Layanan Blinkist untuk Memilih Buku Bacaan

blinkist

Beberapa waktu lalu, saya sering sekali mendapatkan pemberitahuan tentang aplikasi/ layanan Blinkist ini. Tapi waktu itu saya belum tertarik untuk mencobanya. Akan tetapi, setelah Joe mencobanya, tentu saja saya jadi ikutan mencoba.

Ternyata aplikasi ini menarik untuk orang yang seperti saya, kecepatan membaca yang lambat dan butuh waktu lama untuk memutuskan membaca sebuah buku. Untuk memilih buku sebelum memaksakan diri membaca, kadang saya mencari rekomendasi dari layanan ini.

Layanan Blinkist ini berguna untuk mengetahui isi buku, baik untuk yang belum membaca dan kemudian memutuskan untuk membacanya, atau untuk yang sudah membaca dan ingin mengingat kembali hal-hal penting dari buku tersebut.

Ringkasan Buku yang terstruktur

Setiap kali memilih buku, butuh waktu lama untuk menentukan apakah saya akan membacanya atau tidak. Ada berbagai pertimbangan untuk membacanya atau tidak. Banyak buku yang saya baca itu sebenarnya sudah tergambar jelas dari judulnya, tapi saya tetap ingin tahu bagaimana penulisnya membuat judul yang sudah sangat jelas itu menjadi buku ratusan halaman. Pastinya akan ada tips-tips lebih detail yang disertakan dalam buku tersebut.

Saya juga sebenarnya sering melihat iklan aplikasi tentang membaca buku dengan singkat selama 15 menit-an. Waktu itu saya agak tidak percaya, bagaimana mungkin mereka meringkas buku yang sangat padat bisa menjadi cuma 15 menit saja? Pastinya akan banyak hal yang tidak dibahas dan dilewati begitu saja.

Setelah saya mencoba Blinkist, saya jadi menemukan cara memilih buku sebelum membaca buku lengkapnya melalui ringkasan di Blinkist. Perlu dicatat, ringkasan ini bukan review buku dan tidak tersedia ringkasan buku fiksi. Kalau mau baca fiksi, cari sinopsis berdasarkan blurb nya saja ya.

Berbagai kategori buku yang ada di Blinkist

Rekomendasi Buku

Uniknya lagi, blinkist akan memberi playlist setiap harinya yang dia pilihkan berdasarkan buku-buku yang sudah pernah kita dengarkan. Kita juga bisa mencari sendiri dan membuat daftar playlist kita. 

Seperti semua aplikasi yang merekam pilihan kita, Blinkist jadi tau genre bacaan kita berdasarkan apa yang sudah kita dengarkan. Semua yang ditawarkan menarik untuk didengar, walaupun tidak membaca versi lengkapnya, mendengarkan ringkasannya saja bisa memberi banyak masukan untuk saya.

Aplikasi di ponsel ataupun browser

Blinkist ini bisa diakses di ponsel menggunakan aplikasi, ataupun dari browser di komputer. Selain versi tulisan, dia juga memberikan versi audio untuk kita dengarkan. Sudah bisa ditebak, saya lebih sering mendengarkannya daripada membacanya.

Buat sebagian orang, membaca tentu lebih cepat, tapi buat saya yang lebih mudah terdistraksi kalau membaca di ponsel, akhirnya saya memilih mendengarkannya ketika saya cuci piring ataupun menyiapkan sarapan.

Lumayan sih sebenarnya, saya bisa mengetahui isi dari kebanyakan buku yang selama ini sering dibicarakan orang. Kalau ada yang menarik, saya juga mencari buku versi lengkapnya di kindle ataupun Scribd.

Kira-kira, ada gak ya sejenis Blinkist ini untuk buku berbahasa Indonesia? Atau malah orang-orang takut kalau ada yang begini, buku aslinya nggak akan dibeli lagi?

Leave a Reply