Tips Hemat Ala Drakor Monthly Magazine Home

Ada banyak hal yang bisa didapatkan dari tontonan. Di tulisan ini, saya akan menuliskan beberapa tips cara berhemat yang ada dalam drama Monthly Magazine Home atau yang dikenal dengan nama lain Monthly House.

Saya dan beberapa teman di Drakor Class pernah membuat podcast yang memprediksi ending dari drama ini. Hasilnya? Tentu saja seperti biasa, drama romantis comedy selalu bisa ditebak, walaupun ada saja bagian yang tidak diduga.

Sebenarnya semakin banyak konflik tak terduga, artinya semakin menarik ceritanya buat ditonton. Ramuan drakor romcom boleh jadi ada formulanya tentang naik turun konflik terjadi di episode berapa, tapi yang membuat drama Korea menarik tentu saja dari hal-hal yang tak terduga, menghibur dan terkadang mengajari penonton.

Sinopsis Singkat Drakor Monthly Magazine Home

Drakor Monthly Magazine Home, mengambil topik tentang rumah. Mengambil setting di sebuah kantor majalah Monthly House.

Prinsip beli rumah buat dijual lagi

Tokoh prianya, Yoo Ja Sung (Kim Ji Seok), seorang pengusaha yang fokusnya menghasilkan uang dari jual beli rumah. Dia membeli sebuah majalah tentang rumah dan menjadi CEO majalah tersebut sebagai bagian investasinya.

Pak Yoo Ja Sung ini orangnya sangat optimis. Dia juga awalnya hidupnya susah, dan dengan susah payah akhirnya dia berhasil memiliki banyak properti. Tapi, karena pernah susah, dia jadi kayak mata duitan banget.

Prinsipnya adalah: “Daripada mengutuk kegelapan, nyalakanlah lilin!”

Kutipan dari Monthly Magazine Home

Sedangkan tokoh wanitanya, Na Young Won (Jung So Min), seorang editor/penulis yang tidak punya rumah dan jatuh bangun dalam usahanya memiliki rumah.

Sejak lulus SMA, sudah pernah menempati berbagai jenis rumah sangat sederhana karena ayahnya pernah tertipu dalam urusan membeli rumah. Dia sendiri pun kehilangan uang deposit dari tempat dia menyewa rumah dan terusir dari rumah sewa itu.

Prinsip rumah itu tempat buat beristirahat

Tujuan akhir dari drama ini tentu saja bagaimana cara si wanita bisa memiliki rumah. Dia mencoba mengikuti saran dari pak Yoo Ja Sung, yang menjadi bos nya di majalah Monthly Magazine Home.

Tips Hemat ala Drakor Monthly Magazine Home

Langsung saja deh ke bagian tips tentang membeli rumah dari drakor Monthly Magazine Home. Langkah pertama untuk membeli rumah, tentunya dengan mengumpulkan uang muka.

Walaupun tips dalam drama ini fokusnya untuk membeli rumah, tapi bisa saja digunakan untuk membeli hal lainnya yang nilainya besar.

Catat Uang Masuk dan Keluar

Untuk bisa menyimpan, kita harus tahu dengan pasti berapa uang masuk dan berapa yang kita habiskan secara rutin. Kita hanya bisa menyimpan dari yang ada, bukan dari yang tidak ada.

Nah, bagaimana caranya kita bisa menyimpan kalau kita tidak tahu aliran uang masuk dan keluar. Jadi, tentu saja harus mulai mencatat setiap pengeluaran, dan identifikasi apakah yang benar-benar dibutuhkan.

Bikin limit pengeluaran harian

Salah satu cara untuk berhemat adalah dengan membuat jatah belanja harian. Di dalam drama itu, misalnya dibatasi sehari hanya mengeluarkan 10 ribu Won. Tapi intinnya sih, kita harus bisa menetapkan batas belanja harian, supaya kita sadar apakah kita sudah belanja berlebihan atau belum.

Tapi, sesungguhnya berhemat itu memang tidak mudah, akan ada banyak godaan selain selalu ada saja hal-hal yang tak terduga. Tapi, kalau tidak memulai, ya tidak akan bisa berhemat.

Pisahkan kantong uang

Kalau kita melihat uang di dompet ada banyak, kita suka lupa kalau hanya segitu-gitunya yang kita punya. Untuk mencegah kita memakai uang simpanan, kita harus membuat kantong/rekening terpisah.

Dalam drama ini disarankan, ketika kita menerima penghasilan, 50 persen langsung disimpan untuk tabungan rumah (atau barang apapun yang sedang kita ingin beli). Lalu 30 persen dari penghasilan untuk biaya hidup, dan 20 persen untuk memanjakan diri.

Dana 20 persen memanjakan diri ini bisa kita beri judul apa saja, tapi anggap sebagai hadiah buat diri sendiri karena sudah berhasil hidup berhemat dengan dana 30 persen dari penghasilan saja.

Tapi. saya sendiri jadi terpikir, kalau penghasilannya saja tidak cukup membayar pengeluaran rutin, terus mau hemat bagaimana lagi? Mungkin ini tandanya harus bekerja lebih keras lagi untuk punya penghasilan lebih banyak ya.

Belajarlah dengan membaca

Pelajaran yang juga tak kalah penting selain berhemat dan mulai mengumpulkan uang muka adalah, pelajari apa yang sedang ingin kita beli supaya kita tidak salah beli.

Jadi, kalau mau beli rumah, bacalah hal tentang real estate. Kalau mau beli mobil? mungkin belajarlah tentang mobil.

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari membaca. Jadi, jangan malas membaca kalau memang ingin investasi!

Penutup

Buat yang sedang menabung karena ingin membeli sesuatu, bisa dicoba untuk menerapkan tips dari Yoo Ja Sung di drakor Monthly Magazine House. Intinya juga, jangan sampai kita berhutang banyak terhadap diri kita di hari esok.

Kalau pepatah Indonesia bilang “Jangan besar pasak daripada tiang”, jadi jangan sampai pengeluaran kita lebih besar dari pendapatan. Lebih baik kita mengumpulkan terlebih dahulu, daripada terlilit hutang pinjaman kemudian.

Oh iya, kalau kamu mau cari review drama lengkapnya, bisa ditunggu tulisan berikutnya. Atau silakan ke situs Drakor Class buat mencari-cari rekomendasi drama Korea lainnya.

risna

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

18 thoughts on “Tips Hemat Ala Drakor Monthly Magazine Home

  • August 10, 2021 at 3:47 pm
    Permalink

    Wah, kok drakor ini terlewat dari radarku ? padahal menarik yaa.. Sepakat soal mencatat itu penting, alhamdulillah sekarang banyak aplikasi yg bs membantu pencatatan Keuangan yaa. Tinggal unduh di playstore.

    Reply
    • August 12, 2021 at 6:13 am
      Permalink

      nggak hype banget memang ini drakor, tapi aku sukaaa. receh menghibur dan berilmu, hehehe… nontonnya di iqiyi udah gratis skrg

      Reply
  • August 10, 2021 at 9:50 pm
    Permalink

    Nah ini nih topik yang susah…nabung ? masih suka tergoda jajan jajan nggak penting. Sudah sering bertekad praktik misah2in pos uang tapi hanya bertahan beberapa hari huhu. Kurang niatan ?

    Reply
    • August 12, 2021 at 6:12 am
      Permalink

      sepertinya memang niatnya harus bulat dan hanya jajan sesuai alokasi ya mbak

      Reply
  • August 11, 2021 at 4:01 am
    Permalink

    Untuk pencatatan dan pisahkan pos-pos keuangan pokok udah saya lakukan, budget harian nih yang susahh heheu karena masih banyak jajan. Hebat ya cerita di filmnya, 30% gaji aja udah cukup untuk kebutuhan sehari-hari, di Indo rasanya sulit hehe

    Reply
    • August 12, 2021 at 6:11 am
      Permalink

      nah betul, itu kayaknya 30 persen untuk biaya hidup pastinya hidup super ngepas2an.

      Reply
  • August 11, 2021 at 12:03 pm
    Permalink

    wah bagus amat drakornya ada tips membeli rumah, cocok buat saya nih yg geje nanti kalau balik Indo mau tinggal di mana. Hahaha… makasiih Mba tulisannya. mau praktek tp malu keliatannya masih sulit nabung krn kebanyakan jajan ?

    Reply
    • August 12, 2021 at 6:10 am
      Permalink

      hehehe iya sama, saya juga belum bisa praktekin. ini dituliskan supaya ingat aja dulu, hehehe

      Reply
  • Pingback: Ending Kdrama Monthly Magazine Home | Drakor Class

  • August 11, 2021 at 10:11 pm
    Permalink

    Pernah nih nontop klip kecil soal orang Jepang yang selalu nge-track pengeluarannya. Nama sistemnya Kakeibo. Aku gak mencatat sih semua pengeluaranku, susah bagiku. Cuma ya pada dasarnya mencoba hemat aja tapi sampe sekarang gak kaya-kaya hahahhaha

    Reply
    • August 12, 2021 at 6:09 am
      Permalink

      mencatatnya kayaknya supaya aware berapa sih pengeluaran kita tiap bulan, dan apakah kita memang sudah belanja yang diperlukan saja atau masih boros. tujuannya bukan buat kaya memang, tapi supaya bisa ngatur antara penghasilan, biaya hidup dan tabungan

      Reply
  • August 11, 2021 at 10:59 pm
    Permalink

    Sepertinya menarik teh ini drakornya. Adanya di netflix saja? Aku jadi teringat pengen punya dompet berpartisi jadi bisa dipisah-pisah sesuai kebutuhan dan budget

    Reply
    • August 11, 2021 at 11:03 pm
      Permalink

      justru ini adanya di iqiyi, dan besok malam semua eps akan dibuka gratis

      Reply
  • August 12, 2021 at 6:51 am
    Permalink

    Akuuu…saat ini sedang menabung untuk bangun rumah, aku tipikal yg agak ketat mmg mengatur keuangan, bisa tahan gak jajan ini itu. Bertahun tahun gak buka marketplace. Hehehe…, Ehh…hrmat bukan berarti pelit sih, lebih sadar diri aja kondisi keuangan

    Reply
    • August 12, 2021 at 6:55 am
      Permalink

      setuju, hemat ga berarti pelit. semoga bisa berhasil mengumpulkan tabungan dan mewujudkan bangun rumahnya segera ya mbak

      Reply
  • August 12, 2021 at 9:12 pm
    Permalink

    wah background dramanya menarik banget ya Teh. Ada ilmu financial planningnya segala. Ini ceritanya fokus di jual-beli rumah atau bahas dekorasi interior rumah gitu, Teh?

    Reply
    • August 13, 2021 at 7:21 am
      Permalink

      ceritanya fokus di kisah cintanya hehehe… ada tjps2 memilih rumah dan beberapa desain rumah ditampilkan dengan penjelasan yang cepat. bisa dipause sih kalau mau menyimak dengan teliti, hehehe

      Reply
  • Pingback: Buku Self Help Itu Cuma Teori - Risna Info

Leave a Reply

%d bloggers like this: