Review Komik Koel: Kibal-Kibul Motivasi

review buku kibal-kibul motivasi

Lagi liburan di Indonesia, hampir nggak baca buku nih bulan ini. Untungnya lihat ada buku komik seri Koel karya Kurnia Harta Winata. Sebelumnya saya sudah pernah membaca karyanya juga judulnya Yesus dan Aku.

Ada beberapa buku komik sebenarnya yang memang sengaja dibeli untuk hiburan selama liburan, tapi baru 1 buku ini yang dibaca. Judulnya Kibal-Kibul Motivasi, buku yang sebenarnya sudah ada sebagian diupload di FB oleh penulisnya dan diterbitkan secara mandiri di tahun 2016. Kenapa kami beli fisiknya? tentu saja karena lebih enak baca buku fisik untuk komik daripada yang ada di FB. Sekaligus mendukung penulisnya tetap berkarya.

4 Cerita dalam buku Kibal-Kibul Motivasi

4 Cerita dalam buku kibal kibul motivasi

Cara bercerita dalam komik ini cukup menarik. Digambarkan seorang kakek menasihati cucunya untuk mengingatkan om nya supaya rajin bekerja, jangan cuma santai-santai saja. Si anak kecil malah bilang: apa untungnya buatku? Kalau Om Koel sibuk, aku ga bisa gangguin.

Akhirnya tapi si kakek berhasil memengaruhi si cucu untuk menasihati om nya. Tapi, si Om Koel malah ngajakin ponakannya ini baca komik yang berisi tentang kibal kibul motivasi. Ada 4 cerita motivasi yang dibacakan si Om buat ponakannya. Jadi ini cerita komik yang membacakan komik. Berikut ini intisari dari komik motivasi yang dibacakan Om Koel ke ponakannya.

Motivator Pertama

Cerita motivator pertama ini mengenalkan bagaimana manusia yang tadinya merasa cukup dengan apa yang dimiliki dibuat untuk merasa tidak cukup dan menginginkan sesuatu yang awalnya tidak terpikirkan sekalipun.

Jadi rahasia menggerakkan manusia itu adalah temukan apa keinginan mereka dan berikutnya tentukan apa keinginan berikutnya. Jadi, mereka yang tadinya ga merasa itu kebutuhan, bisa jadi dipengaruhi dan membuat mereka merasa butuh.

Manusia bisa digerakkan menggunakan ancaman ataupun iming-iming. Misalnya anak-anak diancam nggak boleh main game kalau nggak menyelesaikan pekerjaannya atau iming-iming dibelikan mainan baru kalau menyelesaikan pekerjaannya. Walaupun mungkin ketika memberi iming-iming, bisa jadi ada orang yang menipu dengan bilang ada sesuatu di sana, tapi ketika dikerjakan sesuatu itu tidak ada. Si motivator berhasil membuat orang melakukan apa yang dia mau, dan dengan kata lain jadinya si motivator ini seperti memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan tujuannya,.

Motivasi dan Kekuasaan

Buku ke-2 yang dibacakan Koel kepada ponakannya berjudul Motivasi dan Kekuasaan. Ceritanya bagaimana manusia dalam kelompoknya biasanya akan ada 1 orang yang merasa berkuasa dan ingin membuat orang lain melakukan sesuatu buat dia. Mulai dari iming-iming makan enak, sampai menipu bahwa dia diserang oleh kelompok lain untuk membuat kelompoknya bangkit membelanya dan balik menyerang.

Lalu setelah menyerang 1 tempat, mereka tidak berhenti dan terus menyerang yang lain dengan menanamkan ketakutan lebih baik menyerang lebih dahulu sebelum diserang. Penguasa ini menemukan apa yang menjadi ketakutan masyarakatnya dan menentukan musuh buat mereka. Lalu dia akan menjaga agar rasa takut dan benci tidak pernah padam. Demikian seterusnya sehingga penguasa ini sepertinya memotivasi padahal mengendalikan rakyatnya dengan mengendalikan ketakutan mereka.

Motivasi dan Uang

Kali ini ceritanya tentang orang yang tadinya tidak merasa perlu mencari uang lebih karena merasa yang didapatkan sudah cukup. Lalu akan ada motivator yang membuat orang yang merasa cukup itu membutuhkan sesuatu yang baru supaya mereka merasa perlu mempunyai uang lebih.

Jadi ingat kalau dulu orang tua saya mengajarkan duit itu sedikit cukup banyak kurang. Artinya ketika kita punya uang terbatas, kita akan mengelola supaya kita bisa mencukupkannya, tapi ketika kita mendapatkan penghasilan lebih, kenapa tetap saja ada perasaan kurang? Tentunya ini karena keinginan bertambah seiring dengan penghasilan yang bertambah. Kita merasa eh ada penghasilan tambahan, maka kita merasa bisa membeli sesuatu yang tadinya tidak kita beli karena tidak ada dananya. Dengan pola pikir seperti inilah lama-lama setelah penghasilan bertambah, kita tetap saja merasa kurang.

Eh jadi melenceng, kalau di buku ini diceritakan bagaimana orang-orang akhirnya harus bekerja keras sepanjang minggu, untuk dihabiskan di akhir minggu. Siklus yang tak ada habisnya dan entah kenapa tetap saja terjadi. Uang itu sedikit cukup, banyak kurang.

Motivasi sebagai Candu

Semua bisa bahagia katanya…

Buku berikutnya yang dibacakan Koel ke ponakannya tentang motivasi sebagai candu. Di bagian ini diceritakan tetang seorang motivator yang meyakinkan orang lain tentang apa itu bahagia dan kesuksesan. Semua orang bisa bahagia dan sukses katanya asal ikut kata-kata si motivator ini.

Padahal ya sebenarnya kebahagiaan dan kesukseskan itu bukan ditentukan orang lain, tapi rasanya pasti lebih semangat kalau ada yang menyemangati kan!

Motivasi atau penipuan?

Buku komik kibal-kibul motivasi ini menarik, seperti biasa penulis buku ini tidak berusaha memberitahukan apa yang benar dan salah, tapi hanya menggambarkan saja fenomena tentang motivator dan orang yang mencari motivasi. Bagaimana terkadang motivasi itu harusnya datang dari dalam, tapi akan selalu ada orang-orang yang berusaha memanipulasi orang lain yang seolah-olah memotivasi.

Apakah motivasi yang dari luar itu tidak bagus? Ya nggak juga sih, tapi memang akhirnya harus hati-hati agar jangan terjebak dengan keinginan yang diciptakan orang lain seolah-olah itu keinginan kita. Jangan juga terlalu takut dengan ancaman ataupun iming-iming dari orang lain.

Baca digital atau cetak?

Kalau memang cuma ingin membaca, bisa kok cari komik digital yang diunggah oleh penulis komik ini di sosial medianya. Tapi kalau ingin membaca berulang kali, mending beli aja versi cetaknya.

Btw, saya tidak kenal dan tidak dibayar oleh penulis komik ini untuk menuliskan review ini. Jadi review ini juga dituliskan buat kegiatan maksakeunmaca yang hampir saya saya skip di bulan Juli 2022 ini.

One thought on “Review Komik Koel: Kibal-Kibul Motivasi

Leave a Reply