Membuat Blog dari WordPress App di Ponsel

selective focus photography of person holding iphone displaying white screen

Hari ini saya iseng mencoba membuat blog gratisan WordPress.com langsung dari aplikasi WordPress mobile alias dari ponsel. Ternyata, kalau sudah punya akun wordpress.com, untuk membuat blog berikutnya itu sangat gampang.

Jadi walaupun saya sudah pernah menuliskan cara untuk membuat blog wordpress.com yang gratisan, kali ini saya menuliskan membuatnya dari aplikasi wordpress mobile. Dengan aplikasi mobile ini, memang jadi mudah sekali mengelola punya blog wordpress banyak sekalipun.

Baca sampai selesai ya kalau mau tahu caranya. Baca juga tulisan saya tentang ngeblog “on the go” dengan aplikasi WodrPress di ponsel.

Membuat situs blog baru

Dari Aplikasi WordPress, bagian memilih situs, tekan tanda plus (+). Lalu pilih create WordPress.com site

Memilih desain blog

Langkah berikutnya pilih desain halaman situs yang kita inginkan. Ada beberapa pilihan yang tersedia di wordpress. Karena niatnya membuat blog, ya salah pilih blog. Bagian ini bisa diubah kemudian, jadi ya pilih saja mana yang diinginkan.

Kalau lagi agak bingung, bagian ini bahkan bisa dilewati saja. Kita selalu bisa mengubah desainnya dengan memilih template/themes yang banyak tersedia.

Di bagian ini terlihat hanya sedikit pilihan desain, tapi nantinya bagian ini bisa diubah dan ada lebih banyak pilihan. Makanya untuk tahap awal, bisa pilih yang mana saja. Saya memilih contoh blog makanan.

Pilih alamat blog

Pilihlah nama yang diinginkan. Karena saya selalu bingung cari nama, ya saya pakai saja risnainfo lagi.

Saat ini wordpress.com menyediakan beberapa subdomain lain selain yang berakhiran WordPress.com. Saya tetap memlih subdomain wordpress.com supaya mudah diingat.

Sampai dengan langkah ini, situsnya sudah jadi, saatnya untuk mengganti tulisan yang ada di dalam template yang saya pilih, termasuk mengganti foto yang ada. Ketika pertama diciptakan, wordpress sudah akan memberikan tulisan dan gambar-gambar contoh yang bisa kita kustomisasi. Mudah sekali kan!

Menyesuaikan blog sesuai keinginan

Ada 6 langkah yang bisa dilakukan untuk kustomisasi, tapi sebenarnya kalau tidak sabaran, situs kita sesuai nama domain sudah terbentuk. Dan bisa saja langsung ke bagian yang diinginkan.

Tentukan Judul Situs

Langkah pertama memberikan nama untuk situs kita. Saya memilih nama Catatan Risna, lagi-lagi karena saya kurang kreatif cari nama. Nama ini nantinya bisa diganti.

Silakan pilih nama situs sesuai dengan apa yang akan kita isi menjadi topik utama blog kita. Sebaiknya sebuah blog itu spesifik membahas masalah tertentu, tapi sejauh ini saya tidak bisa menulis blog yang isinya hal yang sama melulu.

Tambahkan Icon

Langkah berikutnya, kita diminta untuk meng-upload icon untuk situs tersebut Kalau si blog saya ini, iconnya ya yang berwarna kekuningan, tapi di blog yang baru tersebut saya skip saya. Hal ini bisa dilakukan belakangan.

Untuk icon, kita akan diminta mengupload gambar dengan resolusi 512×512 pixels. Bisa gambar apa saja, biasanya bisa juga disamakan dengan logo.

Ubah halaman depan

Langkah berikutnya adalah mengubah halaman depan. Pilih Pages. Pada awalnya akan ada 2 halaman: Home dan halaman Blog. Untuk mengubah bagian halaman depan gambar kita bisa mengubah halaman Home.

Kita bisa mengubah semua tulisan dan gambar yang ada di depan ini. Sesuai dengan apa yang kita mau. Atau bagian ini juga bisa diubah kemudian ketika kita sudah mengganti desain template/ themes.

Untuk langkah mereview halaman dan juga melihat halaman, bisa dilakukan sambil mengubah desain template.

Mengubah Desain/ Themes

Dari menu depan, pilih Themes. Kita bisa memilih yang ditawarkan atau memasukkan nama Themes yang kita sudah tahu. Sebagai contoh, saya memilih: Hexa.

Setelah menemukan template yang ingin dipakai, kita bisa mencoba dan mengubahnya atau langsung saja diaktivasi untuk melihat perubahannya.

Pada dasarnya semua hal masih bisa diubah dari menu themes atau appeareance dan akan berubah di situs kita ketika kita simpan perubahannya. Dari menu yang ada, saya bisa mengubah judul situs, warna, background, huruf dan lain sebagainya. Silakan mencoba-coba saja. Simpan perubahan lalu kunjungi situsnya sesuai dengan nama yang dipilih.

Mengubah Header Image Blog

Beberapa template memberikan menu untuk menambahkan gambar di paling atas situs. Jika kita tidak menginginkannya kita tidak perlu melakukan langkah ini. Ada beberapa header image disediakan, kita bisa langsung memilihnya atau bisa juga mengunggah gambar dengan ukuran yang ditentukan untuk header image ini.

Masing-masing template akan memiliki ukuran dan hal yang berbeda yang bisa dikustomisasi. Karenanya kita yang perlu mencoba berbagai template yang sesuai. Sediakan waktu yang cukup karena tidak terasa memilih template ini bisa lama.

Mengatur halaman utama

Ketika baru dibuat, biasanya halaman utama itu terdiri dari page home dan tulisan blog ada di bagian terpisah. Terkadang navigasi ini berguna kalau kita ingin memiliki halaman depan yang berbeda seperti website yang terpisah dari tulisan blog. Akan tetapi, kalau kita hanya ingin memiliki blog biasa saja dengan menempatkan tulisan terbaru selalu di paling atas, kita bisa mengubah pengaturan halaman utama menampilkan tulisan blog terbaru.

Berikut ini contoh tampilan situs ketika halaman utama dan blog terpisah. Dari halaman depan kita bisa menambahkan link ke halaman-halaman lain. Biasanya halaman blog akan terpisah.

Setelah diubah pengaturan settingnya, halaman depan akan langsung menampilkan halaman blog post dan tidak ada lagi halaman lebih depannya.

Penutup

Niatnya ingin membuat tulisan singkat, ternyata karena keasikan ganti-ganti template ya jadi agak panjang juga. Oh ya, blog iseng yang saya buat dari ponsel tadi bisa dilihat di alamat risnainfo.wordpress.com ya.

Masih banyak hal yang menarik dari blog wordpress ini. Kapan-kapan kalau rajin saya tuliskan lagi. Ada permintaan topik tertentu untuk dituliskan?

One thought on “Membuat Blog dari WordPress App di Ponsel

Leave a Reply