Happy New Year 2022, Make it so!

Tulisan tahun baru biasanya berupa tulisan tentang hal-hal yang ingin dilakukan di tahun 2022. Tapi, seperti tahun-tahun sebelumnya, saya tidak pernah punya daftar resolusi. Tahu diri sih, kalau ada resolusi malah jadi tertekan dan malah nggak bisa merealisasikannya.

Daripada punya wishlist yang panjang, lebih baik menjalankan mantranya Kapten Picard. Make it so! Jadi, kalau ada hal-hal yang ingin dilakukan, ya lakukan saja. Daripada pusing-pusing dengan hal yang terlalu jauh ke depan, lebih baik melakukan sesuatu yang berarti sekarang.

Hidup ini singkat, waktu pun berlalu dengan cepat, setiap detik berlalu dengan pasti. Banyak rencana manusia, tapi kehendak Tuhan yang terlaksana. Bukan berarti kita tidak boleh punya rencana atau target, tapi kalau punya target, lakukanlah.

Buku-buku self-help semua bilang hal yang sama. Tuliskan rencanamu sedetail mungkin, supaya kamu bisa membayangkannya. Kalau sebuah tujuan terasa sulit, pecah-pecah menjadi tahapan yang lebih mudah untuk dilakukan.

Teori ya? memang buku itu banyak teori kok, terserah kita mau melakukannya seperti apa. Tapi yang terpenting bagian dilakukannya, bukan perencanaannya saja.

Berlatih Konsistensi

Jadi setelah belajar banyak hal di 2021, apa yang ingin dipelajari di 2022? Entahlah, saya belum tahu, kita lihat saja nanti. Di awal tahun 2021 juga sebenarnya saya tidak punya rencana belajar ini itu sih, semua berawal dari penasran satu hal yang menjalar jadi banyak pingin tahunya. Yang pasti sih masih akan menulis setiap hari, baik itu menulis di blog ini ataupun di blog komunitas lainnya seperti Drakor Class dan Mamah Gajah Ngeblog.

Selain tetap belajar untuk konsisten menulis bersama Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP), ada juga cita-cita untuk berlatih konsisten membaca. Ada begitu banyak buku yang belum dibaca, padahal kalau membaca blogpost atau percakapan di ruang chat sehari bisa banyak loh!

Berlatih konsistensi ini tidak ada habisnya, sama saja seperti membentuk kebiasaan. Setiap saat selalu ada godaan untuk berhenti, dan kalau sudah berhenti, memulainya lagi sulit.

Ada yang bilang, tidak ada gunanya membuat resolusi, karena biasanya hanya bertahan di bulan pertama saja. Mungkin itu artinya, harus membuat resolusi setiap bulan daripada setiap tahun (kok rasanya saya sudah pernah menulis hal ini sebelumnya ya?)

Tapi saat ini, lebih baik membuat tujuan jangka pendek, daripada membuat tujuan yang terlalu panjang lalu lupa ditengah-tengah. Untuk berusaha rutin membaca, saya mengikuti grup membaca yang meminta kita memberi insight harian dari buku yang dibaca.

Pilihan bukunya bebas dan ditargetkan untuk selesai dalam 1 bulan, kita hanya perlu melaporkan kita sudah membaca atau tidak, dan apakah bukunya sudah selesai atau tidak. Paling tidak, kalau dilakukan bersama-sama, masa sih nggak tergerak untuk ikut membaca juga.

Mudah-mudahan dengan cara ini, setidaknya setiap bulan bisa menyelesaikan 1 buku. Daaan untuk mempermudah diri, saya memilih buku novel berbahasa Indonesia saja. Nantikan saja tulisan singkat hasil membaca buku di blog ini. Iya, rencananya sih, walaupun singkat, saya akan tuliskan di blog saja, kalau sudah selesai bisa memudahkan untuk membuat tulisan reviewnya, hehehe.

Don’t just wish, make it so!

Mengadaptasi mantra Kapten Picard di Star Trek. “Don’t just wish, but make it so!” Nanti kita kembali lagi ke tulisan ini, di akhir tahun 2022 ya.

Kalau kalian bagaimana? punya rencana dan resolusi apa? Semoga semua yang direncanakan bisa dilaksanakan dengan baik di 2022 ya!

Leave a Reply