Mengelola Multi Blog dengan WordPress Mobile App

Tulisan kali ini buat kamu yang punya beberapa blog WordPress. Buat para bloger yang aktif menulis di blog pribadi selain blog komunitas yang juga memakai WordPress. Dan buat bloger yang sering bingung mengingat terlalu banyak akun dan sandi.

Atau buat kamu yang diminta menjadi admin dari blog komunitas, tapi tidak selalu bisa duduk di depan komputer untuk membantu menyetujui tulisan atau komentar yang masuk. Aplikasi WordPress untuk mobile salah satu aplikasi yang wajib ada di gawai ponsel kamu.

Saya sudah menulis cukup lengkap tentang WordpPress Mobile App ini, mulai dari instalasi sampai dengan menerbitkan tulisan. Saya juga sudah menuliskan fitur-fitur yang bikin aplikasi ini wajib dimiliki bloger yang ngeblog di WordPress.

Kalau sudah bisa menambahkan 1 blog, tentunya tidak masalah ya menambahkan beberapa blog ke aplikasi ini. Sekalian deh saya tuliskan tips mengelola beberapa blog WordPress dengan memanfaatkan aplikasi WordPress Mobile ini.

Kenapa punya banyak blog?

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa punya lebih dari 1 blog? Kebanyakan orang memang mengelola 1 blog saja tidak bisa selalu memperbaharui blog dengan rutin. Tapi, ada juga kok orang yang gak cukup punya hanya 1 blog.

Setelah aktif mengupdate 1 blog yang merupakan blog saya bareng suami, saya bertemu dengan teman-teman komunitas yang mengajak untuk menulis bareng di blog bersama. Jadilah saya bertambah menulis di 2 blog bersama, yaitu Drakor Class dan Mamah Gajah Ngeblog.

Karena merasa sudah bisa mengelola waktu untuk mengupdate rutin blog pribadi dan 2 blog komunitas (saya tidak harus tiap hari menulis di blog komunitas), saya memutuskan untuk mengaktifkan 1 lagi blog pribadi saya ini, yang berisi catatan belajar dan hobi. 

Untuk teman-teman bloger, terkadang menambah blog karena alasan lain. Misalnya saja karena ingin menulis tentang hal tertentu, seperti jalan-jalan, makanan, atau sekedar blog cerita-cerita.

Tips mengelola banyak blog dengan aplikasi WordPress mobile

Saat ini, saya membatasi diri mengelola 2 blog pribadi dan 2 blog komunitas. Semuanya memakai WordPress engine dan memakai domain berbeda-beda. Aplikasi WordPress mobile membantu banget untuk saya bisa aktif menulis di 4 blog tersebut.

Instal plugin jetpack dan login dengan akun wordpress.com

Untuk menambahkan beberapa blog saya ke aplikasi WordPress mobile, saya login menggunakan akun wordpress.com.

Sebenarnya, bisa saja saya menambahkan satu demi satu akun blog saya dengan memasukkan nama akun dan kata sandinya ke aplikasi WordPress Mobile. Tapi, untuk mendapatkan fitur jetpack dan kemudahan, ada baiknya memiliki login menggunakan e-mail yang sama dengan akun wordpress.com.

Semua blog tersebut, sudah diinstal plugin jetpack. Kalau misalnya masih ada blog yang belum masuk, kita bisa tambahkan dengan cara pilih connect another site.

akun wordpress
Login ke aplikasi dengan akun wordpress

Bagaimana kalau belum punya akun WordPress? Ya tinggal bikin aja, gunakan e-mail yang sama dengan akun blog yang lain.

Aktifkan Notifikasi Komentar

Salah satu fitur yang terasa sangat berguna untuk saya yang punya lebih dari 1 blog adalah, saya bisa menerima semua komentar yang masuk dalam 1 aplikasi. Tidak perlu khawatir ketika membalasnya, akan dibalas sesuai dengan akun saya di blog tempat komentar berada.

Sebagai admin dari salah satu blog komunitas, saya juga bisa dengan segera mengetahui apabila ada komentar masuk untuk dibalas, ataupun untuk moderasi atau persetujuan komentar.

Melihat statistik tulisan

Kalau itu blog pribadi, otomatis kita menjadi admin dari blog tersebut. Setelah menginstal aplikasi jetpack di blog, salah satu fitur yang bisa kita lihat dari aplikasi WordPress mobile adalah melihat statistik pengunjung.

statistik pengunjung
Contoh Insight dari statistik blog

Karena saya menjadi admin di salah satu blog komunitas, saya juga bisa melihat statistik dari pengunjung yang datang ke blog komunitas tersebut. Saya bisa tahu tulisan mana yang ramai dikunjungi dan mendapat saran hari apa dan jam berapa yang paling banyak pengunjungnya.

Blog gratisan di wordpress.com bisa ditambahkan juga

menambahkan blog
Menambahkan blog gratisan ataupun self-hosted di aplikasi WordPress Mobile

Oh ya, sebagai catatan. Untuk yang memakai blog gratisan di wordpress.com, bisa juga kok menggunakan aplikasi ini.

Satu akun wordpress.com bisa memiliki beberapa blog gratisan maupun berbayar? Dan kalau semuanya memakai akun wordpress dengan alamat e-mail yang sama, semuanya makin mudah mengaksesnya dari dalam gawai.

Kemudahan lainnya dari aplikasi WordPress mobile sih terutama karena bisa menulis kapan saja dan di mana saja atau sekedar menjadwalkan langsung dari gawai saat saat tidak membawa laptop.

Jadi, untuk siapa saja yang ingin aktif mengupdate blog nya, dengan adanya aplikasi WordPress mobile ini, semoga bisa semakin semangat untuk ngeblog. Karena tentunya, kita bisa punya beberapa draft di masing-masing blog, dan kalau sudah selesai draftnya, ya tinggal dijadwalkan saja tulisannya kemudian.

Buat yang menggunakan blog WordPress, baik yang gratisan ataupun self-hosted, sudahkah kamu memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat kegiatan ngeblog makin seru?

risna

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

Leave a Reply

%d bloggers like this: