Film Free Guy (2021): Ketika NPC di Game Menggunakan AI

movie Free Guy (2021)

Industri game saat ini sudah semakin keren. Film Free Guy menggambarkan dunia dalam game online yang bisa dimainkan oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia bernama bernama Free City. Di dalam game Free City, setiap pemain bebas melakukan kejahatan apapun untuk naik level. Kejahatan yang dilakukan oleh pemain game dilakukan terhadap karakter yang sudah disediakan di dalam game alias non player character (NPC), untuk menjadi korban.

Tokoh utama film Free Guy ini adalah NPC bernama Guy (diperankan oleh Ryan Reynolds). Guy adalah seorang pegawai bank yang selalu mengenakan baju biru dan memiliki semboyan yang sangat positif dan menggambarkan kalau Guy adalah orang yang baik: “Don’t have a good day, have a great day!”

Film dengan durasi 115 menit ini berhasil menghibur dengan aksi, komedi dan sedikit romansa di dalamnya. Ryan Reynolds berhasil menghibur dengan aktingnya yang kocak tapi juga penuh aksi.

Cerita Film Free Guy

Sebelum saya bercerita lebih banyak (yang kemungkinan akan ada spoilernya), coba deh tonton trailer film ini.

Trailer Free Guy (20th Centuries Studios)

Film Free Guy yang pertama didistribusikan di tahun 2021 oleh 20th Centuries Studios ini kemarin kami tonton di Disney +, alasan menontonnya sih karena melihat Ryan Reynolds yang juga sering bermain film aksi tapi juga biasanya cukup lucu seperti Red Notice(2021), The Hitman’s Bodyguard(2017), The Adam Project(2022) dan tentunya tidak asing lagi buat pengemar Deadpool. 

Guy dan rutin sebagai pegawai Bank

Alasan lain menontonnya juga karena ceritanya tentang seseorang yang bekerja di bank dan biasanya hidupnya selalu mengerjakan hal yang sama, tiba-tiba dia menyadari kalau ada hal lain yang bisa dilakukan dan dia ternyata bisa punya kehendak bebas selain melakukan hal yang sama berulang-ulang. 

Tokoh yang bernama Guy ini mengenakan baju biru, seragam bank tempat dia bekerja. Setiap hari bank nya akan dirampok dan tugasnya mereka hanya tiarap saja ketika ada yang merampok. Dan hidupnya akan berulang lagi di mulai dengan bangun pagi, menyapa ikan mas nya yang ada di akuarium kecil, memesan kopi yang sama setiap hari dan pergi kerja. Dia memiliki sahabat, yaitu satpam yang bekerja di bank tempatnya bekerja, tapi tidak pernah berdaya juga setiap kali dirampok.

Guy memang hidup bukan di dunia sebenarnya, akan tetapi dunia game yang diberi nama Free City. Di kota tersebut, semua pemain bebas melakukan kejahatan apapun untuk naik level. Biasanya sih yang mereka lakukan tentu saja merampok bank untuk memperoleh koin, lalu membeli senjata, dan ya melakukan kejahatan apapun terhadap non player character alias tokoh-tokoh yang ada di dalam game yang memang disediakan untuk membantu pemain game naik level. Biasanya untuk membedakan pemain game dan npc, para pemain game di dunia Free City akan memakai kacamata, sedangkan semua NPC tidak ada yang menggunakan kacamata.

NPC dalam game menggunakan AI

Sejak berpapasan dengan seorang wanita yang menyenandungkan lagu Mariah Carey, Guy seperti tersihir dan memiliki keinginan untuk mengikuti wanita cantik yang berkacamata tersebut. Keinginan untuk berbuat lebih dari rutinitas biasa ini ada karena memang npc dalam Free City diprogram menggunakan AI. Ada hal yang membuat mereka belajar dan berkembang karakternya.

Keinginan untuk melakukan hal-hal lain yang bukan bagian dari rutinnya biasa tersebut diawali karena dia ingin bertemu dengan wanita cantik dengan nama MolotovGirl (diperankan oleh  Jodie Comer) yang adalah wanita pujaan hatinya. Pada suatu hari, saat bank tempat dia bekerja dirampok, dia melawan pemain yang berkacamata tersebut dan merebut kacamatanya.

Setelah Guy menggunakan kacamata pemain game, dia semakin menyadari ada hal-hal lain yang bisa dilihat di dunianya. Dia pun berhasil menemukan lagi dan mengajak bicara MolotovGirl. Awalnya si wanita ini bilang kalau mereka levelnya berbeda, dan dia hanya akan ngobrol dengan Guy kalau dia sudah naik level ke level 100. Tetapi kemudian Guy menjadi orang yang dibutuhkan oleh MolotovGirl untuk menjadi pahlawan dalam game tersebut.

Guy ini ceritanya diciptakan sebagai karakter yang memang mencari pasangan hidupnya. Dia juga orang baik yang tidak ingin menyakiti orang lain. Lalu dia menemukan cara lain untuk naik level dengan cepat. Tentunya dia juga sudah menghafal apa yang akan terjadi dan di mana kejadiannya. Dia menjadi pahlawan yang membantu npc dari kejahatan yang dilakukan oleh pemain berkacamata.

Pembuktian kepemilikan hak cipta game

Molotov girl dan Guy (Free Guy Movie)

MolotovGirl adalah pemain game yang bertujuan untuk membuktikan kalau game Free City ini dibangun atas game karyanya dan Keys sahabatnya. Ketika bertemu dengan Guy, dia pun meminta bantuan Guy untuk menemukan bukti-bukti bahwa ada kota lain dibangun diatas kota Free City.

Sekilas saya jadi teringat dengan game The Sims, yang terkadang ketika kita bermain, ada tokoh-tokoh lain yang tiba-tiba datang berinteraksi dengan tokoh yang kita mainkan. Dan kadang, ada saja hal-hal aneh yang terjadi yang dilakukan npc tersebut.

Kembali ke film, tokoh Guy menjadi trending topic karena orang-orang tidak menyadari dia adalah npc. Bahkan perusahaan yang menjalankan game Free City juga awalnya berpikir Guy adalah seorang pemain yang misterius dan entah bagaimana caranya tiba-tiba bisa naik level dengan cepat dengan cara yang tidak biasa. Tetapi Keys (diperankan oleh Joe Keery), salah satu dari developer yang gamenya dicuri masih bekerja di perusahaan Free City untuk bagian menerima komplain. Ketika melihat keanehan Guy ini akhirnya dia menyadari kalau tokoh tersebut tiba-tiba punya kesadaran karena program AI yang dikerjakan oleh partnernya. 

Wanita yang menyenandungkan lagu Mariah Carey, yang menjadi wanita idaman Guy adalah Millie, wanita yang membuat program AI dalam game yang dicuri tersebut. Dia bermain Free City dengan nama MolotovGirl untuk menemukan jejak di manakah kira-kira kode mereka disimpan oleh Soonami, perusahaan yang mencuri game mereka itu.

Setelah menyadari kalau Guy adalah npc, wanita ini jadi bersemangat karena program AI nya ada harapan bisa diterapkan untuk NPC lainnya. Dengan bantuan Guy, dia berusaha mencari jalan untuk membuktikan kalau game mereka memang dicuri oleh Soonami.

Free Guy Vs Dude

Oh ya, ada bagian yang bikin film ini semakin seru menuju ending, karena perusahaan Soonami berencana meluncurkan produk game Free City 2 yang walaupun diiklankan akan kompatibel dengan Free City yang sudah ada, akan tetapi sebenarnya mereka berniat menggantikan keseluruhan game dengan game yang baru. Kalau Guy tidak berhasil membantu Molotov Girl dan Free City 2 diluncurkan, maka eksistensi Guy dan seluruh dunianya tentu saja akan hilang. Selain itu tentunya Molotov Girl dan Keys tidak bisa membuktikan kalau game mereka memang dicuri Antwan.

Kalau mau tahu bagaimana caranya dan apakah mereka berhasil membuktikannya bisa ditonton sendiri ya filmnya.

Spoiler: Bagian yang tak kalah menarik

Bagian yang juga tak kalah menarik buat saya ketika menonton film ini adalah, ketika programmer yang pria menceritakan kalau dia membuat karakter wanita impian Guy ini adalah berdasarkan apa yang dia ketahui tentang si wanita. Alasannya sih supaya programnya bisa lebih realistis. Termasuk satu-satunya kopi yang tersedia di Free CIty adalah jenis kopi yang disukai si wanita pemrogram AI.

Jadi bisa dibilang, Guy adalah gambaran dari si programmer pria. Tapi ya di dalam game itu digambarkan sebagai pegawai bank karena mungkin kota nya ga butuh programmer dan lebih butuh pegawai bank.

Millie dan Keys programmer yang dicuri kodenya (Free Guy Movie)

Cara kedua programmer bekerjasama untuk membuktikan game mereka yang dicuri juga cukup menarik. Bagaimana kehandalan programmer dan programmer yang bisa main game juga tak kalah menarik. Apalagi ketika melihat tiba-tiba ada Ryan Reynolds memainkan 2 karakter.

Oh ya, animasi dalam film ini juga kerenlah. Seandainya nontonnya di bioksop atau punya sound system yang bagus, sepertinya akan lebih menarik nih ditontonnya.

Rekomendasi

Kisah romantisnya sebenarnya sih cuma bonus, karena ceritanya secara keseluruhan banyak aksi nya. Aksi tembak-tembakan oleh para pemain yang melakukan kejahatan di Free City, maupun aksi Guy dan teman-temannya untuk membebaskan diri dari Free City.

Oh ya, namanya film, jangan pikir cara kerja AI semudah itu. Tapi ide ceritanya menariklah untuk ditonton. Sekali lagi film yang diperankan Ryan Reynolds berhasil menghibur di akhir pekan.

Buat yang sedang mencari rekomendasi tontonan akhir pekan, boleh deh lihat film Free Guy ini di Disney hotstar. Oh ya, film ini mengandung adegan kekerasan tembak-tembakan, atau kebut-kebutan, tapi ya nggak ada adegan aneh-aneh banget. Bukan film anak-anak, tapi ya kalau anak sudah remaja, mungkin bolehlah ikut menonton.

Leave a Reply