Posted in blog, info, wordpress

Plugin Guest Author: Memberi Profil untuk Penulis Tamu di WordPress

Salah satu yang membuat saya senang menggunakan blog dengan engine WordPress adalah, selalu ada plugin yang bisa ditambahkan sesuai kebutuhan. Untuk fungsi yang sama, kita punya beberapa pilihan.

Kemarin, saya senang sekali menemukan plugin Guest Author di WordPress yang bisa menambahkan profil untuk penulis tamu tanpa menambahkannya sebagai user di situs kita.

Profil Penulis Tamu Untuk Blog Keroyokan

Salah satu blog keroyokan yang saya kelola, Drakorclass, menerima penulis tamu. Selama 6 bulan sejak launching, blog tersebut diupdate tulisannya setiap hari. Tulisan masuk berdasarkan komitmen dari anggotanya dan juga dari beberapa penulis tamu.

Jadi sejak awal saya sudah membuat user untuk masing-masing penulis dan sebuah user untuk penulis tamu. Setiap user bisa diisi profil penulisnya. Akan tetapi selama ini saya tidak menemukan format untuk penulis tamu.

Dengan adanya plugin Guest Author ini, saya bisa menampilkan foto dan deskripsi penulis. Selain itu saya bisa memberi tambahan link ke situs dari penulis tamu tersebut.

Cara Memberi Profil untuk Penulis Tamu

Pertama sekali, tentunya kita harus menginstal plugin Guest Author di blog wordpress kita. Berikut ini contoh salah satu tulisan tamu di blog drakorclass.

Tulisan Mengenal machine learning dari drama Start up merupakan salah satu tulisan tamu. Berikut ini tampilan dari profil penulis yang terlihat di blog sebelum saya menggunakan plugin Guest Author.

profil penulis sebelum diisi dengan plugin Guest Author
sebelum memakai plugin Guest Author

Setelah saya menginstal plugin Guest Author, saya perlu menyunting tulisan tersebut. Dari bagian setting post, saya cari bagian user. Pindah ke tab Guest dan mengisi nama, url, deskripsi dan foto dari penulis tamu.

mengisi informasi Guest di setting post
isi di bagian setting post, lalu update

Setelah informasi Guest diisi, saya mengupdate tulisannya. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar berikut ini. Bagian nama di profil ini bisa diklik dan mengarah ke link yang dimiliki penulis tamu.

profil penulis setelah diisi dengan plugin Guest Author
setelah diisi profil dengan plugin Guest Author

Seperti halnya penulis tetap, di bagian bawah tulisan biasanya juga ada lagi informasi singkat dari penulis. Bagian ini akan ditampilkan juga seperti halnya dengan para penulis tetap yang memiliki user login ke situs.

profil penulis setelah diisi dengan plugin Guest Author
Tambahan profil penulis di bagian bawah artikel

Untuk pengunjung blog, yang mungkin tidak datang secara rutin, mereka tidak perlu tahu apakah penulis tersebut adalah tamu di blog kita. Tapi dengan adanya informasi penulis seperti ini, sudah jelas buat pembaca siapakah penulis dari artikel yang dibaca.

Penutup

Plugin Guest Author ini sebenarnya bukan saja untuk blog keroyokan, tapi bisa juga untuk menerima penulis tamu di blog pribadi seperti ini sebagai sarana untuk mendatangkan pengunjung ke blog tamu tersebut misalnya. Jadi kepikiran, siapa tahu suatu hari nanti ada yang ingin menjadi penulis tamu di blog saya ini, hehehe.

Plugin Guest Author ini intinya menimpa profil dari user yang login dan menggantikannya dengan informasi dari tab Guest. Jadi, misalnya blog pribadi kita tidak punya user tambahan sekalipun (seperti halnya login Guest di Drakorclass), kita tetap bisa menuliskan informasi dari penulis tamu tersebut di artikel yang dituliskan. Tujuannya supaya jelas siapa nama penulis dari artikel tersebut tanpa menambahkannya sebagai user.

Ada banyak plugin lainnya di WordPress. Saya menemukan plugin Guest Author ini secara tidak sengaja ketika berbenah blog risna.info ini. Kapan-kapan saya akan menuliskan plugin lainnya yang saya gunakan di berbagai blog WordPress yang saya pakai.

Oh ya, plugin wordpress yang banyak ini tersedia untuk blog yang sudah self-hosted alias yang menggunakan domain berbayar, bukan blog WordPress gratisan. Bukan lagi ngiklan blog berbayar, tapi mau bilang kalau sudah bayar domain dan hosting ya sekalian dimanfaatkan dengan baik.

Author:

A blogger who likes to learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *