10 Rekomendasi K-drama Romcom 2021

rekomendasi 10 drakor romcom 2021

Libur akhir tahun sebentar lagi tiba, buat kamu yang tidak punya rencana kemana-mana saya merekomendasikan mengisi liburan dengan menghibur diri menonton k-drama saja. Berhubung saya penggemar drakor khusus romcom, saya akan memberikan rekomendasi genre romcom saja. Untuk genre lainnya mungkin bisa membaca tulisan teman-teman saja di Drakor Class.

Untuk genre selain romcom saya masih menonton film produksi Hollywood, walaupun sebenarnya belakangan ini saya sudah tidak tahan lagi dengan berbagai adegan kekerasan ataupun penuh kesedihan yang ada di film produksi dunia barat.

Ya udah yuk, buat yang sudah tidak sabar, ini dia rekomendasi 10 drama Romcom 2021 versi saya berdasarkan dari yang masih ongoing saya ikuti saat ini sampai dengan yang diputar di awal tahun 2021.

1. Our Beloved Summer

Our Beloved Summer (SBS)
Our Beloved Summer (SBS)

Drama Our Beloved Summer yang dibintangi Kim Dami dan Choi Woo Sik ini baru ada 8 episode dari 16 yang bisa ditonton di Netflix setiap hari Senin dan Selasa.

Drama ini menarik karena mengambil cerita dengan perbedaan 10 tahun. Bintang yang sama akan berperan sebagai mereka di usia 19 tahun, saat masih remaja dan masih penuh dengan keunyuan. Mereka bertemu lagi saat usia 29 tahun, saat mereka sudah cukup sukses dengan profesinya masing-masing.

Setelah menjalin hubungan cinta selama 5 tahun, hubungan mereka berakhir begitu saja dan mereka bertemu lagi 5 tahun kemudian. Kalau buat yang belum move-on dengan cinta pertamanya mungkin drama ini akan bikin baperan, tapi terlepas dari kamu tim belum move on atau sudah move on, drama ini menarik karena kita serasa melihat kembali diri kita di masa sekolah.

Bagaimana masa depan dari siswa yang paling populer dan pintar dan siswa yang ranking kelasnya paling belakang 10 tahun sejak lulus SMA. Drama ini menunjukkan kalau ranking di sekolah itu bukan segalanya, tapi passion akan suatu bidanglah yang bisa membawa keberhasilan dalam pekerjaan.

Di sisi cerita cinta, drama ini juga menunjukkan kalau putus cinta di masa remaja bukan akhir dari segalanya. Mungkin kamu akan ketemu orang baru, atau kalaupun jodoh kalian akan bertemu kembali dan mungkin saja melanjutkan hubungan yang sudah terpisah. Tapi sih, jangan juga jadi orang yang berharap dengan masa lalu terus enerus ya.

Eh iya, karena drama ini belum berakhir, saya bukan ngasih spoiler ya. Kalau buat saya, drama ini menarik karena drama ini gabungan jenis drama remaja dan dewasa tanpa adegan dewasa – you know what I mean!

2. Dali and the Cocky Prince

Dali and the Cocky Prince (KBS)
Dali and the Cocky Prince (KBS)

Kalau drama Dali and the Cocky Prince ini sih formulanya sederhana. Diawali pertemuan yang salah jemput di bandara di luar negeri. Kebaikan seorang wanita bernama Dali, wanita pintar yang suka seni terhadap seorang pengusaha restoran Gamjatang bernama Jin Moo Hak yang kartu kreditnya diblokir ayahnya padahal dia sedang tugas ke Belanda.

Pertemuan pertama yang berkesan menjadi kunci berikutnya ketika ternyata galeri seni milik ayah si wanita punya hutang terhadap perusahaan si pria pengusaha restoran Gamjatang. Ini yang membuat drama ini juga dikenal dengan judul Dali and Gamjatang. Klasik ya hubungan yang dimulai dengan urusan hutang piutang ini ada banyak di drama. Bedanya, si wanita ini aslinya bukan orang miskin, tapi justru dari keluarga kaya dan terhormat.

Walaupun terkesan klise dan formula romcom biasa, tapi di drama ini ada banyak hal yang berbeda dengan kisah romcom pada umumnya.

Yang paling bikin menarik buat penonton romcom, drama ini jalan cerita nya cepat dan bonus ga pakai tarik ulur. Tidak juga pake formula yang sengaja bikin cerita jadi lama.

Akting Kim Min Jae yang menjadi lelaki pengusaha yang mulai dari hidup susah dan Park Gyu Young sebagai wanita yang cerdas kalem dan klasik sangat menghibur dan bikin saya susah move on mencari tontonan drama romcom berikut.

Nonton potongan drama ini berkali-kali tidak akan pernah bosan, apalagi soundtrack nya juga semuanya enak didengar. Kalau meminjam istilah salah satu teman di drakorclass, drama Dali and Gamjatang ini dari awal sampai akhir bikin candu, nontonnya susah berhenti.

Drama ini bisa ditonton di Viu dan Viki. Kalau di Thailand sih semua episodenya sudah bisa ditonton gratis. Hati-hati jangan sampai lupa melakukan hal lain gara-gara marathon nonton ini ya.

3. Hometown Cha-cha-cha

Salah satu scene tepi pantai dari Hometown Cha-Cha-Cha (Netflix)
Salah satu scene tepi pantai dari Hometown Cha-Cha-Cha (Netflix)

Sebelum nonton Dali and Gamjatang, saya pikir drama Hometown Cha-cha-cha ini adalah romcom terbaik di 2021. Drama yang menyuguhkan kehidupan di pedesaan tepi laut dengan hubungan antara seorang dokter gigi orang kota dan mr Hong, pemuda lokal serba bisa yang siap mengerjakan apa saja dengan upah minimum.

Setiiap kali selesai nonton episode demi episode dari drama yang bisa ditonton di Netflix ini, rasanya seperti pulang liburan dan bertemu dengan penduduk desa yang bikin hati hangat.

Kalau Dali dan Gamjatang bikin candu dan susah berhenti karena penasaran dengan kelanjutan ceritanya, drama ini ceritanya setiap episodenya bikin hati merasa cukup dan sabar untuk menikmati efek tenang serasa di pantai.

Kisah cintanya juga manis, walaupun di beberapa scene ada yang protes melihat kelakuan Shin Min Ah dan Kim Seon Ho yang katanya sudah terlalu tua untuk sok imut. Tapi menurut saya, namanya orang sedang berbunga-bunga dan jatuh cinta, mana ada sih pandang umur. Mungkin ya di depan umum jaga image, tapi kalau sedang berdua akan ada momen di mana salah satu atau bahkan keduanya seperti kelakuan remaja usia belasan.

Skandal KSH yang terungkap di akhir penayangan drakor ini, tidak mempengaruhi tanggapan orang banyak terhadap drama ini yang dianggap drama yang membuat hati jadi tenang.

4. Police University

Police University (VIU)
Police University (VIU)

Cerita drama Police University yang dibuka tentang anak SMA yang tadinya tidak tahu mau jadi apa. Bertemu wanita jago bela diri dan cantik, seketika jatuh cinta. Ketika tak sengaja menguping dan tahu si wanita ingin jadi polisi, si pria yang jago hacking ini jadi ingin jadi polisi juga.

Apakah semudah itu berakhir bahagia? Tentunya drama ini berikutnya menunjukkan bagaimana usaha si pria masuk sekolah polisi dan berikutnya terlibat usaha penyelidikan suatu kejahatan dalam rangka membantu dosen pengajarnya.

Cerita drama ini sebenarnya serba tanggung buat saya, aksinya tanggung, romancenya tanggung, komedinya juga. Tapi saya tetap merekomendasikan drama ini karena jenis drama ini menyelesaikan jalan ceritanya dengan tuntas dan episode terakhir membayar semua yang serba nanggung. Eits, jangan langsung nonton episode 16 ya, tonton aja dari depan sampai habis hehehe.

Drama police University yang dibintangi Krystal, Jung Jin Young dan aktor senior Cha Tae-Hyun yang sering jadi polisi ini bisa ditonton gratis di VIU.

ps. bonus poin, isu yang diangkat dalam drama ini bisa jadi konflik batin, mempertanyakan dilema yang mungkin sering dihadapi penegak hukum, tapi ya jangan harapkan aksi yang ala Hollywood ya, drama ini masih khas drakor deh.

5. Hospital Playlist season 2

Hospital Playlist (tvN/Netflix)
Hospital Playlist (tvN/Netflix)

Drama yang tayang di Netflix ini lebih sedikit jumlah episodenya akan tetapi lebih panjang durasi per episodenya. Cerita kehidupan 5 dokter yang bersahabat dan sedikit kisah pasiennya. Cerita menarik didukung para pemeran yang aktingnya tak diragukan lagi. Kisah cintanya juga cukup ikut bikin baper.

Bagaimana kehidupan yang sibuk para dokter, mereka menyempatkan diri untuk ngeband bareng sambil bertukar cerita kehidupan. Pokoknya mereka berusaha menunjukkan kalau dokter juga manusia, dan tentunya ada kisah cintanya.

Genre drama ini sebenarnya bukan romcom, tapi ya penonton romcom pasti suka dengan kekocakan interaksi para dokter bedah ini, terutama dokter IkJun yang diperankan Jo jung suk yang karakternya menjadikan drama ini lebih terasa komedinya.

6. Monthly Magazine Home

Monthly Magazine Home (Jtbc)
Monthly Magazine Home (Jtbc)

Drama Monthly Magazine Home ini dibintangi Jung So Min sebagai Na Young Won, seorang editor majalah dan lagi-lagi bermasalah dengan rumah tinggal. Kim Ji Seok memerankan Yoo Ja Sung, pria yamg menjadi bos nya di majalah properti tidak lain dan tidak bukan orang yang menggusurnya. Sejak itu, Na Young Won akhirnya bertekad untuk bisa membeli rumah sendiri.

Berbagai tips untuk menghemat dan tentang jenis-jenis rumah bisa dilihat dalam drama Monthly Magazine Home ini. Jangan khawatir, ceritanya bukan seperti tayangan konsultasi bisnis dan keuangan banget kok, malahan dari awal ada banyak terasa komedinya selain resep romcom drakor pada umumnya yang bikin ada kemungkinan susah berhenti menontonnya.

Intinya jalan cerita yang cepat di awal, dan formula drakor yang klasik selain tetap sopan menjadi daya tarik tersendiri dari drama ini buat penggemar romcom seperti saya. Drama ini bisa ditonton di Iqiyi, tapi sepertinya kamu perlu berlangganan kalau mau lihat secara lengkap. Kalau mau lihat beberapa episode pertama sih, belum perlu langsung bayar.

7. So I Married the Anti-Fan

So I Married the Anti-Fan (Iqiyi)
So I Married the Anti-Fan (Iqiyi)

Drama romcom adaptasi dari webtoon berjudul So I Married the Anti-Fan ini bukan produksi 2021, tapi ketika tayang di tahun ini, tetap saja berasa menarik. Walau belum membaca webtoonnya, tidak akan terasa mempengaruhi jalan cerita kok karena ada beberapa hal yang memang berbeda.

Tau kan yang dimaksud dengan anti-fan itu ya orang yang kebalikan dari fan. Berawal dari acara variety show untuk menunjukkan seorang idol bisa berbaik baik saja dengan anti-fan nya. Formula klasik bangetlah, hubungan yang berawal seperti anjing dan kucing, ternyata setelah sering bertemu dan saling mengenal, menjadi beneran jatuh cinta.

Psst, kabarnya, pemeran pria di drama ini, Choi Tae-Jun akan beneran menikah loh segera. Pastinya bukan dengan anti-fan nya, tapi dengan kekasihnya yang memang sudah cukup lama menjalin hubungan. Nah, gimana dengan pemeran wanitanya, Choi Soo Young? Akankah menyusul menikah juga dengan kekasihnya yang juga sudah berlangsung lama juga?

Aduh maaf, ini lagi ngomongin drama, kok jadi agak berbelok menjadi gosip artis. Drama ini juga bisa diakses di Iqiyi. Nah jadi kalau kamu memutuskan langganan, bisa menonton beberapa romcom sekaligus deh.

8. My Roommate is A Gumiho

Marble Gumiho yang berpindah (Iqiyi)
Marble Gumiho yang berpindah (Iqiyi)

Drama fantasi romcom My Roommate is A Gumiho ini juga bisa ditonton di Iqiyi. Kalau biasanya Gumiho itu selalu digambarkan sebagai seorang wanita, di drama ini Gumihonya ada wanita dan ada pria. Tapi tokoh utama dari drama ini justru Gumiho Prianya.

Dari judulnya saja sudah bisa ditebak, kalau nantinya tokoh pria dan wanita akan tinggal serumah. Lalu karena tinggal serumah, mereka akan saling jatuh cinta. Klise? Ya semua romcom itu memang klise, tapi yang bikin drama ini menarik tentu saja kelakuan Hyeri yang tidak tahu malu dan membuat ceritanya cukup terasa lucu. Selain itu, visual dari Jang Ki Yong yang menjadi Gumiho berumur 999 tahun yang sangat kalem.

Dan seperti romcom pada umumnya, akan ada kisah-kisah kecemburuan dan cinta bersegi di dalamnya. Sudahlah, ditonton saja sendiri ya sebelum saya terlalu banyak kasih spoiler.

9. Oh! Master

Poster Oh! Master (MBC)
Poster Oh! Master (MBC)

Drama Oh! Master yang bisa ditonton di Iqiyi ini berkisah tentang seorang penulis drama yang biasanya menuliskan cerita thriller dan seorang aktris yang biasanya memerankan karakter di drama romcom. Seperti pakem drakor romcom, mereka juga ditunjukkan terpaksa tinggal serumah, dan dimulai dengan hubungan seperti anjing dan kucing.

Awalnya memang terasa sekali aura romcomnya. Sayangnya, di beberapa episode pertengahan, tiba-tiba ceritanya agak menjadi melodrama. Ternyata, pesona Lee Min Ki dan Na na sepertinya tidak mampu membuat rating drama ini bertahan.

Tapi, karena saya bukan menonton demi rating, saya tetap menyelesaikan drama ini sampai akhir. Aktingnya dan jalan ceritanya masih cukup bisa dinikmati kok. Oh ya satu hal yang membuat saya bertahan, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari drama ini.

10. Hello, Me!

Poster Hello, Me (KBS)
Poster Hello, Me (KBS)

Drama Hello, Me! ini saya tonton di Netflix karena pada awal tahun 2021 sangat sedikit sekali drama romcom yang cocok untuk saya. Walaupun ini kali pertama melihat akting Kim Young Kwang dan Choi Kang Hee, saya cukup suka dengan cerita drama Hello, Me! ini.

Cerita fantasi dan berkisah tentang seseorang yang bertemu dengan versi muda dirinya di saat dia merasa gagal, bisa ditebak kalau cerita ini akan mengangkat tentang kesempatan kedua.

Ceritanya bukan seperti kisah perjalanan waktu yang mengubah sesuatu di masa lalu, tapi justru kehadiran versi mudanya yang sangat percaya diri dibandingkan dirinya di masa sekarang membuat dia sadar kalau dia masih ada harapan untuk berhasil.

Dan seperti biasa, drama ini bikin merenung dan memberi banyak pelajaran tentang kehidupan. Bolehlah untuk yang sedang mencari bahan perenungan di akhir tahun menjelang tahun baru 2022.

Silakan dipilih dari 10 drama di atas, mana yang mau ditonton untuk menemani liburan akhir tahun 2021 ini!

4 thoughts on “10 Rekomendasi K-drama Romcom 2021

  1. Risna, makasiiy banget rekomendasinya. Saya tertarik banget dengan Our Beloved Summer. Kayanya unyuu dan sweet ya ehehe, namapun Romantis Komedi ehehe. Premisnya unik dan tampaknya seru, murid terbaik dan murid yang nilainya paling jelek (sengaja ga mau melabeli ‘terburuk’ karena ga semua murid ahli akademis, pasti ada talent lain) ‘dipertemukan’.

    Yang Hometown Cha cha cha, sudah tamah nih, ehehe. Ini juga manisss, beruntung deh si dentist ketemu pria yang baiiiik banget (ada endak ya di dunia nyata?? Wkwk), tapi tetep bagus kok ehehe.
    Dan, ku juga sempet kepikiran begitu, Risna. Usianya sudah mature, tapi sok imut, ahh pasti semua orang yang jatuh cinta, setua apapun usianya, berbunga-bunga dan result in ke behavior yang cute ehehe.

Leave a Reply