tentang waktu ms warvel dan the orville

Perjalanan Waktu Dalam Serial Genre Fantasi

Cerita perjalanan waktu sering sekali ada dalam cerita bergenre fantasi. Dalam kenyataannya kita hanya bisa menaiki mesin waktu yang bergerak maju ke masa depan, 1 detik demi 1 detik. Tapi, setahu saya sampai saat ini mesin waktu untuk perjalanan ke masa lalu atau melompat ke masa depan masih belum ada dan hanya berupa cerita fantasi. Variasi dari cerita mesin waktu ini menerbitkan konsep cerita multiverse di berbagai cerita genre fantasi. Sebenarnya walaupun kita tahu fantasi, cerita mesin waktu ini ada banyak ragam dan cukup banyak yang menarik walaupun banyak juga yang terasa jelek.

Saya ingin menceritakan sekilas tentang 2 film serial yang saya tonton minggu ini. Serial Ms Marvel dan The Orville Season 3 yang kebetulan bertema cerita tentang perjalanan waktu walaupun caranya berbeda. Oh ya, 2 serial ini bisa ditonton di Disney Hotstar.

Ms Marvel S1E5: Time and Again

DI episode ke-5, Kamala mengunjungi neneknya ke Pakistan. Di sana dia mengetahui lebih banyak tentang bangle yang memberikannya kekuatan. Sampai di akhir episode ke-4 Kamala tiba-tiba terlempar ke masa lalu. Tepatnya ke masa terjadinya pemisahan Pakistan dari India. Cerita serial ini memang banyak mengisahkan tentang sejarah yang terjadi di tahun 1948 tersebut karena dikisahkan nenek Kamala adalah salah satu yang selamat walau sempat terpisah dengan ayahnya di stasiun kereta api yang orangnya sangat berjubel.

Hal yang selama ini menjadi pertanyaan tentang asal usul bangle yang memberikan kekuatan dan juga bagaimana nenek Kamala selamat akhirnya bisa disaksikan langsung oleh Kamala. Dan ternyata, Kamala termasuk salah satu yang berperan membantu neneknya menemukan jalan ke ayah dari neneknya tersebut.

Setelah neneknya selamat, Kamala pun tiba-tiba kembali lagi ke timelinenya, sama seperti ketika dia tiba-tiba kembali ke masa lalu. Semuanya terjadi karena kekuatan bangle nya.

The Orville S3E6: Twice in a Lifetime

Kisah The Orville episode 6 ini dimulai dengan eksperimen mengembalikan sandwich ke 10 detik yang lalu. Lalu, Gordon meminta Sandwichnya dikirim 3 bulan mendatang, supaya dia bisa mendapatkan kejutan berupa sandwich di masa depan.

Ternyata, karena ada serangan dari Kaylon, mesin waktu overload dan Gordon yang kebetulan sedang berada di ruangan yang sama dengan mesin tersebut, terlempar ke masa lalu. Konon, mesin itu akan membawa orang ke mana yang dipikirkannya. Gordon yang pernah menemukan ponsel seorang wanita dari masa tahun 2015 tidak sengaja terlempar ke tahun tersebut. Memang di The Orville Season 2 Eps 11: Lasting Impressions, diceritakan kalau Gordon sempat jatuh cinta beneran dengan wanita yang diciptakan melalui rekonstrusi data yang ada di sosial medianya: Laura Huggins.

Setelah mendapatkan pesan radio dari masa lalu, Kru The Orville yang dipimpin Kapten Ed langsung berusaha melakukan perjalan waktu ke tahun 2015, akan tetapi mereka missed 10 tahun dan mendarat di tahun 2025. Gordon yangseharusnya tidak meninggalkan jejak di bumi, sudah tidak sabar menunggu dan mencari Laura Huggins. Tentu saja dia akhirnya menikah dengan Laura dan bahkan sudah punya 2 anak, dan Laura sedang hamil anak ke-2. Jelas saja ketika Kru Orville mengajak mereka untuk pulang ke masa depan, Gordon tidak mau. Bagaimana mungkin dia meninggalkan keluarganya?

Singkat cerita, setelah menemukan bahan yang cukup untuk melakukan perjalanan waktu, akhirnya Kru Orville berusaha untuk kembali ke tahun yang benar. Kali ini mereka mendarat sekitar 1 bulan dari saat Gordon tiba di masa lalu. Gordon belum meninggalkan jejak di bumi, dan masih bersembunyi di sebuah rumah di hutan.

Ketika kembali ke masa depan, Gordon diceritakan tentang kisah pertemuan Kru Orville dengan keluarga Gordon. Bagaimana Gordon akhirnya menikah dengan Laura dan memiliki anak. Tapi tentu saja cerita Gordon di tahun 2025 itu belum diketahui oleh Gordon yang dijemput di tahun 2015.

Ayam dulu atau telur dulu?

Kebanyakan kisah perjalanan waktu, diselesaikan dengan terlalu mudah ketika seseorang dari masa depan datang membantu orang dari masa lalu. Tapi model cerita begini menurut saya jadi seperti mempertanyakan ini ceritanya ayam dulu atau telur dulu sih? Padahal jelas-jelas sih jawabannya harusnya kan ayam dulu. Lalu, bagaimana mungkin orang dari masa depan datang ke masa lalu sedangkan masa depannya belum terjadi? Kecuali ini ceritanya di dunia terjadi multi timeline.

Cerita Ms. Marvel yang sebelumnya terasa bagus, jadi berkurang bagusnya ketika di Episode 5 Kamala diceritakan kembali ke masa lalu untuk menolon neneknya. Well, namanya cerita fantasi, kita terima saja hal yang mengganjal ini ya.

What if?

Kisah Gordon yang di tahun 2025 bersikeras tidak mau pulang karena memiliki keluarga, dan Gordon di tahun 2005 yang berhasil di bawa kembali ke masa depan juga cukup menarik. Karena Gordon yang kembali ke masa depan tidak mengalami hidup sampai tahun 2025 di bumi, dia merasa keputusan Kru Orville sudah tepat. Dia tidak merasa kehilangan sesuatu yang memang belum pernah dimiliki.

Dari sudut pandang Kapten Ed yang mengunjungi Gordon di tahun 2025, tetap saja merasa keputusannya ini jadi menyebabkan ada 2 anak yang tidak jadi lahir karena keputusan mereka kembali lagi ke tahun 2005.

Fokus ke masa depan

Dilema perjalanan waktu lebih terasa di serial The Orville daripada serial Ms. Marvel. Saya melihat bagaimana waktu dan pengalaman hidup mempengaruhi kita dalam membuat keputusan. Dalam semua cerita perjalanan waktu, disebutkan ketika kembali ke masa lalu, kita tidak boleh meninggalkan jejak yang bisa membuat masa depan berubah, karena kalau masa depan berubah, bisa-bisa ketika kembali ke masa depan, kita menemukan masa depan yang berbeda.

Menurut saya sih, dengan banyaknya aturan perjalanan waktu ke masa lalu, daripada kita melihat ke belakang lebih baik kita fokus melihat ke masa depan.

Tapi ya, namanya cerita, sah-sah saja ada cerita perjalanan waktu. Baik itu kembali ke masa lalu atau melompat ke masa depan. Semoga cerita perjalanan waktu dalam serial tv nggak mbulet, kalau mbluet mah jadi kayak Dora Emon dan Nobita yang naik mesin waktu untuk menyelamatkan mereka sendiri ke masa lalu. Apa istimewanya cerita Marvel dibandingkan Dora Emon kalau akhirnya mbulet? Hehehe..

Kalian suka dengan cerita perjalanan waktu? Ada rekomendasi tontonan tentang perjalanan waktu yang ceritanya menarik dan nggak mbulet?


Posted

in

by

Comments

One response to “Perjalanan Waktu Dalam Serial Genre Fantasi”

  1. peralatanbakery Avatar

    aku juga lagi nonton Ms Marvel, ga seberat perjalanan waktu hero yang lain karena dikemas untuk remaja ya

Leave a Reply