Memulai Investasi Saham di Ajaib

Setelah membaca buku tentang investasi saham, saya pikir saya perlu mencoba supaya bukan jadi teori saja. Sebenarnya sih sudah tau ada beberapa perusahaan sekuritas untuk investasi yang bisa diakses online untuk membeli saham ataupun reksadana. Salah satunya ya menggunakan aplikasi Ajaib ini.

Sesuai dengan saran dari buku yang saya baca, sebelum memulai investasi kita harus jelas apa tujuannya. Kita juga harus paham namanya investasi itu selalu ada risiko dan perlu banyak belajar dan jangan hanya ikut-ikutan apa kata orang. Uang yang digunakan untuk investasi juga bukan uang yang dibutuhkan dalam waktu dekat. Intinya sih, kalau memang ada dana yang tidak dipakai, daripada disimpan di bawah bantal, atau disimpan di tabungan biasa di bank dan setiap bulan berkurang untuk administrasi bank, lebih baik diinvestasikan.

Tujuan saya memulai berinvestasi, tentu saja untuk belajar menabung saham. Kalau dulu menabung di celengan atau di tabungan biasa, sekarang naik kelas menabung saham. Dari berbagai sumber, kalau kita memang memilih saham yang tepat, dalam jangka panjang semua saham perusahaan itu nilainya naik. Kecuali salah pilih perusahaan dan atau perusahaannya tiba-tiba gulung tikar. Itupun semua tidak akan tiba-tiba terjadi, dan bisa dikelola risikonya.

Kenapa berinvestasi saham?

Dengan berinvestasi saham, itu sama artinya kita menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Dengan menjadi pemilik, walau kita tidak bekerja di sana, kalau perusahaan itu mendapat keuntungan atau sukses, kita juga akan mendapatkan bagian berupa kenaikan nilai saham ataupun pembagian keuntungan. Kita tidak perlu pusing-pusing dengan operasional perusahaannya. Kita terima beres aja. Pastinya, kalau memilih saham perusahaan yang benar, kita bisa mendapatkan hasil lebih banyak daripada hanya menyimpan duitnya di tabungan biasa di bank atau bahkan deposito.

Dari yang saya baca, dengan membeli saham di Indonesia, kita membantu menggerakkan perekonomian Indonesia sambil juga tentunya menjadi pemilik sebagian kecil dari perusahaan tersebut. Jadi jelas ya, saham itu investasi yang menguntungkan dan kalau dilakukan dengan benar bisa menghasilkan.

Ibu rumahtangga emang bisa punya saham? ternyata bisa! Bahkan di formulir pengisiannya, ada kok pilihan ibu rumahtangga sebagai pekerjaan. Untuk data pekerjaan dan NPWP, nantinya bisa menuliskan tidak ada atau ya bisa memakai nomor suami (untuk mempermudah urusan pajak, sebagai seorang yang tidak punya penghasilan lebih baik memakai NPWP suami).

Kenapa saya pilih aplikasi Ajaib?

Saya pilih aplikasi ini karena kalau kata pak suami, ini aplikasi yang paling gampang proses pendaftarannya. Dan memang benar, saya isi pendaftaran jam 8 pagi, sekitar jam kantor mereka buka tak lama kemudian saya mendapat pemberitahuan kalau saya sudah bisa mulai bertransaksi saham. Padahal diberitahukan akan butuh waktu 5 hari kerja untuk memverifikasi data dan terutama untuk verifikasi ke bank yang kita pilih.

Langsung saja ya saya tuliskan apa yang saya lakukan untuk memulai investasi saham.

Instalasi aplikasi Ajaib

Karena mau berinvestasi dengan aplikasi ajaib, tentu saja aplikasi ini yang saya instal di ponsel. Untuk menginstalnya bisa dari halaman website Ajaib, atau cari saja di playstore atau applestore. Karena ponsel saya android, saya menginstalnya dari Google Playstore. Untuk ponsel apple, tentu saja harus dari applestore. Pastikan instalasi apliasi dari tempat resmi ya!

Setelah instalasi selesai, berikutnya tentu saja membuka akun di Ajaib.

Cara membuka akun Ajaib

Untuk bisa memiliki akun, sebelum mengisi formulir kita akan diminta untuk mengisi nomor ponsel dan almat email. Selanjutnya masukkan password dan konfirmasi sekali lagi. Oh ya, untuk kode Ajaib ini bisa diisi dan mendapatkan HADIAH SAHAM dengan mendaftar menggunakan kode Ajaib risn570 atau melalui link berikut: https://referral.ajaib.co.id/CRxB .

Verifikasi E-mail

Selanjutnya, kita akan menerima email untuk diverifikasi. Mereka ingin memastikan kalau email yang dipakai memang email kita dan bisa kita buka. Jadi pastikan menggunakan email yang tidak penuh inboxnya dan kita ingat passwordnya. Jangan memakai email orang lain juga ya, nanti repot sendiri kalau orang lain yang mencairkan dana kita, hehehe.

Selanjutnya, setelah email diverifikasi, kita bisa masuk dengan login email dan password yang tadi sudah kita set. Nah, tapi kan sejauh ini baru punya akun ajaib, masih ada langkah berikutnya, yaitu mengisi formulir data diri dan menunggu verifikasi rekening yang digunakan untuk transaksi jual beli saham.

Penutup

Untuk mengisi formulir dan mengisi dana untuk transaksi sebenarnya tinggal mengikuti petunjuk yang ada. Rencananya akan saya tuliskan di post terpisah, karena agak panjang formnya hehe. Yang pasti siapkan saja KTP dan juga nomor rekening yang akan dipakai untuk menarik dana ketika kita ingin ingin mendapatkan dana kita kembali.

Oh ya, untuk pendaftaran ataupun akses akun selanjutnya, selain membuka aplikasinya di ponsel, tentu saja tetap bisa melalui websitenya Yang pasti semuanya dilakukan secara online. Tapi untuk kemudahan, saya sih lebih sering membukanya di ponsel.

Buat kamu yang sudah mulai investasi saham, ada yang sudah pakai Ajaib juga? atau kalian punya rekomendasi aplikasi lain?

One thought on “Memulai Investasi Saham di Ajaib

Leave a Reply