Serial Netflix: The Lincoln Lawyer

tv series the lincoln lawyer

Sudah lama kami tidak menonton serial TV terutama dari Amerika yang ada banyak di Netflix. Kemarin, tidak sengaja melihat serial The Lincoln Lawyer ini direkomendasikan Netflix. Serial ini memang baru mulai ditayangkan 13 Mei 2022 yang lalu, dan langsung menduduki top 3 di Thailand. Awalnya saya hanya ingin melihat sedikit saja, ternyata kami malah menyelesaikan serial yang terdiri dari 10 episode ini dalam waktu 2 hari saja!

Ceritanya diadaptasi dari buku ke-2 dari The Lincoln Lawyer Series karya Michael Connelly yang berjudul The Brass Verdict. Buku pertama dari kisah The Lincoln Lawyer ini di tahun 2011 sudah diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama: The Lincoln Lawyer.

Sinopsis Serial TV The Lincoln Lawyer

Trailer Serial The Lincoln Lawyer (Netflix)

Serial ini berkisah tentang seorang pengacara yang bernama Michael “Mickey” Haller. Setelah mengalami kecelakaan ketika berselancar, dia mengalami ketergantungan obat dan akhirnya ikut rehabilitasi dan selama setahun dia tidak bekerja. Tiba-tiba ada panggilan dari seorang hakim yang mengatakan kalau dia diwarisi sebuah firma hukum dan termasuk semua kasusnya dari seorang pengacara lain yang pernah dia kenal. Pengacara yang mewarisi itu meninggal karena ditembak dari jarak dekat, dan tidak diketahui siapa pelakunya.

Dengan awal seperti itu, dia harus menyelesaikan kasus-kasus kecil maupun besar tanpa banyak persiapan dan dalam waktu singkat. Uniknya, dari kasus kecil yang dia selesaikan bahkan tanpa persidangan panjang lebar, dia mendapatkan seorang yang menjadi supir mobilnya supaya dia bisa bekerja di jalan.

The Lincoln Lawyer. (L to R) Manuel Garcia-Rulfo as Mickey Haller, Jazz Raycole as Izzy in episode 102 of The Lincoln Lawyer. Cr. Lara Solanki/Netflix © 2022

Judul serial ini mengacu pada mobil merek Lincoln yang dia miliki. Walaupun kalau dari novelnya disebut mobilnya mirip model sedan, dalam serial ini terlihat kalau mobil Lincoln yang dia gunakan lebih dari 1 dan ada juga yang sejenis SUV. Katanya dia lebih bisa berpikir di mobil yang berjalan maju, daripada diam di kantor. Makanya dia butuh supir.

Yang menarik dari The Lincoln Lawyer

Ada beberapa hal yang membuat serial ini menarik. Selain jumlah episode yang tidak banyak, jalan ceritanya yang cepat dan selipan kasus-kasus kecil di sana sini membuat saya tidak merasa bosan menontonnya. Berikut ini juga hal-hal yang membuat serial The Lincoln Lawyer ini menarik.

Ada Selipan Kisah Keluarga

Mickey Haller dengan mantan istri ke-2 dan mantan istri pertama (Netflix)

Cerita dibuka dengan telepon dari Lorna Taylor (diperankan Becki Newton), asisten Mickey Haller (diperankan oleh Manuel Garcia-Rulfo) yang ternyata adalah mantan istrinya. Belakangan baru ketauan kalau Lorna ini bukan satu-satunya mantan istri Mickey. Istri pertamanya adalah seorang penuntut umum, Maggie McPherson yang sering juga disebut McFierce (diperankan oleh Neve Campbell). Dari istri pertamanya ini, Mickey mempunyai seorang putri yang sedang beranjak remaja.

Hubungan antara Mickey dengan kedua mantan istrinya ini bisa dibilang cukup profesional, tapi juga masih penuh perhatian dan tidak ada kecemburuan atau rebutan perhatian. Awalnya, ada kesan kalau Mickey ini agak-agak sering berganti wanita, tapi untungnya sepanjang 10 episode, nggak ada adegan aneh-aneh bin gak penting, yang entah kenapa sering muncul dalam serial Amerika padahal tidak diperlukan dalam jalan ceritanya.

Dalam drama ini juga diceritakan bagaimana putri Mickey merasa sering disudutkan oleh teman-temannya di sekolah, karena ayahnya yang kliennya umumnya adalah seorang kriminal. Dia merasa heran, kenapa bisa ayahnya yang membela penjahat bisa menikah dengan ibunya yang malahan selalu menuntut para penjahat untuk dihukum. Walaupun kedua orang tuanya berada di pihak yang berseberangan, anaknya selalu berharap kalau mereka akan berbaikan lagi.

Kasus utama sebenarnya sulit dibuktikan

Kasus utama dalam serial ini adalah tentang pembunuhan seorang istri dan selingkuhannya dari seorang pembuat video game yang kaya raya. Pembunuhan itu terjadi di rumah mereka yang mempunyai sistem pengaman yang canggih. Pasangan yang selingkuh itu ditembak dalam jarak dekat dan tentu saja tertuduhnya adalah suaminya. Tidak ada alarm berbunyi yang menandakan kalau yang masuk itu pasti orang yang sudah tau kode masuk ke rumahnya.

Cara kerja Mickey Haller dalam mencari pembelaan cukup menarik untuk diikuti. Walaupun biasanya saya tidak menyukai drama bertema hukum, tapi serial ini terasa berbeda. Dalam serial ini, ditunjukkan juga berbagai penjelasan tentang sistem pemilihan juri, bagaimana membuat opening dan closing statemen dalam pengadilan, dan berbagai hal lainnya tentang peradilan di Amerika.

Semua kasus diselesaikan tuntas

Semua kasus-kasus yang muncul di drama ini akan ada hubungannya dengan jalan cerita utama. Pada akhinya, semua kasus besar dan kecil diselesaikan sampai tuntas, termasuk siapa pembunuh dari pengacara yang dibunuh dari jarak dekat dan juga kasus dari istri pertama Mickey Haller. Ceritanya memang cukup padat, 10 episode berlalu tanpa terasa dalam waktu 2 hari.

Apakah akan ada season berikutnya?

Sejauh ini belum diketahui apakah akan ada season berikutnya. Kalau ada, saya pasti akan menonton lagi, tentunya kasusnya akan berbeda. Harapannya sih, serialnya tetap bersih dari adegan dan unsur yang tidak penting.

Adegan yang tidak penting yang saya maksudkan di sini tentunya adegan dalam serial Amerika yang sering ditambahkan walaupun tidak diperlukan dalam cerita. Akan tetapi, dalam serial ini ada unsur LGBTQ, walau hanya disebutkan dan untungnya tidak ditunjukkan. Sepertinya, hal tersebut mau tak mau akan selalu ada dalam serial-serial di masa sekarang dan yang akan datang.

Buat yang sedang mencari tontonan di akhir pekan bersama pasangan, bisa dicoba menonton serial The Lincoln Lawyer ini di Netflix. Oh ya, film ini bukan film keluarga atau untuk ditonton bersama anak-anak, karena ratingnya tetap untuk usia di atas 17 tahun ke atas.

Leave a Reply