instagram canva

Desain Canva untuk Memperindah Instagram

Dulu, saya tidak suka berinstagram. Setahu saya, instagram itu isinya pamer foto. Orang-orang di mana saja dan ke mana saja jadi sibuk untuk memfoto yang katanya instagramable daripada menikmati tempat itu sendiri.

Lalu sekarang, isi instagram bukan lagi foto saja, tapi juga bisa untuk menjadi media promosi yang isinya berupa desain.

Untuk membuat instagram terlihat menarik, ternyata bisa memanfaatkan desain Canva. Tapi, bukan sekedar bikin desain, kita juga harus tahu dan mempersiapkan terlebih dahulu konsep apa yang ingin kita tampilkan di instagram kita.

Sebenarnya saya sudah tahu tentang memanfaatkan desain Canva untuk memperindah instagram sejak saya belajar Canva. Tapi, waktu itu saya masih level sekedar tahu dan tidak tergerak untuk melakukannya.

Baru bulan Agustus ini saya berkesempatan untuk mencoba menerapkan ilmu desain Canva untuk memperindah instagram saya.

Feed Instagram Sebelumnya

Sebelumnya mari kita lihat feed Instagram saya sebelumnya

feed instagram sebelum dirapihkan

Bisa dilihat, kalau sebenarnya saya sudah menggunakan canva untuk mengisi instagram saya. Tapi… bisa dibilang ketika melihat secara keseluruhan, rasanya instagramnya sangat berantakan dan tidak ada keharmonisan antara post yang satu dan yang lainnya.

Di feed saya semua warna saling bertabrakan, ada feed yang terlihat seragam juga. Tapi feed sebelum dan sesudahnya terlihat tidak ada lagi keharmonisan.

Memang sih, saya sering mengupload sekena hati saja. Kalau suka ya upload, kalau tak suka lupakan. Ternyata, itu salah satu penyebab kenapa Instagram saya jadi terlihat berantakan.

Feed Instagram Sekarang

Nah sekarang mari kita lihat bagaimana feed instagram saya sekarang ini.

Setelah dirapihkan

Sekilas saja sudah terlihat ada perbedaan yang sangat terasa antara feed sebelum dan sesudah. Dan tentu saja itu semua bukan dilakukan dalam sekali pengunggahan.

Walaupun feed saya isinya masih seperti gado-gado antara reels kutipan film dan membagikan tulisan dari blog, tapi warnanya terlihat lebih harmonis.

Hal yang perlu diperhatikan dalam merapikan feed instagram

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk merapihkan instagram.

Perencanaan Tema dan Warna

Kita perlu mengetahui ada berbagai contoh yang tersedia diinternet tentang berbagai motif utama yang ditampilkan di instagram. Ada yang menggunakan warna senada, warna pastel, selang seling seperti papan catur.

Tapi intinya kita harus membayangkan dulu, feed seperti apa yang kita inginkan nantinya di feed kita. Pilih warna dominan yang selalu akan kita jadikan warna dasar dari feed kita. Dan untuk ini kita perlu mengetahui biasanya kita mengupload apa sih ke instagram kita?

Pemisah antara desain / separasi

Kita juga harus memikirkan bagaimana desain untuk memisahkan antar desain. Pemisah ini juga sebaiknya masih seragam dengan warna utama.

Di feed saya, pemisahnya berupa kutipan kata-kata bijak. Jadi perlakuannya seperti posting juga.

Mengganti sampul sorotan

Supaya terlihat semakin rapi, kumpulan highlight (sorotan) dari instastory kita juga sebaiknya diberikan sampul yang seragam dengan tema dan warna feed kita.

Kumpulan sorotan ini kalau bertambah harus ditambahkan juga nanti sampulnya. Sementara ini sorotan saya hanya ada sedikit, jadi lebih gampang merapikannya, hehehe.

Cantik itu ribet?

Mau cantik itu ribet ya. Gak bisa emangnya main upload aja sembarangan? Media sosial biasa kan gak usah heboh banget juga nggak apa-apa.

Emang nggak harus sih, ini saya lakukan karena awalnya iseng aja. Daripada nggak tau bikin apa di Canva, jadilah saya bikin iseng-iseng desain untuk setiap post ke instagram saya. Dan ternyata, saya senang melihatnya. Jadi sementara ini akan saya teruskan.

Memelihara feed yang rapih ini ada kekurangannya, antara lain:

  • tidak bisa merepost dengan mudah dari feed orang lain, tapi sebenernay ini bisa dishare ke story saja sih, ga harus dishare di feed
  • harus menyiapkan post cover kalau berencana untuk mengupload foto-foto yang tidak ada desain khusus dan nanti fotonya dijadikan carousel saja.
  • terkadang setiap mengunggah harus memikirkan langsug 3 post sekaligus. Kalau cuma ada 1 harus menunggu ada 2 ide lainnya.
  • Mengerjakan desainnya butuh waktu lebih daripada sekedar upload foto setiap kali habis jepret.

Lebih lanjut tentang bagaimana melakukannya di Canva, mudah-mudahan akan saya tuliskan di tulisan terpisah ya.

Nah setelah tahu bagaimana menjaga keindahan feed Instagram dengan memanfaatkan desain Canva, apakah kalian mau merapikan feed Instagram kalian juga?


Posted

in

by

Tags:

Comments

8 responses to “Desain Canva untuk Memperindah Instagram”

  1. Footnote Maker Avatar

    Makin mantap aja nih kemampuan desainnya si Sep! Btw, kalau Canva yang berbayar hasil image JPGnya jadi lebih besar ya resolusinya? Kalau yang gratisan masih cukup OK gak sih buat dipasang di instagram?

    1. risna Avatar

      canva berbayar juga udah cukup kok resolusinya buat dipasang di IG. Yang pro ini lebih mantap karena lebih banyak pilihan gambar selain pilihan mengubah-ubah resolusi juga aja.

  2. Sri Nurilla Avatar

    Tuh kan. Tuh kan. Memang jagoan Risna mah kalau masalah beginian. Ehehe. Makasiiiiy bangeet Risna ilmunya.
    Dan wahh, memang yang sudah dirapihkan itu lebih enak dipandang ya. Estetis. 🙂

    1. risna Avatar

      iya, biasanya rapi emang lebih enak dilihat, tapi mmeberantakin itu mudah sekali, jadi berkali2 harus ingat kembali merapihkan lagi kalau udah berantakan

  3. May Avatar

    Cakep deh pas udah dirapihin, mau deh nanti ikutan, kalau udah rajin posting Instagram lagi hehe

    1. risna Avatar

      iya, aku juga sebenenrya nggak rajin update sosmed, skrg isinya dipake buat update kalau ada tulisan baru aja di blog

  4. sunglow mama Avatar

    Emang Canva t.o.p banget deh. Membantu banyak orang. Soal feed instagram rapih memang ada kepuasan tersendiri

  5. Anggun Avatar

    Selalu suka deh liat yg feed ignya rapih ? niat hati mah pengen juga, apa daya beberes rumah aja aku sering magernya, apalagi beberes yg lain ?

Leave a Reply