kdrama 2022

14 Kdrama 2022 untuk Penonton RomCom

Tulisan ini seharusnya dituliskan di bulan Januari 2023. Membahas tentang rekomendasi drama Korea yang saya tonton di tahun 2022. Tetapi lebih baik terlambat daripada tidak dituliskan. Lagipula saya sering mendapat pertanyaan rekomendasi drama Korea. Jadi ya sudah saya tuliskan saja di sini sekalian.

Sempat terpikir untuk mempublish tulisan ini menjadi beberapa bagian, karena menuliskan 1 drama aja bisa lama, apalagi 14 drama! Tetapi ya sudahlah, udah kagok dan malas memisah-misah tulisan.

Yuk langsung saja baca rekomendasi dari saya penonton yang suka genre romcom tetapi terkadang juga menikmati drama remaja, melodrama, fantasi, dan sedikit aksi. Pokoknya asal ada romance tipis-tipis dan ceritanya masuk akal, pasti deh ditonton sampai habis. Tidak ada urutan bintang dari saya, karena semua drama ini saya suka ceritanya. Kdrama ini ga kalah deh dengan yang masuk nominasi Baeksang 2023.

Peringatan, saya akan spoiler di sana sini, karena saya akan menuliskan pendapat saya kenapa cerita dramanya bagus menurut saya. Kalau mencari tulisan lebih lengkapnya bisa langsung ke situs Drakor Class saja ya.

1| Twenty-five Twenty-one

2521

Banyak yang kecewa dengan ending dengan drama ini. Jadi saya merekomendasikan drama ini dengan peringatan kalau ini cerita realistis dan bukan fairy tale. Kalau lebih suka happy ending ala fairy tale walau tidak masuk akal, mungkin drama ini bukan untuk kamu.

Drama yang bisa ditonton di Netflix ini ceritanya tentang kehidupan remaja memasuki abad ke-20. Sesuai judul kisahnya tentang remaja yang bertemu saat mereka masih 21 dan 18 sampai dengan mereka berumur 25 dan 21. Penggambaran cerita tentu saja kilas balik di mana seorang anak remaja membaca diary ibunya yang dia temukan di rumah neneknya.

Perjalanan hidup seorang usia 25 dan 21 masih tergolong belia ya, jadi jangan harapkan ada wedding scene atau janji sehidup semati. Ini cerita tentang usaha keras dalam menggapai cita-cita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Ini juga cerita persahabatan yang manis pada masanya walaupun kemudian tak selalu bersamanya.

Nam Joo Hyuk dan Kim Tae Ri berhasil membuat penonton seperti saya terbawa nostalgia kembali ke masa awal millenium. Romantika masa remaja dalam menggapai cita-citanya. Chemistry dari mereka berdua yang bikin penonton baper abis waktu endingnya tak sesuai ekspektasi.

Padahal menurut saya ini cerita happy ending, karena mereka yang dewasa mendapatkan apa yang menjadi cita-citanya. Mengenal satu sama lain membuat mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Cinta itu harus membangun pasangan, kalau jadi menghancurkan tandanya mereka bukan pasangan yang tepat buatmu!

2| Cheer up

Drama remaja yang bisa ditonton di VIU ini mungkin tidak banyak yang menonton. Saya suka dengan cerita kelompok cheer leader yang tidak seglamour biasanya. Mereka malah terancam dibubarkan oleh pihak universitas. Ada kutukan yang membuat drama romcom ini sedikit bernuansa misteri.

Selain kisah tentang kerja keras anggota tim untuk berlatih dan berlatih, sudah pasti ada cerita cinta di antara sesama anggota tim walaupun ada aturan bahwa mereka tidak boleh berpacaran sesama anggota tim cheer leaders. Sekilas terasa klise ada kisah cinta segitiga, tapi ya drama ini mengajarkan kalau kita jangan mudah percaya dengan ramalan bintang. Selain itu tentunya kita harus kerja keras dan terus berlatih untuk menggapai apa yang diharapkan.

Drama remaja klise bisa dinikmati karena walaupun klise tapi tidak selalu bisa ditebak dengan mudah. Selain itu kita bisa menikmati akting dari bintang yang sedang naik daun seperti Bae In Hyuk, Kim Hyun Jin dan Han Ji-hyun.

Yang saya suka dari drama ini bukan saja melulu kisah cinta, tetapi juga ada cerita persahabatan, kerjasama tim, dan masa muda yang perlu dinikmati dengan apa yang kita memang suka.

3| Miracle

Kdrama Miracle ini bisa ditonton di VIU dan juga tidak banyak yang menontonnya. Mungkin orang bosan dengan kisah idol dan juga kisah remaja. Padahal ya dari kisah idol begini kita bisa melihat bagaimana para idol itu bekerja keras untuk tetap menjadi bintang. Mereka yang hidupnya sangat diatur dan bahkan bisa hancur seketika kalau ditinggalkan oleh fans.

Saya berharap yang menonton drama ini jadi sadar kalau menjadi idol itu bukanlah segalahnya. Karena walaupun sepertinya mereka hidupnya enak dan bisa punya banyak hal dengan mudah, tetapi itu semua hanya sementara. Kehidupan idol yang enak itu harus dibayar dengan kerja keras dan berbagai aturan yang membuat mereka susah bergerak dengan bebas. Persaingan dengan idol yang baru juga akan selalu ada. Jadi ya, bukan maksud saya melarang orang jadi idol, tapi supaya bisa melihat kalau idol juga manusia yang perlu kerja keras untuk bisa menjadi sukses. Sama saja toh dengan pekerjaan lainnya.

Di drama ini ada Kim Min Ah, Chani SF9 dan Hwi Young SF9 yang terlibat cinta segitiga tapi juga menjadi tiga sekawan yang bersahabat akrab.

4| Sh**ting Stars

Drama berjumlah 16 episode ini awalnya hanya tersedia di VIKI dan VIU, tetapi sekarang sudah tersedia juga di Netflix. Kisahnya tentang aktor dan dunia agensi hiburan. Seperti halnya di kdrama Miracle, seorang bintang selalu deh ada banyak tantangannya. Ceritanya difokuskan bagaimana agensi bekerja untuk meredam berita skandal tentang bintang-bintangnya.

Dalam drama ini bukan hanya ada 1 kisah cinta, tetapi akan ada beberapa pasangan yang awalnya mungkin tidak kita duga sebelumnya. Bonus menonton drama romcom yang mengambil tempat dunia kantor dan atau bintang utamanya punya sahabat ya begini. Pastinya drama yang dibintangi Lee Sun Kyung dan Kim Young Dae ini ringan banget dan tinggal dinikmati tanpa overthinking.

5| Extraordinary Attorney Woo

woo young woo

Salah satu dari sekian banyak drama tentang hukum di tahun 2022 yang untungnya tidak mengambil tema balas dendam. Berkisah tentang seorang pengacara wanita bernama Woo Young Woo yang berbeda dengan orang kebanyakan. Istilah jaman sekarang sih berkebutuhan khusus tapi ya kekhususan itu membuat dia istimewa dan extraordinary. Tetapi walaupun dia menderita sindrom Asperger yang membuatnya punya masalah untuk bernteraksi sosial dengan orang lain, di sini ceritanya ada kisah romantis tipis antara dia dengan salah satu rekan kerjanya.

Saya suka karena ada banyak kisah di dalam tayangan 16 episode ini. Park Eun Bin dan Kang Tae-oh berhasil membuat penonton yang tidak suka drama hukum menantikan interaksi yang manis dari mereka berdua.

Ada banyak informasi tentang autisme dan asperger di drama ini. Selain itu ada juga kisah-kisah hukumnya tentunya. Karena dalam setiap episode ada persoalan hukum yang harus diselesaikan, dan bagaimana Woo Young Woo yang biasanya tidak fleksible harus menyesuaikan diri menjadi pengacara yang membela kasus yang mungkin saja menurut dia tidak seharusnya dibela.

Kita bisa melihat dilema seorang pengacara di drama ini. Tetapi yang saya nantikan sih sudah pasti kisah romantisnya. Penulis pintar banget deh membuat penonton tertunggu-tunggu, karena kisah cintanya disebar sepanjang 16 episode!

6| Business Proposal

Drama yang diadaptasi dari webtoon dan hanya 12 episode dan dibintangi Ahn Hyo Seop, Kim Se Jeong, Kim Min Kyu dan Seol In A ini bisa ditonton di Netflix. Genre romantis komedi yang nggak pakai over thinking untuk penonton. Plot ceritanya juga agak klise tentang Kang TaeMoo (Ahn Hyo Seop) seorang chaebol yang disuruh nikah kalau mau dapat warisan.

Kang Tae Moo bosan disuruh kencan buta sama kakeknya. Dia akhirnya memutuskan siapapun calon itu diterima saja, toh dia tak merasa butuh menikah, anggap saja ini proposal bisnis. Klise banget ya.

Masalahnya yang datang ke kencan buta itu Shin Ha-ri (Kim Se-jeong) ternyata figuran semata, alias bukan wanita yang seharusnya dia temui. Dia menggantikan sahabatnya Jin Young Seo (Seol In Ah) untuk datang ke kencan buta itu dengan tujuan supaya ditolak. Eh tapi Kang Tae Mo malah mengajukan proposal bisnisnya untuk pura-pura tunangan setidaknya di depan kakeknya, dan Shin Ha-Ri terjebak gak bisa mengelak.

Bagian menarik dari drama ini karena Shin Ha-ri tersebut ternyata anak buah di perusahaan Go Food yang bergerak di bidang makanan kemasan yang dipimpin Kang Tae Moo. Memang nampilannya Shin Ha-ri bisa terlihat berbeda ketika menjadi pekerja di lab makanan. Tetapi, karena dia pekerja yang cukup banyak peran di kantor, akhirnya identitasnya ketauan juga deh sama pak bos barunya. Oh ya diceritakan, sebelumnya memang Kang Tae Moo tidak berada di Korea, jadi nggak ada yang tahu seperti apa wajah bos mereka.

Drama ini klise dari awal sampai akhir. Bahkan ada bonus kisah cinta Jin Young Seo dengan Cha Sung Hoon, sekretarisnya Kang Tae Moo (Kim Min Kyu). Tapi tentunya ini bonus menyenangkan untuk penggemar romcom seperti saya. Khas drama romcom kantor yang tidak cukup menghasilkan satu pasangan saja.

7| Forecasting Love and Weather

Forecasting-Love-And-Weather

Drama Cuaca pertama yang sukses nggak saya drop, hehehe. Park Min Young di sini adu akting dengan Song Kang si anak kesayangan Netflix. Drama 16 episode ini juga bisa ditonton di Netflix. Banyak reaksi orang-orang awalnya ketika tahu PMY dipasangkan dengan Song Kang yang usianya lebih muda. Apalagi ada episode yang dikasih rating dewasa.

Tetapi ya, sebenarnya itu semua bagian dari promosi. Adegan yang saya ingat sih nggak ada yang aneh-aneh, tetapi isu yang diangkat memang bukan isu buat remaja.

Hal yang bikin menarik dari drama ini terutama karena kita diperkenalkan dengan bagaimana badan meteorologi bekerja. Penonton juga jadi dapat pengetahuan kenapa ada peringatan cuaca, dan dilema dari pekerja di sana untuk mengeluarkan peringatan. Kalau ada peringatan dan ternyata tidak kejadian, kredibilitas mereka akan dipertanyakan, tetapi kalau tidak mengeluarkan peringatan ternyata kejadian, banyak orang bisa jadi korban karena tidak ada persiapan. Drama ini sering disebut sebagai drama BMKG karena mengisahkan para pekerja di BMKG nya Korea.

Selain urusan cuaca, ada beberapa masalah kehidupan yang bisa dihubung-hubungkan dengan kondisi cuaca di drama ini:

  • Masalah orang yang batal menikah karena ada yang tak setia padahal sudah pacaran bertahun-tahun terus yang selingkuh malah pingin balik lagi dan cemburu waktu mantannya dapat pasangan baru.
  • Masalah yang selama ini kalau kerja memanfaatkan pasangannya.
  • Masalah ibu yang selalu menyuruh anak wanitanya menikah karena umur.
  • Masalah anak yang harus menerima ayahnya yang selalu memanfaatkannya seperti ATM doang.
  • Masalah pasangan yang kelamaan LDR sampai lupa caranya jadi ayah yang baik untuk anaknya ataupun jadi suami yang baik untuk istrinya.
  • Masalah mahalnya biaya sewa rumah sehingga ada orang-orang yang diam-diam tinggal di kantor.

8| Love in Contract

Lagi-lagi drama RomCom Park Min Young. Kali ini adu akting dengan Go Kyung Pyo yang saya kenal pertama kali di Jealousy Incarnate. Berbeda dengan drama kantor lainnya, kali ini PMY wiraswasta alias buka bisnis sendiri, jadi orang yang bisa disewa menjadi istri ataupun pasangan. Tetapi bisnis ini bukan bisnis pelacuran karena semua kontraknya jelas profesional tanpa kontak fisik.

Seperti biasa, mbak Min Young selalu terlihat profesional di awal episode, dan kemudian mulai jatuh hati karena ini genre romcom. Apa pun kesulitan hidupnya, pada akhirnya mbak ini akan bersatu dengan male lead. Eh jadi spoiler.

Menonton drama ini nggak perlu banyak ekspektasi. Dinikmati saja jalan ceritanya. Alasan sampai penyelesaian kenapa dia bisa menikah dengan legal sampai berkali-kali lalu bercerai lagi, semua dikupas tuntas kok. Termasuk ketika dia harus memilih antara seorang selebriti dan hakim yang ternyata beberapa kali menjadi hakim di ruang sidang proses perceraiannya (yang merupakan bagian dari kontrak). Saking biasanya keluar masuk ruang sidang, mbak ini nggak mengenali wajah pak hakim yang kemudian menyewanya menjadi teman makan malam selama bertahun-tahun.

PMY memang jagonya romcom deh, semua drama romcomnya menarik untuk diikuti dan gak perlu bikin overthinking. Drama ini bisa ditonton di Prime Video.

9| Love is for Suckers

Drama yang ini tentang 2 orang sahabat usia 37-an yang saking lamanya bersahabat sebenarnya awalnya tidak merasa akan saling jatuh cinta. Mereka merasa bersahabat saja sudah cukup, ngapain dirusak dengan hubungan percintaan yang kalau gagal malah bikin kehilangan sahabat. Klise banget ya!

Ceritanya sebenarnya agak aneh udah 37 tahun tapi masih galau tentang cinta pertama. Tetapi mungkin untuk orang yang terlalu sibuk bekerja, dan nyaman dengan sahabatnya, bisa jadi mereka enggan merusak persahabatan dengan urusan cinta yang kalau putus bisa jadi kehilangan sahabat juga.

Bonus dari menonton drama ini, penonton diajak melihat proses produksi reality show karena ceritanya tokoh wanitanya itu produser reality show. Kisah-kisah di antara peserta dalam reality show juga menarik untuk diikuti. Drama ini juga bisa ditonton di Prime Video.

10| Kiss Sixth Sense

Biasanya saya malas menonton drama yang mana karakternya punya kemampuan supernatural. Di drama ini ceritanya tokoh wanitanya bisa melihat masa depan orang yang dia sentuh dengan bibirnya. Bukan harus selalu kiss dalam artian ciuman bibir, kalau ada rambut yang terkena ke bibirnya pun dia bisa melihat apa yang akan terjadi di masa depan.

Ceritanya mengambil setting kantor iklan, dan seperti biasa ada bos yang sangat menyebalkan dan bikin anak buah harus kerja overtime. Selain itu juga ada cerita masa lalu tokoh wanita yang putus dengan pacar karena kemampuannya melihat masa depan membuatnya overthinking tentang si cowok.

Menariknya kisah ini karena si mantan yang belum move on diputusin mengubah kisah cintanya menjadi kisah film yang mendapat penghargaan internasional, dan si mantan diajak kerjasama untuk membuat iklan di perusahaan tempat tokoh wanita bekerja.

Di drama ini penonton diberikan pertanyaan: jadi sebenarnya apa yang dia lihat di masa depan itu sesuatu yang pasti terjadi atau sesuatu yang dia usahakan terjadi? Karena salah satu penglihatannya yang tidak sengaja adalah dia melihat masa depannya dengan si bos yang menyebalkan. Sesuatu yang bikin dia penasaran sendiri apa iya dia akan bersama dengan si bos yang menyebalkan itu.

Namanya romcom, pasti ada banyak cerita klise. Selipan misteri juga ada. Tapi yang bikin saya senang menontonnya sih, jalan ceritanya cukup cepat dan semua masalah diselesaikan dengan tuntas.

11| From Now on Show Time

Lagi-lagi drama romcom dengan kemampuan supernatural. Kali ini tokoh cowoknya punya kemampuan untuk melihat arwah dan bahkan bisa menyuruh arwah bekerja untuknya menjadi pesulap yang terkenal.

Walaupun ini ceritanya ada arwah gentayangan, tapi ini bukan cerita hantu yang menyeramkan. Unik sih karena kemampuannya melihat arwah yang tadinya dia gunakan untuk memperkaya diri sendiri dengan menjadi pesulap ternama, belakangan dia gunakan juga untuk membantu seorang polisi wanita dalam memecahkan kasus-kasus yang terjadi di lingkungan mereka.

Drama ini ada bagian kembali ke masa lalunya. Orang Korea memang percaya dengan reinkarnasi, cerita modern dengan sentuhan sageuk selalu menarik untuk penonton yang biasanya tidak terlalu tahan menonton drama sageuk.

12| Little Women

Drama Little Women ini diadaptasi dari Novel klasik tetapi adaptasinya disesuaikan dengan ala Korea. Inti ceritanya tentang 3 bersaudara miskin yang terlibat dengan keluarga kaya yang terjun ke dunia politik. Drama ini bukan drama romcom, cerita romansanya juga sangat tipis. Hal yang bikin saya betah nonton ini karena hanya ada 12 episode dan setiap episodenya berjalan sangat cepat dan penuh kejutan.

Mulai dari cerita si kakak dari 3 bersaudara yang tiba-tiba dapat duit banyak yang diberikan temannya yang diberitakan meninggal bunuh diri, tetapi ternyata itu hasil pencucian uang dari politikus yang menjadi bahan berita oleh si adik tengah yang seorang wartawan. Belakangan diketahui kalau si adik paling kecil ternyata bersahabat akrab dengan putri dari keluarga politikus tersebut.

Tiga bersaudara ini awalnya tidak mengetahui kalau mereka sama-sama mengenal keluarga yang sama. Gara-gara masalah uang, nyawa si kakak terancam. Tetapi tokoh lelaki yang membantu pencucian uang tetapi juga selalu membantu si kakak bikin penonton bertanya-tanya apakah dia suka dengan si kakak atau pura-pura saja.

Drama ini saya suka karena selain cerita yang cepat dan penuh dengan kejutan yang tidak bisa ditebak, akting dari aktornya juga nggak kaleng-kaleng, semua totalitas dan bikin saya betah nontonnya.

13| Alchemy of Souls

Ini drama fantasi dengan kostum sageuk tetapi sebenarnya cerita modern. Drama yang terbagi menjadi 2 season dan total jadi 30 episode ini awalnya tidak menarik buat saya. Tetapi setelah melewati episode pertama, ceritanya ternyata menarik untuk diikuti.

Jung So Min dan Lee Jae Wook menjadi alasan pertama menontonnya, tetapi ketika tokoh yang diperankan Jung So Min digantikan dengan Go Yung Jung, saya tetap bisa menikmati drama ini.

Lagi-lagi hal yang bikin saya betah menontonnya ya kekuatan jalan cerita yang setiap episodenya cukup cepat dan membuat saya menantikan episode lanjutannya. Ide cerita awalnya tentang sebuah negeri yang para pendekarnya memiliki kekuatan sihir dan upaya mencegah sihir hitam yang memungkinkan pertukaran jiwa.

Ceritanya bisa agak rumit kalau tidak diikuti dari awal, karena adanya kemampuan pertukaran jiwa membuat sedikit kebingungan terutama di awal season ke-2. Pergantian pemeran tokoh utama di season ke-2 juga sempat membuat saya berpikir untuk tidak meneruskan menontonnya. Ternyata penulis cerita dengan keren membuat penjelasan yang masuk akal kenapa bisa wajah dari tokoh wanitanya berubah.

14| The First Responders

Ini bukan drama romcom, bukan juga drama fantasi. Drama First Responders ini lebih mirip serial Amerika model 911 ataupun E.R. Ceritanya tentang petugas pemadam kebakaran yang bekerjasama dengan kepolisian untuk kasus-kasus di mana ada kasus pembunuhan ataupun usaha menyelamatkan orang yang membutuhkan bantuan.

Cerita setiap episodenya mirip dengan model serial Amerika yang hampir selesai. Kalaupun ada beberapa kasus yang agak panjang dibagi menjadi 2 bagian, l alu akan ada kasus yang terhubung dari kasus di beberapa episode sebelumnya. Tentunya ada kasus besarnya yang menyangkut tokoh utamanya.

Saya tertarik menonton drama ini karena ada banyak pengetahuan tentang cara kerja first responder dan ada harapan romance walau sangat tipis antara detektif yang jadi tokoh utama yang diperankan Kim Raewon dan paramedis yang bekerja menjadi bagian dari pemadam kebakaran.

Drama First Responders yang sudah ada 12 episode dan bisa ditonton di Disney Hotstar ini akan ada lanjutannya season ke-2 kemunginan di bulan Juli di tahun 2023 ini.

Akhirnya tulisan ini selesai juga. Sebenarnya ada banyak lagi drama lain yang saya tonton di 2022, tetapi yang berkesan untuk dituliskan ya yang ada di tulisan ini saja. Selamat menonton!


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply