Posted in blog, info

Setelah 11 Tahun, Akhirnya Risna.info Diupdate Lagi

Setelah 11 tahun lebih blog ini tidak ditoleh sama sekali, akhirnya saya memutuskan untuk kembali mengisi blog risna.info ini. Semoga kali ini tidak akan dibiarkan terbengkalai lagi.

Menulis dengan bahasa Indonesia

Bertahun-tahun blog ini dibiarkan begitu saja, alasan awalnya karena saya malas menulis dengan bahasa Inggris. Akhirnya saya memutuskan untuk meneruskan mengisi blog ini dengan menuliskan dalam bahasa Indonesia saja.

Pada dasarnya, tulisan di blog ini isinya seputar hobi yang akhirnya membuat saya belajar hal-hal baru yang saya pelajari. Bukannya saya orangnya cepat bosan, tapi setelah punya anak, saya sempat kehilangan semangat untuk meneruskan menulis blog, apalagi merajut.

Sempat terpikir untuk meneruskan kembali dengan bahasa Inggris, beberapa kali juga berusaha memulai merajut dan menjahit lagi. Tapi, akhirnya urusan merajut dan menjahit mulai ditinggalkan lagi. Untungnya, saya masih tetap rajin menulis.

Tulisan lama sengaja tidak dihapus

Setelah sempat beberapa tahun tidak menulis blog, saya mulai rajin menulis blog kembali di tahun 2018. Awalnya untuk mengisi di blog yang saya isi bersama dengan suami.

Awalnya, saya berlatih menulis seminggu sekali, lama-lama saya bisa menulis setiap hari. Bahkan ada masanya saya mengupdate blog hampir setiap hari. Tulisan di blog utama bertambah cukup banyak dalam setahun, tapi tulisan di sini masih tidak ada pertambahan sama sekali.

Sebenarnya, sejak adanya blog ini, tulisannya masih tidak terlalu banyak. Total hanya ada 80 tulisan sampai dengan bulan Maret 2010. Tapi, tulisan di blog ini masih tetap banyak yang mengunjungi walaupun sudah dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Tulisan terakhir tahun 2010, masih banyak yang baca

Tulisan di sini sebelumnya tentang belajar bahasa Thai (yang akhirnya tidak diteruskan), lalu dilanjutkan tulisan tentang kegiatan hobi merajut (crochet dan knit). Selain itu ada sedikit tentang tulisan belajar TeX dan LyX dan juga sedikit kegiatan menjahit.

Awalnya, saya terpikir untuk mengarsipkan saja semuanya dan memulai dari awal lagi di blog ini. Tapi, dipikir-pikir kok sayang ya, karena tulisannya toh masih ada yang baca. Makanya saya putuskan kalau tulisan lama tetap ada, dan ya kalau nanti ditemukan ada yang sudah tidak relevan akan saya kembalikan jadi draft saja.

Apa yang akan ditulis di sini?

Tema blog ini masih akan tetap sama, berisi tulisan tentang pelajaran yang saya dapatkan dan hobi yang biasanya bikin makin semangat belajar. Beberapa hal sudah dituliskan di blog utama, tapi rencananya ke depannya akan dituliskan di sini saja.

Nama blog ini tetap Risna Info, selain karena saya tidak kreatif mencari nama, intinya di sini akan menjadi kumpulan catatan belajar dan hobi saya.

Saat ini, selain saya masih tetap berniat meneruskan menulis tentang bahasa Thai (yang sebagian sudah ditulis di blog utama), saya juga akan menuliskan tentang hobi desain Canva dan Kinemaster.

Tidak menutup kemungkinan juga untuk menuliskan hal-hal lainnya seputar menulis dan dunia blog. Pokoknya menuliskan apa saja yang dipelajari buat jadi catatan belajar.

Penutup

Saat ini, selain menulis di blog.compactbyte.com, saya juga menulis untuk drakorclass dan menjadi kontributor di mamahgajahngeblog. Semua blog tersebut merupakan blog yang penulisnya lebih dari 1 orang.

Saya mengaktifkan blog ini kembali, karena selain domainnya sudah dibayar dan tidak perlu nambah biaya hosting, saya pikir siapa tahu di masa depan ada kebutuhan untuk memberikan alamat blog pribadi. Jadi saya bisa beri alamat blog yang pengisinya cuma saya.

Kalau mau dibilang blog ini untuk tujuan branding diri, ya mungkin saja. Blog bersama Joe tetap akan diupdate untuk cerita-cerita curcol dan keseharian kami, atau untuk tulisan yang tidak bisa dimasukkan dalam kategori manapun di sini.

Dengan diaktifkannya blog ini sebagai yang juga harus diisi, semoga bisa tetap konsisten menulis setiap hari.

Author:

A blogger who likes to learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

2 thoughts on “Setelah 11 Tahun, Akhirnya Risna.info Diupdate Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *