4 Serial Medis yang Berkesan

serial medis

Dari dulu, serial ataupun film dengan latar belakang cerita medis selalu laris dan banyak penontonnya. Saya juga termasuk penggemar beberapa serial medis. Tentu saja dalam cerita yang jadi tokoh utama biasanya para dokternya.

Tapi, sebuah rumah sakit tentunya tidak mungkin hanya berisi dokter saja kan. Ada banyak tenaga pendukung dari sebuah fasilitas kesehatan. Setiap serial TV dengan tema medis, bukan saja bercerita tentang kasus-kasus medis, tapi juga berusaha menceritakan sisi lain kehidupan tenaga medis.

Dalam tulisan ini, saya ingin bercerita mengingat-ingat beberapa serial dengan tema medis yang berkesan dan masih saya ingat. Oh tenang saja, serialnya bukan melulu drama Korea, karena saya sudah banyak menonton serial medis lain sebelum jadi penggemar drama Korea.

ER (Emergency Room)

Siapa yang nonton serial ER dulu?

Sesuai dengan judulnya, serial ini berkisah tentang kesibukan di Emergency Room alias Unit Gawat Darurat sebuah rumah sakit. Saya sebenarnya tidak terlalu mengikuti serial ini, cuma ingat ada George Clooney yang juga ikut berperan di dalamnya.

Ceritanya sih waktu itu terasa seru, namanya juga cerita di unit gawat darurat yang memberikan pertolongan pertama ketika ada pasien dalam keadaan gawat darurat. Tentu mereka digambarkan harus siap sedia setiap saat. Namanya pasien gawat darurat, bisa datang sewaktu-waktu, walaupun mungkin ada hari-hari digambarkan tidak terlalu banyak pasien.

Grey’s Anatomy

Ada yang masih mengikuti serial Grey’s Anatomy ?

Nah serial ini nih nggak tau mau dibilang serial medis atau drama kehidupan sih, sekarang sudah sampai season 18! Wow banget ya, pemain utamanya sudah bertambah umur belasan tahun juga sejak pertama kali disiarkan tahun 2005. 

Kenapa mereka bisa bikin cerita serial medis tak selesai-selesai begini? Karena ceritanya dimulai sejak pemeran utamanya masih belajar jadi dokter, sampai sekarang menjadi dokter senior dan sudah mendapat beberapa penghargaan.

Serial grey’s anatomy ini juga mengangkat kisah pribadi dari para dokter dan beberapa tokoh lainnya. Sebut saja ahli anestesi atau bahkan perawat yang selalu membantu di nurse station ataupun membantu di ruang operasi.

Kisah-kisah medisnya juga sering agak terhubung dengan kisah yang sedang populer saat itu. Banyak yang bilang, abis nonton serial ini, berasa jadi nambah ilmu kedokteran, walaupun beberapa dokter bilang ada bagian yang tidak akurat dari drama ini. Ya namanya juga drama.

Dr House

Dr. House yang kadang menyebalkan karena terlalu jago

Serial yang ini saya ikuti on off gitu, tapi garis besar dari hampir setiap episode yang saya tonton, si dokter House ini orangnya gak mau kalah sama penyakit. Mau penyakit sesusah apapun, dia cari cara dan ya mungkin namanya juga drama – hampir selalu berhasil menemukan cara menyembuhkan pasiennya.

Mungkin ada juga sih sekali dua dia gagal, tapi seringnya dia berhasil, makanya dia ditunjukkan sebagai pribadi yang arogan dan selalu merasa mewakili Tuhan di dunia ini. Karena hal ini saya nggak selalu ingin menonton serial ini.

Hospital Playlist

Hospital Playlist yang baru berakhir

Sebenarnya di drama Korea juga ada banyak yang bercerita tentang kisah dunia medis. Kehidupan dokter dan romantikanya. Tapi saya gak akan cerita semuanya, karena untuk urusan detail istilah medis, saya lebih suka dengan serial western daripada drama Korea. 

Tapi untuk hospital playlist, ada yang berbeda dibandingkan cerita drama medis lainnya. Seperti biasa, dokternya selalu keren sih digambarkan keahliannya, walau begitu ada juga cerita kalau kesembuhan pasien itu bukan semata-mata usaha dokter, tapi juga bagaimana tubuh si pasien bisa bertahan dan recovery.

Tapi, yang bikin hospital playlist cukup menyenangkan ditonton, karena ceritanya menggambarkan dokter dengan segala aspek kehidupannya dan selesai menonton terasa betapa lelahnya hidup para dokter itu, tapi mereka masih menikmati juga kehidupan profesinya walau kadang ikut baper kalau pasiennya kritis dan atau ada masalah serius lainnya.

Pelajaran dari nonton serial medis

Nonton serial medis itu bisa membuat saya merasa sedikit bertambah pintar. Walaupun sebenarnya saya tidak suka dengan cerita yang terkadang terlalu sedih. Tapi informasi tentang masalah kesehatan ada banyak di setiap serial medis dan menarik untuk diikuti.

Ada kesamaan dalam setiap serial medis yang juga menceritakan kehidupan pribadi tenaga kesehatan, kalau pada dasarnya mereka juga manusia yang punya batas tenaga. Mereka juga punya masalah lain selain mengurusi pasien, mereka tidak selalu punya jawaban untuk menyembuhkan orang sakit, tapi mereka berusaha sebaik mungkin mencari jawaban yang dibutuhkan untuk pasiennya. Semua tenaga kesehatan juga ada tahapan belajarnya, dan tidak tiba-tiba jadi jagoan.

Menurut saya sih, drama medis ini juga salah satu bentuk apresiasi terhadap para tenaga kesehatan yang ada. Ide ceritanya juga tidak ada habisnya karena ya ilmu kedokteran terus berkembang dan akan selalu ada tantangan baru setiap kalinya.

Saya sih bersyukur melihat ada begitu banyak orang yang cukup menikmati kehidupan sebagai dokter ataupun sebagai tenaga kesehatan lainnya. Karena, kalau semua orang ga mau jadi tenaga kesehatan (nakes) seperti saya, terus yang merawat kalau saya sakit siapa? Yang bantuin kelahiran siapa? Kan ga tiap orang berani melahirkan tanpa bantuan tenaga kesehatan.

Setiap orang punya panggilan masing-masing, dan saya yakin mereka yang bekerja menjadi tenaga kesehatan pastinya punya panggilan hati untuk menjadi tenaga kesehatan, selain harus diakui kalau ada anggapan menjadi dokter itu pasti dianggap keren.

Memang keren sih menjadi dokter itu, bukan cuma dokter yang keren, semua yang mau bersusah payah mempelajari ilmu kesehatan dan memikirkan banyak manusia lainnya demi kesehatan itu keren! 

Tema Tantangan Menulis: Apresiasi untuk Tenaga Kesehatan

Tulisan ini jadi bikin ingat dengan tema tantangan menulis KLIP untuk mengapresiasi para tenaga kesehatan. Mudah-mudahan mereka yang memang menjadi tenaga kesehatan memang punya passion untuk bisa merawat pasien yang butuh pemulihan kesehatan dan semoga mereka selalu sehat di masa pandemi yang belum usai ini.

Leave a Reply