang akan heran kenapa My Demon dan King the Land yang bertabur visual nggak masuk dalam rekomendasi saya, alasannya jelas sih karena mungkin pembaca udah duluan nonton tanpa rekomendasi dari saya, hehehe.

Oh alasan lain sih saya agak bosan nontonnya, lumayan buat cuci mata melihat visualnya, tapi ceritanya ya agak terlalu gitu-gitu aja dan kayak ga ada hal yang bikin penasaran dengan endingnya. Bahkan untuk My Demon, sampai saat saya menuliskan ini masih tersisa 2 episode yang tidak saya tonton.

Yuklah langsung saja baca rekomendasinya sampai habis.

Welcome to Samdal-ri

Poster Welcome to Sam-dalri

Drama yang dibintangi Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun ini berjumlah 16 episode dan baru tamat akhir Januari 2024. Saya pernah menuliskan Review Kdrama Welcome to Samdal-ri di Drakor Class sebelum drama ini berakhir di Januari lalu.

Ceritanya tentang Cho Samdal (Shin Hye-sun), seorang fotografer sukses dan Cho Young Pil (Ji Chang Wook) seorang ahli cuaca khususnya cuaca pulau Jeju. Mereka lahir pada hari yang sama, mamanya sahabat akrab dan mereka dibesarkan seakan punya 2 mama. Karena persahabatan mamanya, mereka memutuskan untuk membesarkan anaknya bersama-sama.

Hal yang menarik dari drama ini karena ceritanya bukan sekedar romansa dari teman sejak kecil yang terpisah karena ketidaksetujuan orang tua. Drama ini juga menunjukkan dinamika kehidupan para hanyeo di Jeju.

Ada yang bilang kalau ceritanya jadi mengingatkan pada drama Hometown Cha-Cha-Cha, salah satu drakor romcom yang direkomendasikan tahun 2021. Memang ada sih penyebab yang sama si Cho-Samdal yang sukses di kota besar harus memulai lagi di desa kecil, tetapi cerita keseluruhannya beda.

Saya lebih suka dengan cerita di Welcome to Samdal-ri. Apalagi di drama ini Shin Hye Sun dan Ji Chang Wook berasa harus akting untuk menunjukkan emosinya. Biasanya kan JI Chang Wook gak butuh akting, hehehe…

Behind Your Touch

Poster Kdrama Behind Your Touch

Drama Behind Your Touch ini dibintangi oleh Lee Min Ki yang jadi detektif divisi kriminal dari kota Seoul bernama Moon Jang Yeol dan sedang dimutasi ke kota kecil Mujin yang nggak ada kegiatan kriminalnya. Tokoh wanitanya diperankan oleh Han Ji Min bernama Bong Ye-Bunyang menjadi seorang dokter hewan yang meneruskan usaha kakeknya. Dokter hewan ini secara nggak sengaja mendapat kemampuan melihat memori seseorang dari menyentuh bagian bokongnya sejak dia memegang bokong sapi di saat petir menyambar.

Hubungan antara detektif Moon dan dokter Bong ini dimulai seperti anjing dan kucing yang selalu ribut. Tetapi mereka akhirnya malah bekerjasama karena dokter Bong merasa perlu melaporkan ketika dia melihat ada peristiwa kriminal terjadi saat menyentuh bokong hewan yang dia periksa. Detektif Moon yang juga butuh cara kembali ke Seoul antara percaya tak percaya dengan laporan si ibu dokter.

Saat korban pembunuhan mulai berjatuhan di desa Mujin yang biasanya damai, mau tak mau detektif Moon makin mengandalkan dokter Bong untuk memecahkan misteri pembunuhan tersebut. Eh tapi, kerjasama mereka ini lama-lama bikin mereka jadi makin dekat dan… ya ada romansanya selain kelucuan tingkah pola mereka.

Eh hampir lupa, di drama ini juga ada orang ketiga yang bikin detektif Moon cemburu dan yang tadinya ga perduli dengan dokter Bong malah jadi ga rela kalau dokter Bong naksir ke orang itu. Ada Suho Exo yang menjadi Kin Seon-Woo, pemuda penjaga mini market yang ganteng dan penyayang kucing terlantar, eh tapi malah belakangan jadi tersangka utama di Behind your Touch.

Nonton drama ini tuh menariknya karena sepanjang episode kita dibikin antara ketawa, menebak-nebak dan ga bisa memilih apakah sebaiknya dokter Bong jadian sama detektif Moon atau dengan pemuda penjaga minimarket. Romansanya tipisssss banget, tapi cukup buat bikin pengen nonton terus.

Castaway Diva

Poster Castaway Diva

Drama Castaway Diva yang hanya 12 episode ini mengingatkan dengan film Castaway-nya Tom Hanks. Park Eun Bin sukses menjadi seorang yang tadinya kumuh dengan kulit pecah-pecah dan logat kampung karena hidup di pulau sendirian setelah selamat dari jatoh dari kapal ferry, sampai menjadi seorang Diva penyanyi mengikuti kesuksesan idolanya di masa remaja Yoon Ran-Joo (diperankan oleh Kim Hyo-jin).

Di drama ini, sebagai penonton saya sampai bingung memilih 2 tokoh utama prianya mana yang saya harap sukses mendapatkan cinta sang Diva. Tokoh utama prianya ini 2 bersaudara pula, Kang Woo-hak diperankan oleh Cha Hak-Yeon dan Kang Bo-Gol diperankan oleh Chae Jong Hyeop.

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan pemeran utamanya si Park Eun Bin yang jadi Seo Mok-ha, pemeran Kang Woo Hak dan Kang Bo-gol ini termasuk baru dan sepertinya belum terlalu saya ingat dramanya apa saja. Kalau Park Eun Bin sih yang paling jelas saya ingat di Extraordinary Attorney Woo.

Cerita Castaway Diva ini menarik karena bisa melihat Park Eun Bin menyanyi. Selain itu aktingnya Park Eun Bin jadi orang yang bertahun-tahun tinggal di pulau sendirian, dan tidak mengetahui kalau idolanya sudah tidak populer lagi, tetapi masih tetap menyemangati idolanya untuk bangkit lagi.

Selain cerita perjalanan Seo Mokha menjadi seorang diva, drama ini juga menceritakan kondisi keluarga dengan suami/ayah yang abusive sehingga membuat keluarganya memutuskan kabur dan merasa perlu mengganti identitasnya supaya tidak ditemukan oleh ayah abusive yang mengecoh para tetangga seolah dia ayah yang perhatian.

Eh tapi kembali ke judul, drama ini saya tonton karena romansanya dong. Bagaimana hubungan Seo Mokha dengan teman sekolahnya yang membantunya kabur dari ayahnya yang juga abusive untuk menemui Yoon Ranjo di Seoul, walaupun membuatnya sempat terasing sendirian akan tetapi berhasil menemukannya lagi dan akhirnya turut berperan mewujudkan cita-citanya menjadi Diva.

See You in My 19th Life

Poster See you in my 19th Life

Tahun 2023, Shin Hye Sun cukup sibuk sepertinya. Bukan hanya main di Welcome to Samdal-ri, dia juga membintangi drama See You in My 19th Life yang diangkat dari webtoon bersama Ahn Bo Hyun yang hanya berjumlah 12 episode. Di drama ini sesuai judul, Shin Hye-sun diceritakan mengalami reinkarnasi sampai 19 kali dan berbeda dengan cerita reinkarnasi lainnya, dia mengingat kehidupan sebelumnya kecuali kehidupan pertamanya yang membuatnya menjadi mengingat setiap kehidupannya.

Hal yang menarik dari drama ini buat saya akting Shin Hye Sun. Sebenarnya drama ini nggak terlalu romcom, tapi lebih ke drama romance berdasarkan tragedi masa lalu. Ceritanya lebih banyak mengisahkan usaha Ban Ji Eum untuk terhubung kembali dengan Mun Seo-Ha yang menjadi sahabat sekaligus cinta pertamanya di kehidupannya ke-18 yang berakhir di usia muda karena kecelakaan mobil.

Di luar dugaan, walau dia awalnya mengejar Mun Seo-Ha karena janjinya di kehidupan ke-18, hubungan mereka sudah ada sejak kehidupan pertamanya. Ternyata juga kehidupan ke-19 nya merupakan kehidupannya terakhir bereinkarnasi karena dia akhirnya menemukan cara menghentikan reinkarnasi yang mengingat semuanya dari awal.

Crash Course in Romance

Poster Crash Course in Romance

Kdrama Crash Course in Romance ini termasuk romcom yang banyak pelajarannya. Ada pelajaran parenting selain cerita romancenya. Awalnya saya merasa ragu-ragu menonton kisah guru matematika yang konon sangat populer dan diperankan oleh Jung Kyung Ho sebagai Choi Chi Yeol ini. Ragu bukan karena Jung Kyung Ho nya sebenernya, tapi karena female leadnya yang terlihat jauh lebih tua dan diperankan oleh Jeon Do Yeon.

Memang ceritanya Jeon Do Yeon yang menjadi Nam Haeng seon sudah cukup berumur. Dia belum pernah menikah dan sibuk membuka usaha kantin banchan (side dish) untuk membiayai keperluan adiknya dan juga ponakannya yang ditinggal oleh adinya yang lain. Karena dia sudah mengurus ponakannya sejak kecil, dia sudah menjadi ibu buat keponakannya, Nam Hae Yi, yang masih SMA yang diperankan oleh Roh Yoon Seo.

Sebenarnya Nam Hae Yi tidak pernah merasa perlu untuk ikut kursus tambahan ini itu. Dia merasa cukup dengan nilai-nilainya. Satu-satunya mata pelajaran yang kurang bagus itu cuma Matematika, dan dia merasa cukup. Bibinya (dan sahabatnyalah) yang kemudian mendorongnya untuk mengikuti kursus Matematika yang diajar oleh Choi Chi Yeol.

Singkat cerita, walaupun Choi Chi Yeol sangat jago mengajar sampai orangtua murid ngantri supaya anaknya dapat tempat di kelasnya, pada dasarnya dia punya masalah dalam hal memilih makanan. Mungkin juga kebanyakan kopi bikin dia kurang tidur dan tidak bisa makan dengan proper. Sampai kemudian, dia tak sengaja membeli makanan di warung banchan Nam Haeng seon yang memang lokasinya dekat dengan tempat dia mengajar dan menyadari kalau rasanya mirip sekali dengan makanan yang dimasak oleh ibu warung yang sering memberinya makanan gratis ketika dia masih remaja.

Choi Chi Yeol tidak menjadi sukses dalam satu malam. Dulunya dia orang yang susah dan tidak punya uang. Berkat ibu warung baik hati, dia tetap bisa makan dan akhirnya berhasil menyelesaikan sekolahnya dan akhirnya sukses seperti sekarang. Tetapi seperti biasa, ada orang yang tidak suka dengan kesuksesannya dan berusaha membuat isu-isu negatif tentang dirinya. Apalagi ternyata, sebelum menjadi sukses dan terkenal, pernah ada siswa Choi Chi Yeol yang bunuh diri karena tidak kuat oleh tuntutan orang tuanya. Lalu kemudian, salah satu kelas khusus yang juga melewati seleksi untuk mendapatkan tempat didalamnya juga terjadi lagi kasus di mana ada siswanya yang bunuh diri.

Isu negatif yang menimpa Choi Chi Yeol tanpa disadari menyeret Nam Haeng seon, yang dianggap memberikan kemudahan untuk Nam Hae Yi dan membuat ada siswa yang bunuh diri. Ceritanya tiba-tiba jadi ada sedikit genre kriminal, apalagi kemudian kaca depan kantin Nam Haen Seon pecah ditiup oleh biji besi yang juga sering ditemukan didekat kucing yang mati di lingkungan tersebut. Oh ya, cerita kriminal lainnya adalah ada banyak kucing liar yang sepertinya sengaja dibunuh menggunakan biji besi tersebut.

Cerita Crash Course in Romance ini bukan cuma cerita romance pak guru matematika dan ibu penjual banchan, tetapi juga tentang bagaimana orang tua yang terlalu menuntut anaknya bisa membuat anaknya jadi merasa tertekan dan akhirnya bunuh diri atau ada juga yang jadi seperti mengalami kemunduran cara berpikir.

Ada lagi cerita tentang bagaimana seorang ibu yang tidak puas anaknya hanya menjadi nomor 2, dan nekat mencari bocoran soal, demi supaya anaknya menjadi nomor 1. Alih-alih jadi nomor 1, ternyata ketahuan ada kebocoran soal, dan anaknya malah jadi harus drop out.

Untungnya, terlepas dari ada cerita kriminal dan misteri siapa sebenarnya pelaku pembunuh kucing liar dan juga orang yang berusaha mencelakai pak guru matematika, cerita ini berakhir dengan bahagia dan masuk akal. Bahkan murid yang putus sekolah tidak menjadi putus asa begitu saja dan digambarkan tetap melanjutkan pendidikannya dengan jalur lain.

Mau nonton yang mana?

Tulisan kali ini cukup 5 drama dulu, kapan-kapan disambung dengan drama 2023 lainnya. Tapi nggak janji ya, hehehe. Langsung aja ke Netflix buat menemani kamu yang lagi mager dan nggak pengen nyari tontonan yang berat-berat.


Posted

in

, ,

by

Comments

Leave a Reply