Doctor Strange in the Multiverse of Madness

doctor strange

Akhirnya nonton juga nih film Doctor Strange yang terbaru Multiverse of Madness. Film ini sebenarnya ada di bioskop 4 Mei 2022 yang lalu di Thailand, tapi kami memang belakangan ini terlalu malas ke bioskop dan menunggu saja film ini turun di Disney Hotstar. 

Oh ya, kalau belum pernah menonton Doctor Strange versi 2016, bisa ditonton di Disney hotstar juga, seandainya belum menonton sih nggak masalah sepertinya langsung nonton versi tahun 2022 ini.

Seperti tahu ditunggu-tunggu, film ini baru hadir di Disney Hotstar Thailand 1 Juli 2022, padahal di beberapa negara lain sudah di release sejak 22 Juni 2022 . Waktu tadi saya lihat, ada audio versi Thailand selain beberapa bahasa lain juga, mungkin karena itu maka film ini baru hadir belakangan. Tapi sayangnya nggak ada audio bahasa Indonesianya. Eh tapi, tentu saja saya menonton versi asli dengan bahasa Inggris.

Film berdurasi 126 menit ini diproduksi dengan biaya 200 juta USD dan berhasil meraih Box office 944,9 juta USD. Film ini bukan hanya menampilkan Doctor Strange sendiri, tapi ada beberapa tokoh Marvel lainnya yang dikisahkan berada di universe  yang berbeda dengan Doctor Strange.

Ceritanya juga akan lebih bisa dimengerti, seandainya mengikuti beberapa film Marvel sebelumnya seperti Spider-Man No Way Home, dan termasuk serial Wanda yang ada di Disney Hotstar. Tapi, seandainya tidak menonton juga tidak terlalu masalah sih.

Trailer

Trailer Doctor Strange Multiverse of Madness (Marvel)

Musuh utama dari Dr. Strange yang diperankan Benedict Cumberbatch adalah Wanda Maximoff, The Scarlet Witch yang diperankan Elizabeth Olsen. Dua orang dengan kekuatan sihir bertarung, jelas-jelas ini bukan film untuk anak-anak ya.

Hampir semua cerita superhero pastinya akan banyak adegan kekerasan, dan khusus untuk Doctor Strange ini, akan banyak adegan kekerasan yang menunjukkan kekuatan sihir. Apalagi Wanda Maximoff yang kekuatan sihirnya selalu dekat ke black magic.

Kesan tentang film ini

Kesan utama dari film ini adalah Marvel sangat pintar jualan tokoh-tokoh nya dengan menciptakan dunia multiverse ini. Dengan adanya konsep multiverse, siapa saja tokoh yang mereka miliki bisa dikaryakan untuk dijadikan serial ataupun dijadikan tokoh villain dalam film layar lebar lainnya. 

Entah bagaimana ceritanya, mereka punya saja akal untuk membuat semua ceritanya masih ada sambungannya. Untuk yang tidak menonton serialnya, sebenarnya tetap bisa mengikuti ceritanya dengan baik, tapi untuk yang sudah menonton serial-serialnya, film layar lebarnya terasa jadi lebih mudah dimengerti.

Saya tidak menonton semua produksi Marvel, walaupun ada juga beberapa yang saya ikuti sejak ada di Disney. Misalnya saja tokoh Wanda yang kemarin dibuatkan serial Wanda Vision. Dalam serial tersebut, Wanda dikisahkan memiliki 2 orang anak, dan kisah dalam serial Wanda Vision itulah yang menjadi latar belakang bagaimana Wanda di Doctor Strange menjadi nekat dengan perbuatannya ini.

Wanda Maximoff, The Scarlet Witch (Marvel Studio)

Kali ini, atas nama sebagai ibu yang ingin dekat dengan anak-anaknya, Wanda ingin bisa dengan mudah memasuki universe lain, karena di universe tempat dia berada, anaknya sudah tidak ada lagi.

Tokoh-tokoh Marvel yang muncul di Doctor Strange

Selain Wanda yang menjadi penjahat, ada juga tokoh bernama American Chavez yang memiliki kemampuan untuk berkelana dari satu universe ke universe lain. Kehadiran American Chavez di universe di mana Doctor Strange dan Wanda berada inilah yang menjadi cerita utama film ini. Wanda ingin mendapatkan kemampuan berkelana antar universe, sedangkan Doctor Strange berusaha melindungi American Chavez dari kejaran Wanda.

Jadi kalau Dr. Strange bisa berpindah tempat ataupun memutar waktu kembali dengan kekuatan sihirnya, American Chavez bisa berpindah universe dengan kekuatan alami. Akan tetapi dia belum bisa menguasai kekuatannya sepenuhnya, biasanya dia bisa berpindah universe hanya ketika dia merasa ketakutan dan merasa perlu kabur dari tempatnya berada.

Poster Doctor Strange in the Multiverse of Madness (Marvel Studio)

Selain itu, di universe yang berbeda disebutkan ada lagi tokoh Mordor, Profesor X, Captain America yang adalah Peggy Carter, Kapten Marvel, Fantastic Four, dan tokoh lain yang bukan avenger. Tokoh-tokoh ini nantinya akan menjadi lawan dari Doctor Strange karena di universe tersebut ternyata Dr. Strangenya dianggap berbahaya dan bisa menyebabkan kehancuran dunia dengan perjalanan multiversenya.

Cerita utama dari film Doctor Strange

 Cerita utama dari Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini ada 3 hal: 

Pertama: bagaimana Doctor Strange baru menyadari tentang keberadaan multiverse melalui mimpi. Ternyata kalau mimpi buruk yang sering dia alami itu artinya dia sedang melihat apa yang dialami oleh tokoh dirinya di universe lain. Mimpi adalah cara untuk melihat apa yang dialami oleh universe lain.

Dreams are windows into the lives of our multiversal selves.

Dr. StePHen Strange, Doctor Strange in The Multiverse of madness

Kedua: bagaimana Doctor Strange di dunia asli adalah tokoh yang benar-benar baik dan berbeda dengan tokoh-tokoh lainnya. Misi utamanya di film ini adalah menyelamatkan American Chavez yang dikejar-kejar oleh Wanda karena Wanda ingin bisa mengunjungi semua anaknya di universe lain.

Walaupun dalam perjalanannya melintasi multiverse dia harus membuka buku yang membuat Wanda jadi jahat, membangkitkan dirinya yang sudah mati melalui kekuatan sihir dan pada akhirnya dia bisa tetap menjadi orang baik.

Ketiga: tentang kebahagiaan dan cinta. Walaupun kisah cinta Doctor Strange dengan Catherine selalu hanya serba sedikit ditunjukkan, tapi ya pertanyaan terbesar adalah apaka sebagai seorang superhero dia bahagia dengan pilihan hidupnya?

Dr. Stephen Strange: “I love you. I love you in every universe. It’s not that I don’t want to care or want someone to care for me. I’m just…”

Dr. Christine Palmer: Scared. Face your fears, Doctor Strange.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Pertanyaan tentang kebahagiaan

Satu hal yang menarik dari film ini juga adalah pertanyaan tentang kebahagiaan. Dikisahkan Dr. Strange dan Christine itu sebenarnya saling mencintai, tapi mereka tidak pernah bisa mendapatkan kesempatan untuk membahas apa yang mereka rasakan. Sampai pada akhirnya Christine memilih menikah dengan pria lain. Dr. Strange dengan berat hati merelakan Christine menikah, karena dia merasa takut kalau dia tetap menjalin hubungan dengan Christine, dia akan membahayakan wanita yang dia cintai tersebut. Lagipula, menyelamatkan dunia menjadi misi utama dari Dr. Strange.

Christine bertanya apakah dia bahagia dengan pilihannya tersebut. Tentu saja dia menjawab kalau dia bahagia. Tapi sesungguhnya, dia tidak merasa yakin apakah dia memang bahagia dengan pilihannya menyelamatkan dunia daripada bersama dengan orang yang dia cintai.

Kalau menurut saya secara keseluruhan sih pembuat cerita film ini pintar dalam membuat cerita superhero dengan sentuhan romansa, dan juga memberikan kesan horor dengan magic yang diciptakan oleh buku hitam. Sebenarnya sudah disebutkan ada buku yang menjadi antitesis dari buku hitam tersebut, tapi sampai akhir fillm buku tersebut tidak berhasil didapatkan. Buku hitamnya sih pada akhirnya sudah dimusnahkan, tapi ya entahlah apakah di film berikutnya masih akan dibahas tentang buku putih tersebut.

Walau Dr. Sratrange mengaku bahagia, tak urung dia jadi mempertanyakan hal kebahagiaan ini kepada Wong.

Dr. Stephen Strange: Are you happy?

Wong: That’s an… interesting question. Sometimes I do wonder about my other lives. But I’m still grateful of this one. Even with its own tribulations.

Doctor Strange in the multiverse of madness

Kekuatan kata-kata

Film ini memang mempertunjukkan banyak adu kekuatan dengan berbagai aji-ajian sihir maupun dengan senjata. Akan tetapi, pada akhirnya, kekuatan kata-kata menjadi senjata paling ampuh mengakhiri semuanya. Tenang, saya tidak akan menyebutkan apa kata-katanya dan bagaimana kejadiannya. 

Tapi pada akhirnya memang hampir semua film super hero membutuhkan kekuatan kata-kata dibandingkan senjata. Karena ada banyak hal yang akhirnya diselesaikan dengan kata-kata, tanpa harus ada korban jiwa.

Leave a Reply