Posted in info

iFontMaker, Aplikasi untuk Membuat Font Sendiri

Sekarang ini ada banyak sekali font yang bisa dipilih. Dengan begitu banyak pilihan font, adakah yang kepikiran untuk membuat font versi sendiri supaya sesuai dengan selera?

Saya termasuk yang suka bingung dan lama memilih font ketika mendesain di Canva. Tapi sekarang saya punya font jenis baru yang menjadi favorit saya, yaitu font buatan anak saya yang berumur 6 tahun menggunakan iFontMaker di iPad.

Sebenarnya, membuat font sendiri ini bukan hal yang baru. Tapi ketika anak sendiri membuatnya dalam waktu beberapa menit dan hasilnya bagus, tentu saja saya jadi ingin memakainya di desain Canva saya.

desain dengan font buatan Joshua
Font hasil iFontMaker

iFontMaker App, Salah Satu Top Paid iPad Apps

Joe bercerita, kalau kemarin dia sedang iseng melihat-lihat apa saja sih aplikasi yang populer di iPad. Dari nomor 1 dan 3 sudah dibeli, nomor 4 sudah dibeli versi androidnya.

Melihat nomor 5, Joe jadi ingat dengan hobi Joshua yang menulis huruf dan angka. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2010 dan bahkan sudah ada versi Windowsnya. Harganya sebenarnya tidak mahal, sekitar 8 USD dan Font yang dihasilkan dari aplikasi ini bisa kita pakai dengan bebas, dan bahkan bisa kita jual.

Walaupun tidak berencana menjual font hasil karya, kami membeli aplikasi ini untuk karena penasaran. Pengen tahu apakah memang semudah itu membuat font sendiri? Penasaran juga, apakah Joshua akan mau membuat font sendiri?

Bikin Font Cuma Beberapa Menit

Sesuai dengan klaimnya, bahwa kita bisa membuat font dalam waktu kurang dari 5 menit, anak saya yang berumur 6 tahun bisa membuat fontnya sendiri.

Memang aplikasinya sangat mudah dan bisa jadi tulisannya meniru contoh, ataupun membuat yang benar-benar style kita sendiri juga bisa.

Font Joshua

Bapaknya iseng mencoba juga. Tapi kok tulisan anaknya lebih lucu sih daripada tulisan bapaknya. Hehehe…

Font tulisan Joe

Saya tidak akan menuliskan bagaimana cara pembuatan font menggunakan aplikasi iFontMaker ini karena semuanya sudah lengkap dituliskan di halaman pengembangnya. Kalau mau lihat sekilas, bisa juga tonton video berikut ini.

Tutorial menggunakan iFontMaker

Tulisan Asli Joshua

Untuk pembanding, ini tulisan Joshua di papan tulis. Jadi sebenarnya huruf a nya dia defaultnya bukan seperti tulisan yang diciptakan di aplikasi tersebut.

Tulisan Joshua di papan tulis
Tulisan Joshua di papan tulis

Huruf a nya seperti itu karena mengikuti default template dari aplikasi. Tapi Joshua memang suka meniru berbagai jenis penulisan huruf.

Font Joshua di Canva

Font yang dihasilkan dari aplikasi iFontMaker ini bisa kita instal di komputer, ataupun ditambahkan ke aplikasi Canva. Caranya cukup dengan mengupload saja fontnya.

Nah ini hasilnya, font Joshua saya gunakan di desain Canva sederhana.

Desain Canva menggunakan font Joshua
Desain Canva menggunakan font Joshua

Buat dikemudian hari, kalau bingung milih font, saya bakal milih font Joshua nih, hehehe..

Dari kecil Joshua memang senang sekali dengan huruf ABC dan angka. Minggu lalu dia malah membuat lukisan huruf di kelas menggambarnya.

Kira-kira kalian ingin punya font sendiri juga nggak? Saya makai font anak saja deh, ga usah bikin sendiri. Hehehe.

Author:

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

Leave a Reply