telepon umum koin

Telepon Umum Koin

Tahukah kamu, telepon umum koin di Thailand masih ada. Di mall, telepon umum koin begini masih berjajar cukup banyak. Berbeda dengan telepon umum koin di Indonesia, telepon umum koin di sini bisa digunakan untuk menelpon ke ponsel juga. Eh tapi sepertinya dulu saya menggunakan telepon umum pada saat ponsel belum terlalu banyak yang menggunakan, jadi wajar saja telepon umum tidak digunakan menelpon ke ponsel.

Cerita telepon umum koin kali ini bukan sekedar mau cerita tentang telepon koin di Thailand, tetapi sebagai bagian Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini, saya ingin cerita telepon umum koin sebagai hal yang berkesan di masa sekolah dulu.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang berkesan di masa sekolah. Ya iya, sekolah bukan cuma setahun atau dua, jadi pasti ada banyak yang diingat. Setelah memilah dan memilih, dan teringat dengan film Twentieth Century Girl, saya jadi ingat satu kejadian tentang telepon umum koin di masa SMA.

Pura-pura salah sambung

Telepon umum koin di Thailand
Telepon umum koin masih ada!

Ceritanya saya punya 2 sahabat di masa SD yang kemudian persahabatan berlanjut ke SMP dan SMA yang sama. Walaupun satu sekolah, kami tidak selalu sekelas. Nah, di masa SMA, saya satu kelas dengan salah satu sahabat saya dan sahabat satu lagi mengenalkan satu teman sekelasnya dan kami jadi 4 sahabat. Sahabat yang baru ini bercerita kalau dia menyukai cowok dari kelas yang berbeda lagi dari kami.

Namanya anak SMA, satu orang yang suka, yang lain solider berusaha membantu usaha temannya ini. Sebenarnya, akan lebih mudah kalau sok kenal sok dekat aja ya. Karena toh kami ber-6 sering naik angkutan umum yang sama. Tetapi teman saya ini bilangnya nggak berani ngajak ngobrol kalau pas ketemu, walau sebenarnya dia pingin sekali buat ngobrol dengan cowok itu. Jadilah kami berusaha untuk mendapatkan nomor telepon cowok yang disukai itu. Setidaknya kalau lewat telepon kan beda dengan ngobrol langsung (begitulah pola pikir anak SMA).

Singkat cerita kami mendapatkan nomor telepon si cowok yang disukai teman kami ini. Tepatnya sih karena sahabat si cowok suka dengan sahabat yang sekelas saya, maka tidak sulitlah ya mendapatkan nomor teleponnya.

Setelah mendapatkan nomor telepon, setiap kali ketemu telepon umum koin di luar jam sekolah, teman saya itu akan menelpon cowok pujaannya. Saya pikir nih, teman saya sudah lebih berani untuk ngobrol dengan si cowok, ternyata belakangan dia cerita kalau dia menelpon ke rumah cowok itu selalu pura-pura salah sambung. Lucunya, kalau teleponnya yang angkat bukan cowok itu, dia selalu langsung menutup itu telepon. Hadeeeeh, saya kehabisan kata-kata deh mendengar ceritanya.

Kalau ini cerita drama Korea, mungkin pada akhirnya mereka akan bertemu lagi lalu bahagia selamanya. Sayangnya, ini bukan drama Korea, jadi ya percuma saja berharap hepi ending. Masih untung endingnya nggak kayak Twentieth Century Girl ya.

Tetapi tetap saja, gara-gara sahabat saya itu selalu berhenti ketika melihat telepon umum, sedikit banyak saya juga jadi selalu ingat dengan kebiasaannya itu. Sayangnya saat itu nggak ada yang pingin saya telepon hihihi.

Beda dulu dan Sekarang

Masa belum ada teknologi ponsel seperti sekarang ini, telepon umum koin pasti sudah berasa berjasa untuk menelpon teman ataupun orang yang disuka. Tetapi teknologi telepon koin di Indonesia sepertinya sudah tidak ada lagi. Sepertinya alasan utamanya ya karena telepon koin tidak bisa menelpon ke ponsel, dan kebanyakan orang malah tidak ada telepon rumah lagi. Jadi percuma saja kalaupun ada telepon umum koin di Indonesia tidak akan terpakai juga.

Kalau Mamah, punya pengalaman apa yang berkesan terkait telepon umum? Mungkin pernah kirim pesan ke pager pacar, atau malah buat nelepon pacar?

banner tantangan MGN 2023

Posted

in

,

by

Comments

12 responses to “Telepon Umum Koin”

  1. Diah Utami Lestari Avatar
    Diah Utami Lestari

    Ada nih cerita tentang telepon koin. Waktu itu kami tinggal di Asrama Putri, Jl. Gelap Nyawang. Di tahun baru, terniat aja mau ngeprank teman di Asrama Putra. Kami putar nomor Asrama Putra di larut malam lalu teriak di depan gagang telepon. Setelah itu yang lain kabur sambil cekikikan, sementara seorang di antara kami dengan gagah melanjutkan perbincangan. Drama Korea kejadian deh kali ini mah… Mereka berujung menikah hingga punya 3 anak sekarang.

    1. risna Avatar

      wow, jadi beneran drakor hepi ending ya. Aih berjasa sekali itu telepon koin hehehe.

  2. Sistha Avatar

    Wah ada kemiripan kejadian yaa tentang telepon dan ceng-cengan juga..
    Kalau telepon koin di Kalimantan pas saya SD masih ada. Suka dipakai buat telpon ibu/ bapak untuk minta jemput. Pakai duit koin 100 berat gambar gunungan. Memorable itu si koin. Sayang negara kita suka gonta ganti duit

    1. risna Avatar

      sekarang kayaknya udah ga ada koin deh di Indonesia, eh ada uang 1000 dan 500 tetapi itupun jarang sekali rasanya dipakai orang, karena sepertinya uang 1000 dan 500 rupiah jadi jatah pak ogah yang dulu rate 100 tapi naik seiring perubahan koin

  3. Sri Nurilla Avatar

    Ku juga punya pengalaman tersendiri dengan telepon umum. Di SMA dulu, di depannya ada deretan telepon umum, yang langsung berderet ada 5 gitu. Nah biasanya itu tempat saya berdiri setelah pulang sekolah buat nyegat angkot. Dan telepon umum ini jadi mediaku untuk ngisi waktu. Buat sekedar pura-pura megang telpon pas mati gaya, malu mau nyapa temen yang lewat pura2 nelpon dan ngobrol sendiri. Gak enaknya tuh beberapa kali koin ketelen padahal belom nyambung. Sayang banget dah ehehehe.

    1. risna Avatar

      hahaha, mau gaya gayaan tau-tau koin ketelen ya, padahal sekalian aja dipakai buat nelepon doi, hehehehe

  4. Dini Avatar

    Inget ada telepon umum koin depan sekolah, paling sering saya pakai untuk minta tolong anter barang yg ketinggalan atau minta jemput hehehe…

    1. risna Avatar

      Hahaha, untung bisa nelpon ya, kalau nggak harus kembali ke rumah jemput barang yang ketinggalan sendiri ya

  5. ariestyasikin Avatar

    ahahaha.. ya ampun jadi inget dulu aku sama temen-temen juga suka gitu teeh.. xD

  6. Shanty Dewi Arifin Avatar

    Aku kok nggak gitu ingat ya punya cerita dengan telepon koin. Ingatnya selalu pakai telepon rumah aja. Terus nelponnya berjam-jam sampai kuping panas. Ha…ha…

  7. A74T Avatar
    A74T

    bapa2 ikutan ngerumpi nih, sma kelas 1 thn berapa ? saya sma kelas 1 thn 2006, tp masih ngerasain telpon coin jaman smp, pdhl domisili jabodetabek. sayang bgt skrg ga ada. pdhl nostalgia. dan kayanya masih perlu buat anak2 sd yg pengen nelpon rumah/jemputan.

    1. risna Avatar

      Saya SMA kelas 1 masih belum tahun 2000 pak, hehehe. Jadi jaman itu telepon umum masih pake koin 100. Sekarang ini sepertinya masalahnya nggak ada duit koinnya lagi. Tapi seharusnya bisa juga dibikin telepon umum dengan duit kertas, toh vending machine sekarang bisa menerima lembaran kertas.

Leave a Reply