Hal-hal yang bikin ga produktif

Sudah lama nggak nulis blog. Sejak hari Sabtu 16 Juli 2022 yang lalu, kami memang sedang liburan ke Indonesia. Mudik pertama pasca pandemi covid-19 yang menyebabkan banyak negara menutup akses keluar masuk.

Kami memang sudah memperkirakan sejak awal pandemi kalau tahun 2022 merupakan tahun paling cepat bisa mudik lagi. Setelah ditemukan vaksin dan varian yang ada semakin ringan, banyak negara termasuk Indonesia dan Thailand sudah meniadakan karantina dan hanya mengajukan vaksin plus booster sebagai syarat perjalanan luar negeri

Sejak tiba di tanah air, sejak itu pula kegiatan update blog terhenti. Ada beberapa hal yang mengakibatkan nya:

Koneksi Internet

Namanya ngeblog, pasti dong butuh koneksi internet. Banyak teman – teman di Indonesia bisa tetap ngeblog dengan koneksi yang bervariasi. Tapi kecepatan internet yang sangat terasa bedanya dengan di Thailand membuat saya perlu menyesuaikan ekspektasi.

Karena tidak punya koneksi internet yang unlimited seperti di Thailand, kami perlu memilih paket internet dari berbagai penawaran yang ada. Pilihan jatuh pada kombinasi paket Akrab dari XL yang bisa dishare di 2 nomor XL (kami pengguna XL) dan juga memanfaatkan koneksi ByU yang sudah tersedia di rumah mertua. Tapi ya dengan banyaknya yang mengakses dalam waktu ynag bersamaan, koneksi ByU nya terasa lambat sekali.

Perbandingannya di Chiang Mai kecepatan internet unlimited selular itu 20MBps. Kalau buat koneksi rumah yang fiber udah 1GBps. Jelas aja ketemu koneksi di sini dan dibagi ber-5 dengan eyangnya, koneksinya berasa banget lambatnya.

Ya jangan dibandingkan koneksi internet selular denan koneksi fiber optik. Sudah begitu masih diabuse dengan berbagai gawai konek bersamaan. Tapi setelah terbiasa dengan koneksi internet yang sangat cepat, saya perlu belajar sabar. Kalau tidak sabaran hasilnya ya nggak jadi menulis sama sekali. Bahkan untuk menonton saja di sini perlu diunduh terlebih dahulu, kalau di Chiang Mai sih, tinggal distreaming semua wuzzz lancar…

Meja kerja dan kacamata

Namanya lagi liburan, saya nggak bawa laptop yang biasa digunakan. Sebenernya sih ada laptop yang dipinjamkan dan bisa digunakan.Tapi ya perlu mensetup lingkungan kerja lagi, belum lagi tidak ada meja kerja yang selalu bisa digunakan. Kerja berpindah-pindah itu bikin penulis musiman seperti saya jadi pemalasan.

Satu masalah lain adalah, kalau biasanya kacamata selalu diletakkan di dekat meja kerja. Nah sekarang ini, misalkan mau mengetik di laptop, harus mencari kacamata lagi. Kalau membaca ponsel untungnya masih bisa tanpa kacamata. Tapi ya nulis di ponsel pegel juga. Tulisan ini akhirnya saya ketik pakai keyboard eksternal yang dihubungkan ke ponsel melalui bluetooth. Tapi ya tetap saja harus mencari keyboard dulu lalu mencari tempat meletakkan ponsel biar bisa dibaca ketika mengetik. Jadi kalau ada typo dalam tulisan ini, harap dimaklumi, sudah pasti karena saya mengetik tanpa menggunakan kacamata.

Kesehatan

Namanya lagi travel, sudah pasti ada banyak hal yang ingin diceritakan. Tapi ya kalau misalnya kesehatan tidak mendukung, boro-boro ya mau nulis, melihat layar saja rasanya enggan.

Jadi memang, harus diingat dengan baik kalau kesehatan itu modal utama untuk berkarya. Kalau badan nggak sehat, ya udah istirahat dulu biar bisa kembali bugar. Sebenarnya ada keinginan untuk berhenti mencatat selama liburan, tapi kok ya sayang kalau sampai hal-hal yang ingin diingat malah terlupakan karena hal-hal yang bikin tidak produktif.

Beberapa hari setelah tiba di Depok, kami kena flu dan batuk pilek. Memang sudah agak diprediksi, karena perjalanan kemarin merupakan kali pertama kami bertemu dengan banyak sekali orang, artinya kami pasti berisiko sakit.

Hari ini semua batuk pilek dan udah nggak demam lagi. Demam kemarin obatnya ya tidur, minum air putih, minum vitamin dan berusaha tetap makan walaupun Indomie yang biasanya selalu terasa enak jadi terasa asin sekali walaupun airnya cukup banyak.

Cukup dulu tulisannya sampai di sini, semoga berikutnya sudah bisa adaptasi dengan kecepatan internet yang ada. Kalau tulisan ini minim gambar ya harap maklum, mau buka Canva internetnya nggak kuat euy. Bisa menulis ini saja sudah mendingan.

Kalau kamu biasanya hal apa yang bikin nggak produktif menulis blog? Share yuk!

Leave a Reply