Membuka Rekening Jenius Secara Online

website jenius

Setelah membuka rekening BCA secara online (dari Thailand) dan membuka rekening Ajaib untuk investasi, hari ini saya membuka rekening Jenius yang merupakan produk banking dari BTPN.

Membuka rekening Jenius ini bisa dilakukan sepenuhnya secara online menggunakan aplikasi yang diunduh dari playstore untuk ponsel android atau iStore untuk ponsel iPhone. Atau bisa juga ke situs Jenius dan dari sana pilih tempat untuk mengunduh aplikasinya.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar itu KTP, nomor selular Indonesia dan alamat email yang aktif. Oh ya, di minta NPWP juga, tapi kalau tidak punya, bisa menggunakan NPWP pasangan, atau orang tua. Waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 30 menit dan tentunya ponsel pintar yang memiliki kamera untuk video call dengan petugas ketika aktivasi dan koneksi internet yang lancar.

Disclaimer: tulisan ini bukan iklan dan sekedar catatan pengalaman saya, dan saya tidak dibayar untuk menuliskan ini.

Dari melihat berbagai fitur yang tersedia, menurut saya produk banking Jenius dari BTPN ini sesuai namanya cukup jenius. Selain bisa untuk menabung, dia juga menyediakan berbagai kartu yang sifatnya elektronik maupun fisik untuk berbagai transaksi online. Bukan mengajak untuk belanja dan berbagai transaksi yang biasanya dilakukan melalui aplikasi perbankan saja, mereka juga menyediakan layanan investasi dan juga pencatatan keuangan. Dengan kata lain, mereka mengajak para penggunanya untuk lebih jenius dalam pengelolaan keuangannya.

Kenapa Membuka Rekening Jenius?

Sebelum ke tahapan membuka rekeningnya, saya menuliskan dulu kenapa alasan saya membuka rekening Jenius, padahal sudah punya rekening di BCA. Awalnya sih alasan saya semata-mata butuh kartu e-Card yang sebenarnya kartu debit non fisik tapi bisa berfungsi seperti kartu kredit di jaringan merchant Visa. Kami memang tidak membiasakan diri memakai kartu kredit, tapi ada kalanya kartu ini dibutuhkan. Jadi e-Card dan kartu debit dari Jenius ini seperti solusi buat kami yang butuh kartu untuk transaksi online, tapi tidak ingin punya kartu kredit.

Selain kartu virtual e-Card, Jenius juga menyediakan kartu fisik m-Card dan x-Card yang semuanya bisa direquest dari aplikasi Jenius juga. Tapi, karena saya belum membutuhkan kartu fisik, saat ini saya cukup dengan kartu elektronik saja.

Jenis kartu dari jenius dan perbedaanya (sumber: Jenius.com)

Tapi ternyata, setelah saya berhasil daftar dan melihat fitur yang tersedia di dalamnya, termasuk transfer antar bank tanpa biaya sebanyak 25 kali di 2 bulan pertama. Sisanya sih sudah tentu ada biaya kalau antar bank, tapi untuk sesama pemakai Jenius, tetap gratis pastinya.

Fitur yang juga menarik, selain bisa dipakai untuk membayar berbagai tagihan, mengisi e-wallet yang sepertinya sudah ada banyak jenisnya di Indonesia, adalah kita bisa transfer ke sesama pengguna Jenius tanpa harus mengetahui nomor rekening yang biasanya angkanya susah diingat. Kita bisa mengirimkan berdasarkan cashtag (ini sejenis user id), alamat email ataupun nomor ponsel dari tujuan kita. Buat ini semua sudah jelas sih petunjuknya di websitenya.

Oh ya ada lagi fitur untuk tabungan dalam mata uang asing dan membuat deposito yang kita tentukan sendiri jangka waktunya. Tapi karena saya belum mencoba, saya belum bisa cerita banyak tentang ini. Nanti kalau sudah dicoba saya ceritakan ya.

Cara membuka rekening Jenius secara online

Nah sekarang langsung saja ke bagian cara membuka rekening Jenius secara online. Seperti saya sudah sebutkan, sediakan KTP (fisiknya), NPWP (kalau tidak punya, bisa dikosongkan dan diperbaharui kemudian menggunakan data suami atau orangtua). Lalu, pastikan koneksi internet bagus, ponsel ada kameranya, dan tentunya punya nomor selular Indonesia dan alamat email yang aktif.

Unduh Aplikasi Jenius

Aplikasi Jenius bisa diunduh dari playstore/istore, atau silakan buka website Jenius.com dan unduh aplikasi dari bagian Get Jenius atau dari bagian Download Sekarang.

website jenius
Unduh aplikasi dari website Jenius.com

Buat Akun Jenius

register jenius
Pilih register untuk membuat akun baru

Berikutnya lakukan pendaftaran untuk membuat akun Jenius. Sebenarnya, semua sudah jelas sekali di video maupun gambar yang ada di website Jenius, tapi baiklah akan saya tuliskan lagi langkah-langkahnya.

  1. Isi data pribadi berupa e-mail dan nomor ponsel (Indonesia) yang aktif.
  2. Kita akan diminta konfirmasi bahwa data yang dimasukkan sudah benar sekali lagi
  3. Buka email dan masukkan OTP yang dikirimkan oleh Jenius ke email yang didaftarkan.
  4. Foto KTP dan ini bisa diambil beberapa kali sampai merasa fotonya cukup bagus
  5. Isi data sesuai KTP.
  6. Isi data detail untuk kegunaan akun nantinya, bisa untuk personal ataupun bisnis.
  7. Personalisasi akun jenius dengan memasukkan cashtag yang berupa id/ tidak harus nama lengkap atau nama sebenarnya yang memudahkan untuk sesama pengguna Jenius mengirimkan dana nya (ada yang mau kirim dana ke saya? kirim ke $risnainfo hehehe)
  8. Pilih nama untuk di kartu debit Jenius
  9. Buat password dan pin untuk perangkat
  10. Masukkan referral code kalau ada atau masukkan cashtag teman yang merekomendasikan (kalau ada yang mau masukkan referral code saya $risnainfo)
  11. Verifikasi nomor ponsel yang kita daftarkan dengan mengirimkan link melalui sms ke ponsel
  12. Ikuti instruksi yang ada di ponsel (klik klink dan masukkan nomor yang disebutkan di sms), lalu kembali ke aplikasi Jenius untuk mengaktivasi akun.

Aktivasi Akun Jenius

Ada 2 pilihan untuk aktivasi akun Jenius, pilihan pertama aktivasi melalui video call, pilihan lainnya datang ke lokasi Jenius dan cabang BTPN. Untuk saya, sudah tentu pilihannya adalah menggunakan video call.

Ketika video call, petugas akan mengkonfirmasi lagi semua data kita dan meminta kita menunjukkan KTP fisik melalui kamera belakang ponsel. Selanjutnya kita juga dipotret secara remote dengan menggunakan kamera depan ponsel dan memegang ktp kita di depan kamera.

Proses aktivasi ini juga berlangsung sebentar. Lalu diberitahukan kalau proses aktivasi berhasil, kita akan dikirimin email. Jika kita tidak menerima e-mail dalam waktu 1 hari kerja, kita bisa menghubungi mereka kembali.

Tidak lama setelah aktivasi melalui video call, saya menerima email dan akun Jenius saya sudah diaktivasi dan bisa digunakan. Eh tapi, jangan lupa, saldonya masih kosong, hehehe…

Mengisi Saldo Jenius

Untuk mengisi saldo Jenius, tentunya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk transfer dana dari bank lain bisa dilakukan dengan cara mengirimkan dana ke bank BTPN dengan nomor rekening yang sudah didapatkan. Atau memasukkan Kode bank BTPN 213 diikuti dengna nomor rekening Jenius.

Cara berikutnya bisa juga menerima dana dari sesama pengguna akun Jenius dengan memberi tahu nomor kita atau cashtag tadi.

Kalau misalnya berada di Indonesia, bisa juga langsung datang ke lokasi Jenius atau bank BTPN untuk setor tunai ataupun melalui mesin EDC bank BTPN.

Penutup

Sebenarnya, cukup menarik ya layanan seperti ini. Dengan menjadi pengguna Jenius, kita secara otomatis menjadi nasabah bank BTPN, tapi ya tidak harus repot-repot ke banknya, semua bisa dilakukan secara online. Bank BTPN ini juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), jadi saya merasa layanan ini cukup aman.

Semboyan dari Jenius ini juga mengajak kita untuk hidup simpel, dan memang proses pendaftaran sampai aktivasinya terasa mudah, tanpa susah. Kita lihat bagaimana pengalaman ke depan saya dengan Jenius ini, apakah benar-benar seperti harapan, tetap simpel dan mudah dan apakah membuat saya menjadi lebih Jenius dalam mengelola keuangan?

One thought on “Membuka Rekening Jenius Secara Online

Leave a Reply