Posting Otomatis Blog WordPress ke Media Sosial

Salah satu kenapa saya suka dengan engine WordPress dibandingkan Blogger adalah adanya berbagai plugin yang mempermudah kenyamanan ngeblog.

Selain plugin Guest Author untuk memberi profil penulis tamu, dan plugin Easy Table of Contents untuk menambahkan daftar isi, saya juga menginstal plugin Jetpack. Ada banyak sekali fitur dari plugin Jetpack, tapi kali ini saya akan menuliskan fitur posting otomatis ke Media Sosial.

Walaupun dulunya saya bukan bloger yang selalu rajin membagikan tulisan saya ke media sosial, tapi sejak mengelola Drakor Class, saya jadi mengulik fitur berbagi link tulisan secara otomatis ke media sosial.

Hari ini saya mau menuliskan tentang fitur posting otomatis dari WordPress ke Media Sosial dengan menggunakan fitur Publicize dari plugin Jetpack.

Plugin Jetpack di WordPress

Plugin di WordPress merupakan program atau modul tambahan yang bisa ditambahkan ke engine WordPress dan bisa dari berbagai penyedia.

Kita hanya bisa menginstal plugin untuk wordpress yang dihosting berbayar atau biasanya dikenal dengan sebutan self-hosted ataupun top level domain (TLD).

Untuk blog WordPress gratisan (yang alamatnya berakhiran .wordpress.com, sampai saat ini belum bisa menambahkan plugin).

Ada banyak sekali fitur yang dimiliki oleh plugin Jetpack ini, hari ini saya akan menuliskan spesifik untuk fitur Jetpack yang bisa membagikan tulisan dan link dari blog WordPress kita ke akun media sosial yang kita miliki.

Tujuannya, ketika kita memublikasikan tulisan kita di WordPress, secara otomatis tulisan tersebut akan dipromosikan langsung di media sosial kita. Jadi, kita tidak perlu login dan menuliskan lagi secara manual untuk membagikan tautan ke tulisan kita.

Berikut ini contoh hasil posting otomatis yang tampil di Facebook Page Yohanes & Risna dan twitter saya ketika saya publish tulisan dari blog ini.

Jaman sekarang ini, kita perlu untuk menyebarkan tulisan kita di media sosial, tentunya untuk mengundang pembaca datang ke tulisan kita. Jumlah karakter untuk publikasi ini bisa sampai 255 karakter.

Seandainya ada tulisan dari blog yang tidak ingin dibagikan di media sosial, tetap ada pilihan untuk tidak membagikannya. Kalau hanya ingin membagikan ke twitter saja, ada pilihan untuk menonaktifkan membagikan tulisan ke Facebook ketika melakukan publikasi tulisan.

Mengaktifkan Jetpack Publicize

Langkah pertama untuk menggunakan fitur ini sudah pasti kita perlu menginstal dan mengaktifkan plugin jetpack.

Plugin Jetpack ini bisa diinstal secara gratis dan ada fitur berbayarnya juga. Fitur publicize untuk membagikan tulisan ke media sosial termasuk fitur dari versi gratisnya.

Setelah plugin jetpack ditambahkan, langkah berikutnya dari menu Jetpack, pilih bagian sharing dan aktifkan koneksi publicize. Geser toggle untuk membagikan posting otomatis ke media sosial (Automatically share your posts to social networks).

Selanjutnya pilih menu connect your social media account.

Jetpack Sharing, publicize connections

Cara lainnya, dari menu Tools, kita bisa memilih menu membagikan ke media sosial sepereti gambar di bawah ini.

Share ke Media Sosial

Kalau misalnya koneksi publicize belum diaktifkan, akan ada permintaan untuk mengklik Enable seperti gambar berikut ini.

Enable publicize jetpack

Mengatur Koneksi ke Media Sosial

Berikut ini pilihan media sosial yang bisa terkoneksi secara otomatis dari wordpress. Setiap kali kita mempublikasikan tulisan, maka semua media yang kita hubungkan juga akan akan posting otomatis seperti contoh di bagian atas.

Kebanyakan akan menghubungkan ke Facebook Page dan Twitter saja. Untuk koneksi ke Instagram sifatnya bukan posting, tapi supaya widget dari posting Instagram bisa tampil di blog wordpress.

Media yang bisa dihubungkan

Sharing ke Facebook Page dan Twitter

Untuk bisa sharing ke Facebook Page dan Twitter, bisa langsung pilih menu connect. Selanjutnya tentu akan diminta untuk login ke profil Twitter dan Facebook Page yang ingin dihubungkan.

Berikut ini contoh ketika saya memilih connect ke akun twitter. Akan ada pertanyaan untuk mengijinkan wordpress mengakses akun twitter saya dan apa saja yang akan dilakukan aplikasi ini.

Authorize wordpress mengakses akun

Kalau saya belum login ke twitter saya, maka saya akan diminta login dulu. Kalau dalam browser yang sama, saya login ke beberapa akun twitter, setelah saya pilih Authorize App, akan ada pertanyaan akun mana yang ingin dihubungkan.

Koneksi ke twitter berhasil

Setelah koneksi berhasil akan ada pemberitahuan kalau twitter sudah terkoneksi ke wordpress.

Untuk mengkoneksikan Facebook page dan media sosial lainnya kurang lebih akan sama prosesnya.

Publikasi Tulisan dari WordPress

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah ketika akan mempublikasikan tulisan, kita harus memilih apakah memang kita ingin tulisan itu dibagikan ke sosial media yang sudah kita hubungkan.

Tulisan saya tidak selalu saya bagikan ke Facebook Page. Untuk twitter, akan ada pilihan juga mau membagikan sebagai sebuah post atau beberapa post.

publish ke twitter dan fb dari wordpress
Pengaturan sebelum publikasi

Secara default tulisan yang dibagikan di media sosial adalah judul dari tulisan kita, akan tetapi kita bisa menambahkan atau mengurangi caption dari tulisan tersebut sebelum publikasi wordpressya.

Dengan fitur ini, kita tidak perlu secara manual membagikan lagi tulisan kita ke media sosial. Tapi, terkadang harus hati-hati. Kemarin saya lupa kalau semua posting saya otomatis dibagikan di media sosial, dan saya sedang bereksperimen ujicoba testing, dan akhirnya terbagikan secara otomatis.

Untung saja posting di media sosial bisa dihapus manual, tapi tetap saja fitur ini bisa bahaya kalau akun wordpress kita dibajak orang dan jadinya bisa-bisa media sosial kita dibanjiri dengan posting yang tidak diinginkan.

Kira-kira kamu mau pakai posting otomatis begini juga nggak? Atau lebih suka membagikan tulisan secara manual ke media sosial?

risna

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

9 thoughts on “Posting Otomatis Blog WordPress ke Media Sosial

  • July 30, 2021 at 10:57 pm
    Permalink

    Manual aja, soalnya kalau curcol biar gak dibaca sejagat raya. Aish, baru ingat gak main sosmed lagi, jadi kurang kontekstual hihihihi…

    Reply
  • July 31, 2021 at 1:09 am
    Permalink

    Pengen juga jadinya pakai jetpack. Tadinya mikir kayanya berat pakainya. Cuma praktis ya. Dan mau juga cobain jadi thread twitter

    Reply
  • July 31, 2021 at 9:05 am
    Permalink

    Manual tehh kalau blog pribadi, kadang ga semua tulisan ingin dibagiin ke socmed ? Kecuali di blog bisnis memang dibagiin otomatis sebagai branding juga hihi.

    Reply
  • July 31, 2021 at 9:06 am
    Permalink

    Manual tehh kalau blog pribadi, kadang ga semua tulisan ingin dibagiin ke socmed ? Kecuali di blog bisnis memang dibagiin otomatis sebagai branding juga hihi.

    Reply
  • July 31, 2021 at 9:06 am
    Permalink

    Manual tehh kalau blog pribadi, kadang ga semua tulisan ingin dibagiin ke socmed ? Kecuali di blog bisnis memang dibagiin otomatis sebagai branding juga hihi.

    Reply
  • July 31, 2021 at 9:28 am
    Permalink

    Baguss informasinya. Makasih ya teh. Untuk sekarang aku masih pakai wp.com sih, info ini akan aku simpan buat nanti kalo sudah pindah ke .org insya Allah

    Reply
  • July 31, 2021 at 9:41 am
    Permalink

    Trimakasih ya Risna sudah membagikan secara teknis cara posting otomatis blog wordpress ke socmed. Ini seolah bisa membaca pikiran saya bahwa saya sering kesulitan dalam hal-hal teknis begini. Ehehe.

    Akan saya ikuti one by one langkah ini ketika suatu saat nanti berpikir untuk upgrade ke yang berbayar. Sayangnya saya tidak punya akun Facebook dan Twitter. Dan selama ini hanya share kecil-kecilan di WA status setiap selesai menulis.

    Sebagai jawaban pertanyaan Risna di baris terakhir, saya sama dengan para mamah lainnya, pilih yang MANUAL saja lah, takutnya ada yang belum diedit secara mendetail, lalu ada kata-kata yang insulting, vulgar, atau mengandung SARA, waduh gawat ehehe.

    Reply
  • July 31, 2021 at 4:35 pm
    Permalink

    Thank you for sharing this Risna, aku tuh paling males ngulik ngulik fiture di wordpress, nanti mau cobain ah.

    Tapi kayanya karena sekarang masih personal blog sepertinya mendingan manual aja kalau mau share. Mungkin nanti kalau buat blog untuk bisnis yang sampai saat ini masih wacana 😀

    Reply
  • July 31, 2021 at 10:03 pm
    Permalink

    Duh karena banyak baca yang mengulas fitur fitur WordPress, aku semakin tergoda ingin pindah ke wordpress. Tapi males ngulik #teteup.
    Kalau aku karena nggak main sosmed jadi paling share tulisan Blog di…. status WA ? Sungguh tak kece. Mungkin harus mulai bikin IG ya ? Nuhun teh postingnya menambah pengetahuan ?

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: