Ngobrolin Buku di Podcast Gajah Baca Buku

Gajah baca buku

Sejak belajar membuat podcast, sampai sekarang saya belum punya podcast sendiri. Masalahnya selain nggak tau mau bikin podcast apa, rasanya aneh kalau ngomong sendiri. Ilmu yang ada buat bikin podcast akhirnya dipakai buat ngajakin teman-teman lain bikin berbagai podcast.

Setelah berlatih mengedit podcast mulai dari podcast bareng temen-temen di Drakor Class, terus mengubah acara Zoom meeting Klub Buku KLIP jadi podcast dan akhirnya kemarin kepikiran bareng alumni kampus gajah lainnya buat bikin podcast buku ber-5 aja dengan nama Gajah Baca Buku.

Kenapa Namanya Gajah Baca Buku?

Pemilihan nama ini sebenernya sempat berganti entah berapa kali. Karena memang awalnya grupnya buat sekedar ngobrol apa saja dan termasuk buku. Lama-lama terpikir untuk sekalian direkam dan dibagikan. Apalagi kan emang pada dasarnya ada begitu banyak yang bisa dibicarakan dari apa yang dibaca dari buku.

Yuk kenalan dulu dengan kami, dengarkan podcast perdananya. Pastikan mendengarkan episode-episode berikutnya ya!

follow ya, ada episode baru setiap minggunya!

Jadwal Rekaman

Berhubung kami berada di 4 negara (Indonesia, Thailand, Belanda dan Perancis), mencari waktu buat rekaman ini cukup sulit juga. Apalagi setiap orang punya seabreg kesibukan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kalau soal cara rekaman sih nggak masalah, karena sekarang ini ada berbagai pilihan untuk rekaman. Setelah membuat spreadsheet, ketemu juga jadwal yang tepat untuk semua orang. Hehehe…

Setelah menemukan jadwal yang tepat untuk semua orang, kami rekaman menggunakan Streamyard. Terus kepikiran karena pakai Streayard, ya udahlah sekalian aja pakai background dan videonya di upload ke Youtube. Ini namanya sekali rekam, jadi 2 tempat untuk mempublikasikannya.

Tentu saja ini bukan sesi siaran langsung. Walaupun sebenarnya pakai siaran langsung ke Youtube dari Streamyard itu gampang banget. Tapi mendingan kita bagikan episodenya perminggu, supaya yang mendengarkan bisa mendengarkan tiap episode berkali-kali (siapa tau ada kuisnya kan). Eh sebenarnya supaya ada waktu buat mengeditnya sih, hehehe…

Setelah ditulis diobrolin lagi

Topik Buku Obrolan

Tadinya kami berpikir untuk membahas 1 buku yang dibaca bersama, lalu masing-masing mengajukan sudut pandang masing-masing. Tapi, namanya memilih buku bacaan itu kan kembali ke selera ya, belum lagi cara mengakses bukunya. Kalau harus memaksakan membaca buku yang sama tapi tidak bisa menikmatinya, ini nanti jadi kayak tugas jaman sekolah.

Akhirnya kami sepakat untuk membawa pilihan buku masing-masing yang sudah dibaca. Dengan begini malah ternyata jadi lebih menarik, karena jadi dapat banyak contekan buku untuk dibaca dan genrenya bervariasi.

Dari 3 episode buku yang sudah ditayangkan, setidaknya ada buku romance karya Mira W., ada pembahasan alter ego dari Nora Roberts dan JK Rowling, dan juga buku cerita anak-anak yang menggunakan ilustrasi karya Rembrandt. Kalau mau tau episode buku berikutnya, pastikan aja follow podcastnya di Spotify atau di Youtubenya!

Kenapa ngobrolin buku?

Karena kadang-kadang dari membaca sebuah buku, saya ingin bercerita apa hal-hal yang terpikirkan ketika membacanya. Dan ketika saya bercerita ke teman-teman di Gajah Baca Buku, kalau mereka juga sudah membaca buku dengan judul yang sama atau pengarnag yang sama, bisa jadi mereka juga punya pendapat lain yang menarik untuk didiskusikan.

Ngobrolin buku di Podcast Gajah Baca Buku ini bukan mau mereview buku, atau meresensi buku. Bukan juga mau bilang sebuah buku lebih baik dari yang lain. Kalau saya pribadi sih, tahun ini memang ingin membaca lebih banyak buku dan mencoba membaca buku fiksi juga selain non fiksi. Jadi setelah membaca biasanya saya tuliskan reviewnya, dan setelah dituliskan rasanya masih ada saja hal-hal yang ingin dibicarakan.

Melalui Podcast Gajah Baca Buku ini, kami ingin membagikan hal-hal yang terpikirkan ketika membaca dari buku yang kami baca dan juga sekaligus menceritakan sedikit isi buku yang kami baca. Harapannya sih, apa yang kami obrolkan bisa memberi manfaat untuk sesama pembaca buku lainnya, atau untuk yang sedang mencari bahan bacaan berikutnya.

3 thoughts on “Ngobrolin Buku di Podcast Gajah Baca Buku

    1. Hehehe makasih teh dewi, ini dalam rangka menyebarkan kesukaan membaca, sekaligus sesekali buat temu kangen dengan alasan ngobrolin buku, hehehe…

Leave a Reply