hari lansia 2024

Serba Serbi Menjadi Lansia (Lanjut Usia)

Sudah tahu belum usia berapa kamu harus mulai mempersiapkan diri memasuki masa lanjut usia (lansia?) Sudah tahu apa saja yang harus diperhatikan, dipersiapkan dan keluhan kesehatan yang perlu diperhatikan? Sudah tahu bagaimana menjadi lansia bahagia? Kalau belum tahu, yuk baca tuilsannya sampai habis.

Hari ini 29 Mei 2024 diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional 2024. Sudah pernah tahu sih sebelumnya tentang keberadaan hari ini, tetapi entah kenapa tahun ini berita tentang HLUN ini kembali beredar di sekitar saya. Termasuk saya mendapati kalau ternyata ada yang namanya posyandu lansia dan juga ada buku kesehatan untuk lansia yang sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2005.

Hal yang paling baru saya ketahui tentang lansia adalah bahwa ternyata lansia itu bukan selalu kakek nenek yang sudah tua dan banyak cucunya saja. Karena ternyata usia pra lansia sudah dimulai sejak 46 tahun! Hayo, siapa yang juga baru tau dan tiba-tiba merasa tua karena ternyata sudah masuk pra-lansia?

Tetapi sesungguhnya, tidak usah merasa bersedih karena ternyata sudah pra lansia, malahan bersyukur bisa sampai di usia pra-lansia. Harapan banyak orang bisa tetap sehat dan berumur panjang sampai disebut lansia.

Logo Hari Lanjut Usia Nasional 2024

Logo HLUN ini setiap tahun berganti. Mungkin ini usaha pemerintah juga untuk mengingatkan kita untuk lebih memperhatikan orang lanjut usia di sekitar kita. Ada banyak program pemerintah Indonesia dalam upaya merawat kelompok lanjut usia, termasuk berusaha membuat mereka tetap sehat, mandiri, aktif dan produktif sesuai motto lansia yang ada di belakang buku kesehatan lanjut usia.

Buku Kesehatan Lanjut Usia

Kalau mau lihat isinya, bisa diunduh dari situs kemkes.go.id

Saya tidak tahu di mana mendapatkan buku ini. Mungkin kalau di Indonesia akan diberikan ketika seorang memasuki usia pra lansia berkunjung untuk mendapatkan layanan kesehatan. Saya melihat isinya dari situs kementerian kesehatan. Buku yang dari cover depan sampai cover belakang ada 92 halaman ini jadi seperti buku yang dimiliki seorang bayi yang baru lahir dan untuk mencatat tumbuh kembangnya.

Isi bukunya juga menarik, karena selain beberapa informasi umum tentang persiapan sejak pra lansia, ada juga seperti halaman kosong yang diberikan untuk kita mencatat segala hal terkait kesehatan setelah memasuki usia lansia. Malah kalau dari petunjuknya disebutkan selain dibaca dan dimengerti, diharapkan buku ini selalu dibawa sejak usia pra lansia.

Penjelasan umum buku kesehatan lansia

Menjadi Lansia Sehat

Bagian yang wajib dibaca dan dipahami ini menurut saya tentang informasi kesehatan. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pra lansia dan lansia.

Umur tidak bisa bohong, ketika kita semakin tua, akan ada perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Berbagai hal menurun dan mungkin mulai ada gangguan. Hal-hal yang menurun seperti kesehatan mata mungkin bisa dibantu dengan kacamata, akan tetapi ada kalanya kalau yang menurun itu adalah kekuatan, maka kita perlu menerima dan menyesuaikan diri dengan kenyataan.

Kenyataan bertambah tua perlu dilengkapi dengan persiapan diri memasuki usia pra lansia tersebut. Bagaimana menerimanya sebagai proses alamiah, tapi juga jangan lupa mempersiapkan dari segi dana dan di mana akan tinggal dengan nyaman. Untuk bisa menikmati hari tua, tentunya juga harus meningkatkan kesehatan di tengah berbagai hal yang mulai menurun dan juga terganggu. J

Baca juga 3 Bahan Bakar dalam Hidup: Waktu, Tenaga dan Uang

Keluhan kesehatan yang umum pada lansia

Setidaknya ada 17 keluhan umum yang perlu diperhatikan kalau mulai terjadi saat kita memasuki usia pra lansia. Buku ini mengingatkan agar kita tidak mengabaikannya dan perlu segera konsultasi ke tenaga kesehatan untuk mendapatkan bantuan kalau memang diperlukan.

Berbagai daftar penyakit yang sering terjadi ketika memasuki usia lanjut juga ada dalam buku ini. Bukan untuk menakut-nakuti, tetapi namanya menjadi tua, seperti halnya kalau kita punya mesin yang sudah dipakai bertahun-tahun, pasti akan butuh diperbaiki supaya tetap bisa berfungsi dengan baik.

Semoga Bisa Menjadi Lansia Bahagia

jangan lupa bahagia …

Pada akhirnya, untuk menjadi lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif, kita tetap perlu mengingat untuk tetap bahagia. Di buku ini, bahagia menjadi singkatan yang terkesan dipaksakan, tetapi ya ada benarnya.

Saya pra lansia

Seperti saya sebutkan sebelumnya, saya baru tahu kalau ternyata usia pra lansia itu sejak umur 46 tahun, jadi ternyata saya sudah memasuki usia pra lansia. Tetapi usia pra lansia ini rentangnya cukup jauh sampai ke usia 59 sampai nanti disebut lansia. Jadi, tidak ada diskon khusus untuk pra lansia, karena hitungannya masih usia produktif, hehehe.

Jiwa masih muda jadi terkadang lupa kalau sudah muncul uban di kepala. Pastinya sudah harus mulai memperhatikan berbagai hal yang disebutkan di buku kesehatan lanjut usia ini, supaya nantinya bisa memasuki masa lanjut usia tetap sehat, bisa mandiri, aktif dan produktif.

Sepertinya ini doa dan harapan dari hampir semua orang ya. Menerima kalau kita tidak bisa hidup selamanya dan tetap berharap bisa sehat, mandiri, aktif produktif sampai tiba waktunya.

Yuklah buat yang juga baru tahu ternyata sudah memasuki usia pra lansia, mari persiapkan diri dari sekarang supaya jadi lansia sehat bahagia! Karena menjadi lansia itu adalah hal yang istimewa.

Oh ya, pdf buku kesehatan lanjut usianya bisa juga dilihat di sini, tetapi kalau ternyata tidak dibolehkan akan saya hapus dari tulisan ini.


Posted

in

,

by

Comments

4 responses to “Serba Serbi Menjadi Lansia (Lanjut Usia)”

  1. Alfi Avatar

    Wah, makasih info buku lanjut usianya kak ?

    ?Mau tetap berdaya guna bagi diri dan keluarga?

    Yes! Semangaaattt ?

    1. risna Avatar

      Tentunyaaa, usia boleh tambah tua tetapi semangat berkarya harus tetap menyala. Modalnya ya harus sehat jiwa raga

  2. Shanty Dewi Arifin Avatar

    Perhatian pemerintah terhadap lansia emang kerasa sih beberapa tahun belakangan ini. Mertuaku cerita tentang bagaimana puskesmasnya punya hari khusus untuk Lansia memeriksakan kesehatan. Mereka bahkan dikoordinir untuk bisa ke rumah sakit rujukan yang lebih besar untuk pemeriksaan lanjutan dengan dokter spesialis.

    1. risna Avatar

      Dikasih buku kesehatan lansia gitu juga gak mbak? Semoga ya kita juga nantinya jadi lansia yang tetap sehat mandiri aktif dan produktif berkarya

Leave a Reply