Edit Video Cukupkah dengan Canva di Ponsel Saja?

Saya sering melihat iklan kelas edit video yang disebutkan menggunakan Canva dan katanya semuanya cukup dengan ponsel saja. Sekarang ini, hampir setiap hari saya mengedit video dan saya menggunakan gabungan beberapa aplikasi, salah satunya Canva. Saya sampai pada kesimpulan, Canva saja tidak cukup, apalagi kalau hanya di ponsel saja. Setidaknya itu buat kebutuhan saya yang saat ini banyak mengedit video hasil mengajar.

Batasan Edit Video di Canva

Kita bisa mengedit video juga sekarang di Canva selain edit gambar. Tetapi Canva ini memiliki keterbatasan dalam mengedit video dibandingkan menggunakan aplikasi Capcut atau Kinemaster yang memang ditujukan untuk edit video.

Kenapa tidak cukup edit video menggunakan Canva saja?

Baca juga: Mengenal Kinemaster, Aplikasi Edit Video

Sangat tergantung koneksi internet

Canva merupakan aplikasi yang berbasis online. Koneksi internet dibutuhkan penuh untuk mengedit dengan lancar. Kalau koneksi internet tidak stabil, hasil edit video bisa berbeda dengan yang kita lihat di preview.

Menggunakan Canva di ponsel yang spesifikasi rendah dengan internet yang lambat hasilnya akan bikin frustasi ketika mengedit. Jangankan buat mengunduh, mengunggah file video sumbernya untuk diedit bisa bikin frustasi juga kalau koneksi internet tidak bagus.

Hanya cocok untuk video 1 menit-an

Suatu kali saat Drakor Class masih menjadi K-Influencer, saya butuh mengedit video 5 menit di Canva. Beberapa kali saya berusaha mengexportnya dan kecewa karena setelah menunggu lama, video hasilnya itu tidak lengkap atau malah Canvanya ngehang. Mungkin juga waktu itu koneksi internetnya kurang cepat.

Bisa dibayangkan bagaimana mau edit untuk video yang agak panjang kalau untuk 5 menit saja sudah gak kuat. Jadi Canva ini lebih cocok untuk edit video reels yang 30 detik atau sampai 2 menit. Tapi sebenarnya untuk video singkat begini, lebih cepat mengerjakannya di Capcut atau Kinemaster.

Untuk edit video hasil livestream, atau kelas online, saya masih bereksperimen beberapa aplikasi. Tetapi yang pasti saya tidak akan bisa mengedit video dengan durasi 1 jam di Canva.

Sulih teks tidak tampil kalau diunduh

Menampilkah sulih teks di Canva

Di Canva ada menu menampilkan sulih teks untuk video, tetapi walaupun kita bisa melihatnya ketika mengeditnya, teryata ketika file diunduh sulih teksnya tidak ada. Jadi sulih teks itu hanya bisa dilihat kalau kita membagikan videonya untuk langsung dilihat di Canvanya.

Kekurangan lainnya dari sulih teks di Canva adalah tidak bisa diedit. Jadi kalau ada sulih teks yang salah, kita tidak bisa memperbaikinya. Dan ini menurut saya jadi tanggung.

Tidak semudah itu membuang yang ditengah

Edit video di Canva kita bisa dengan mudah menambah dekorasi untuk templatenya, akan tetapi ketika ada bagian di tengah-tengah yang akan dibuang, hal ini menjadi tidak mudah. Bisa sih kita split di 2 titik lalu dibuang bagian tengahnya. Tapi transisinya terkadang tidak mulus dan tidak semudah melakukannya di Capcut dan Kinemaster.

Edit Canva di Ponsel atau di Komputer?

Ketika edit di ponsel yang layarnya terbatas, kita butuh lebih teliti memperhatikannya jangan sampai ada tanda titik atau koma yang terlewat. Jari kita juga harus dengan presisi ketika memotong sesuatu atau mengatur gambar yang diinginkan. Layar terbatas dengan jari yang besar? Sungguh tak ideal. Belum lagi kalau ponsel kita sudah penuh dan memorinya terbatas, otomatis kerja makin terasa lambat.

Saya lebih suka edit apapun di komputer. Hanya kalau sedang iseng atau terpaksa saya mengedit di ponsel. Biasanya saya akan memfinalkan desain di komputer supaya bisa meihat hasilnya di layar yang lebih lebar. Itu saja terkadang ada hal-hal yang terlewatkan, apalagi kalau sedang buru-buru mengerjakannya.

Kalau menurut saya, seandainya memang terpaksa bisa saja mengerjakan edit Video di Canva, tapi daripada jadi frustasi ada baiknya juga belajar menggunakan tools edit video lainnya. Tidak terbatas dengan aplikasi yang ada di ponsel, bisa juga mulai belajar untuk edit video di komputer yang bisa dikerjakan tanpa tergantung koneksi internet.

Kalau memang mau sering-sering edit video dengan durasi lebih dari 2 menit, cobalah untuk pelajari aplikasi edit video lain selain Canva. Bisa dimulai dengan Capcut, Kinemaster atau kalau di komputer Da Vinci Resolve. Karena pada dasarnya semua aplikasi itu ada kesamaannya.

Sekali lagi semua kembali pada kebutuhan masing-masing. Karena saya sering edit video hasil kelas online yang durasinya sampai 1 jam lebih, yang jelas saya tidak bisa edit video tersebut menggunakan Canva saja.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply