14 februari 2024

14 Februari 2024, Hari Apa?

Lagi iseng, kepikiran coba tanya pertanyaan, “14 Februari 2024 hari apa?” ke ChatGPT3.5 dan Copilot Bing dari Microsoft yang sama-sama gratis. Yuk simak jawabannya. Harapan saya sih jawabannya kalau bukan hari Rabu ya hari Valentine. Lebih berharap lagi kalau AI pun tahu besok itu ada pemilu serentak di Indonesia. Nah kira-kira bagaimana jawabannya? Baca sampai habis ya.

ChatGPT3.5 tentang 14 Februari 2024

Di awal dia udah benar, lalu bingung sendiri

Jadi sebenarnya GPT awalnya sudah benar menjawab kalau 14 Februari 2024 itu hari Rabu. Tetapi ketika saya ganti dan bertanya hari apa di Indonesia, dia malah fokusnya pada hari Valentine dan tiba-tiba jawab kalau itu hari Selasa.

Di tengah-tengah saya jadi heran bertanya lagi emangnya kenapa dia berganti jawaban, dan melanjutkan bertanya hari ini hari apa dan tanggal berapa. Jawabannya makin kacau.

Tanggalnya benar, harinya salah, hari besoknya kok jadi kacau?

Saya agak heran kenapa kalau tanggal 14 Feb adalah hari Selasa, maka hari ini adalah hari Minggu. Saya tanyakan hari ini tanggal berapa, GPT tahu kalau hari ini tanggal 13 Februari 2024. Lalu saya tanyakan kalau besok hari apa, dengan yakin malah jawab besok adalah 14 Februari hari Selasa.

Jadi ingat ada salah satu soal berpikir komputasional yang kira-kira bunyinya: kalau hari ini adalah hari Senin, Hari apakah tiga hari yang lalu? Mungkin harusnya saya coba tanyakan ini juga ke ChatGPT, tetapi saya jadi malas meneruskan bertanya ke ChatGPT yang sudah semakin bingung.

Disini catatan dari saya: jangan mengandalkan GPT gratisan tanpa cek ulang jawabannya. Ini pertanyaan sangat sederhana tapi kok jawabannya salah banget? Nah ini sih detailnya udah pernah dijelaskan Joe sih dari cara kerjanya AI itu bagaimana. Baca aja kalau penasaran kenapa GPT suka aneh.

Copilot Bing tentang 14 Februari 2024

Copilot langsung jawab sesuai harapan

Berikutnya saya bertanya ke Copilot yang dulu disebut bing dari Microsoft. Masih sama-sama menggunakan versi gratis, bukan versi berbayar. Jawabannya langsung sesuai dengan harapan saya: 14 Februari itu hari Rabu, ada pemilu di Indonesia dan juga dikenal sebagai hari Valentine.

Kenapa Copilot jawabannya bisa lebih baik dari GPT? Karena jelas si copilot itu mencari dulu di internet dan bahkan dia bisa mencantumkan sumbernya. Apakah ini tandanya Copilot lebih unggul dari GPT dan pasti lebih akurat? Gak ada jaminan akurasi sih, tetap harus cek dan ricek kalau bertanya ke AI.

Selamat Memilih dengan Kasih Sayang!

Tulisan saya ini sekedar ingin mengingatkan kembali, selamat memilih untuk yang memiliki hak pilih. Jangan lupa untuk tetap menjaga kasih di hati walaupun dengan orang yang berbeda pilihan. Pokoknya tetap berharap yang terbaik untuk Indonesia.

Kalau pulang pemilu mau jalan-jalan sama yang tersayang juga boleh aja kok!


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply