Project Hail Mary, Cerita Guru Jadi Astronaut

Setelah sekian lama tidak membaca novel fiksi, akhirnya selesai juga nih membaca buku Project Hail Mary dari Andy Weir. Penulis buku ini merupakan penulis yang sama dengan penulis novel The Martian yang sudah difilmkan di tahun 2015 yang diperankan oleh Matt Damon.

Cerita Project Hail Mary ini ada kesamaan juga dengan The Martian. Cerita fiksi ilmiah dengan lokasi bukan di bumi. Tokoh utamanya mengemban misi ke luar angkasa. Sambil menyelesaikan permasalahan yang menjadi misi utamanya, tokoh utamanya juga harus bertahan hidup dan berusaha pulang ke planetnya.

Kalau dalam buku The Martian, tokohnya berada di planet Mars. Dalam buku Project Hail Mary ini, lokasinya lebih banyak di pesawat luar angkasa bernama Hail Mary. Tentunya kalau mengerti bahasa Inggris, kita bisa langsung tahu kalau project Hail Mary ini merupakan misi yang dilakukan dengan harapan keberhasilannya sangat kecil. Tapi namanya butuh, ya dikerjakan juga.

Oh ya, Novel Project Hail Mary ini kabarnya juga akan difilmkan seperti halnya The Martian. Katanya sih film Project Hail Mary yang diadaptasi dari novel ini akan diperankan oleh Ryan Gosling. Tapi belum tahu juga progres filmingnya dan kapan akan direlease.

Biar jelas saya akan ceritakan sedikit spoiler di sana sini. Menurut saya, buku ini akan sangat menarik kalau jadi difilmkan. Kalau suka The Martian, mendingan baca sendiri bukunya dan tidak usah meneruskan membaca tulisan ini. Tapi, kalau sekedar ingin mencari referensi bacaan, teruskan saja membacanya. Saya akan berusaha tidak memberi terlalu banyak spoiler.

Sinosis Novel Project Hail Mary

Cerita dibuka dengan seorang pria yang baru bangun dan tidak ingat siapa namanya dan dia ada di mana. Dengan cara bercerita yang sangat detail dideskripsikan apa yang dirasakan, dilihat dan dialami oleh pria tersebut. Lalu sedikit demi sedikit diceritakan kilas balik seiring dengan ingatannya yang kembali.

Pria ini ternyata seorang guru science. Dia hanya seorang diri di pesawat luar angkasa bernama Hail Mary tersebut. Tapi, sebenarnya dia dikirimkan tidak sendirian, hanya saja ternyata teman-temannya yang dikirimkan bersama-sama dengan dia tidak berhasil bangun lagi dan langsung tidur abadi.

Kisah berlanjut bagaimana pria ini mengingat siapa dirinya, siapa namanya, apa misinya sambil mencari tahu kenapa dia sampai dikirim ke luar angkasa. Dia mengingat dirinya seorang guru, tapi butuh waktu beberapa lama sampai dia mengingat kenapa dia bisa ada di luar angkasa.

Apakah bumi sudah kekurangan ilmuwan, makanya mereka mengirimkan guru ke luar angkasa? Semua itu ada alasannya dan dijelaskan dengan masuk akal oleh penulis buku ini.

Saya tidak bisa bercerita banyak dibagian ini. Tapi misi utamanya, tentu saja mencari tahu cara menyelamatkan planet bumi. Tepatnya sih menemukan apa penyebab matahari di solar system meredup. Tanpa matahari, kehidupan di bumi tidak bisa berlangsung normal. Semua orang di bumi tidak akan dapat bertahan hidup kalau tidak ditemukan solusinya.

Dan pria yang seorang diri di luar angkasa dan tidak ingat namanya ini, harus mencari solusi untuk menyelamatkan seluruh umat manusia di bumi. Apakah misinya akan berhasil?

Hal Yang Menarik dari Novel Project Hail Mary

Susah ya menceritakan novel kalau gak pakai spoiler. Tapi beneran buku ini menarik sekali. Walaupun buat saya, butuh bantuan audio book supaya bisa membacanya lebih cepat. Dan saya serasa mendengarkan sandiwara radio saja ketika mendengarkan buku ini dibacakan. Berikut ini kenapa buku ini menarik buat saya.

Cara bercerita yang detail dan plot maju mundur

Buku ini bercerita dengan sangat detail. Untuk seorang yang punya keterbatasan dalam membayangkan deskripsi tempat dan bentuk, buku ini bisa membuat saya betah mengikuti penulis mendeskripsikan hal-hal di pesawat luar angkasa.

Peristiwa demi perisitiwa yang diceritakan dengan plot maju mundur juga tidak sampai membuat saya bingung. Saya cukup jelas mana kejadian yang sedang terjadi, dan mana bagian cerita si tokoh utama sedang mengingat-ingat kembali.

Untung ada bagian kilas baliknya, kalau tidak ada, kemungkinan cerita ini bakal jadi one man show gitu. Alias tidak ada tokoh lainnya. Semua hanya percakapan si tokoh ke dirinya sendiri dan akan membosankan sekali. Dengan adanya kilas balik, akan ada tokoh-tokoh lain di masa lalu diperkenalkan.

Kilas baliknya tentu saja mencakup bagaimana si tokoh yang adalah seorang guru malah dipilih jadi astronaut yang punya misi menyelamatkan planet bumi.

Fiksi dengan penjelasan ilmiah yang masuk akal

Novel ini bergenre fiksi ilmiah dan tentang ruang angkasa. Kalau kamu penggemar film startrek dan semua film dengan misi luar angkasa, buku ini pasti menarik buat kamu.

Penjelasan-penjelasan ilmiah yang ada di buku ini buat saya sih semuanya terasa masuk akal. Bedalah dengan cerita mistis yang kadang-kadang terasa mengada-ada. Mungkin kalau pembacanya benar-benar ilmuwan, mereka akan menemukan kesalahan dalam penjelasan ilmiahnya. Tapi buat yang pernah belajar tabel periodik kimia, sedikit ilmu fisika dan biologi, cerita dalam buku ini cukup masuk logika semuanya.

Tapi jangan khawatir, penjelasan ilmiah dalam buku ini cukup sederhana kok, nggak sampai bikin kita harus buka kamus ilmiah gitu. Tapi ya ga usah iseng juga semua fakta harus diperiksa ya, karena saya yakin sebelum buku ini diterbitkan, sudah ada tim yang memeriksa fakta ilmiah yang dituliskan dalam buku ini.

Pertemuan dengan Alien dan penjelasan metode komunikasi

komunikasi dengan alien
Komunikasi dengan alien (ilustrasi dari arstechnica)

Nah bagian ini spoiler agak banyak. Jadi, akan ada bagian pertemuan si tokoh utama dengan alien yang tentu saja bahasanya bukan bahasa manusia. Tentu saja akan ada pertanyaan, lalu mereka berkomunikasinya bagaimana? Mau pakai bahasa isyaratpun tentu harus ada kesepakatan isyarat apa artinya apa.

Dalam novel Project Hail Mary ini, penulis menceritakan cara tahapan awal mereka mengenali kata dan berkomunikasi bukan sekedar gerakan tubuh saja. Aduh, kalau saya cerita lebih banyak lagi, malah jadi spoiler. Pokoknya bahasanya lebih susah dari matematika beneran deh. Bahasa aliennya tidak ada aksaranya soalnya.

Penutup

Gimana, udah tertarik baca bukunya? Atau mau nungguin filmnya aja? Saya sih pastinya menunggu filmnya keluar. Harapannya filmnya gak usah masuk bioskop tapi langsung ke layanan streaming saja deh, biar bisa lebih cepat ditontonnya di rumah.

risna

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

9 thoughts on “Project Hail Mary, Cerita Guru Jadi Astronaut

  • September 28, 2021 at 10:22 am
    Permalink

    I’m sold. Wah fix saya pasti akan nonton filmnya. Waktu itu menonton The Martian, sangat puas. Ya apapun tema scifi, yang berhubungan dengan penjelajahan luar angkasa; penyelamatan bumi dari kehancuran; alien,… selalu menjadi tontonan favorit kami sekeluarga.

    Semoga nanti disutradarai Ridley Scott lagi ya film berdasar novel Andy Weir ini.

    Reply
  • September 28, 2021 at 3:10 pm
    Permalink

    Sepertinya menarik. Aku belum nonton The Martian. Kebetulan anakku lagi suka banget planet dan tata surya serasa nyambung dunianya. Wah Ryan Gosling apa ga kegantengan jadi guru *komen yang agak ga nyambung

    Reply
    • September 29, 2021 at 9:26 pm
      Permalink

      Ku mau komen ini aja ah. Apa ryan gosling nggak kegantengan jadi guru (2)? ? kasih spoiler dong gimana alien berkomunikasi tanpa aksara

      Reply
  • September 28, 2021 at 5:19 pm
    Permalink

    Risna, tadi kayanya error comment pertamaku, mudah-mudahan ga dobel nih.

    Kayanya menarik buku ini. Tadi ingat kayanya anakku dah baca trus nyuruh Bunda baca juga tapi Bunda-nya malas haha. Tapi jadi penasaran sekarang, mau baca ah.

    Reply
  • September 29, 2021 at 5:48 am
    Permalink

    Woww.. Menarik! Kebayang sih kalo difilmin pasti bakal seru, saya jadi tim penunggu filmnya aja deh?

    Reply
  • September 29, 2021 at 1:25 pm
    Permalink

    Kurang banyak spoilernya. Kalau aku gak terlalu perduli spoiler di tengah, yang penting kasitahu happy ending atau nggak ??

    Reply
  • September 29, 2021 at 9:30 pm
    Permalink

    hehehe aku dah nyiapin hati buat kena spoiler teh tiap mau baca review buku atau film.

    btw I’m so into space! So I think I’m gonna love this one. Pas banget lg nyari buku fiksi buat refresh dr pergulatan buku-buku non fiksi. Project Hail Mary ini juga kayanya jelas pasti akan seru buat kebanyakan orang ya secara mau difilmkan.

    Reply
  • September 30, 2021 at 12:37 pm
    Permalink

    Waaahhh… bagian pertama buku ini ngingetin aku sama salah satu film yang pernah aku tonton.

    Btw, bukunya ‘aman’ gak dibaca anak-anak? Klo iya, pingin ngerekomendasiin buku ini ke Anja

    Reply
    • September 30, 2021 at 12:40 pm
      Permalink

      menurutku relatif aman sih, anakku yg umur 11 tahun baca buku ini bareng bapaknya, duluan baca malah daripada aku, hehehe

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: