Beberapa Kelas Menarik Di Coursera

Sudah lama nih nggak belajar dari Coursera. Beberapa kelas yang terakhir sudah mendaftar juga akhirnya belum diselesaikan. Tentunya karena merasa belum butuh dan atau sok sibuk dengan kegiatan lainnya.

Hari ini, saya melihat surel dari Coursera yang judulnya kursus singkat yang bisa diselesaikan dalam 1 hari. Dan judul ini berhasil membuat saya jadi melihat-lihat ada apa saja sih yang bisa dipelajari dalam waktu sehari.

Kursus Bahasa Dalam Waktu 1 Hari?

Katanya kursus singkat

Kalau melihat judulnya, memang disebut kursus singkat dan bisa dilakukan dalam waktu 1 hari. Tapi ternyata, ketika saya melihat lebih lanjut, ternyata sebenarnya kursusnya didesain untuk diselesaikan dalam rentang waktu 4 minggu, dengan waktu belajar antara 2 sampai 3 jam per minggu. Tapi memang, total jam belajarnya sekitar 12 atau 18 jam.

Saya awalnya sempat meragukan, bagaimana mungkin belajar bahasa baru hanya dalam waktu 1 hari? Saya jadi teringat dengan beberapa judul buku belajar di masa lampau yang judulnya misalnya 12 jam menguasai bidang tertentu.

Kembali ke kursus coursera, karena memang kelas online di coursera ini flexible deadline dan tergantung dengan kecepatan kita sendiri, maka kelas yang total jam belajarnya kurang dari 24 jam tergolong dengan kursus yang bisa diselesaikan dalam waktu 1 hari.

Tentu saja hal ini kembali lagi ke peserta kursusnya, apakah akan terus menyelesaikan dalam waktu 1 hari, atau memilih mengerjakannya sedikit demi sedikit setiap harinya.

Kelas Menarik di Coursera

Saya sudah pernah mengikuti beberapa kelas gratis di Coursera, termasuk kelas belajar bahasa Korea. Ada juga kelas yang membantu melewati masa pandemi ini: kelas mengendalikan pikiran supaya tidak stress dan bisa lebih relaks.

Kelas tentang Korea

Setelah penasaran dengan kelas yang katanya bisa dipelajari dengan cepat, saya menyadari ada beberapa kelas baru yang isinya belajar bahasa Korea juga. Terpikir untuk mencoba mengikuti kelas bahasa Korea yang tersedia yang belum pernah saya ambil.

Ada 1 universitas yang menyediakan kelas belajar bahasa Korea sebagai kelas spesialisasi dan terdiri dari 4 kursus. Untuk 4 kursus ini tentunya bukan kelas singkat, tapi mungkin kalau ada waktu saya pingin melihat kelasnya seperti apa.

Berbagai kelas tentang Korea Selatan

Hebatnya, selain bahasa, ada juga kelas budaya dan politik Korea di Coursera. Waktu saya iseng mencari tahu apakah ada kelas bahasa Thailand, saya tidak menemukan sama sekali.

Kelas Menulis

Selain kelas-kelas Korea, satu kelas yang juga menarik perhatian saya adalah kelas Menulis Novel!

Saya tahu menulis fiksi itu sulit. Sejauh ini, saya belum pernah membulatkan hati untuk menjadi penulis fiksi. Tapi, melhat judul kelas ini, saya merasa penasaran.

Mungkin lebih tepatnya lagi bertanya-tanya, apakah kalau saya mengikuti kelasnya dan mengerjakan tugas sesuai instruksi pada akhirnya saya akan bisa menulis novel?

Sekarang sih saya belum mendaftarkan diri untuk kelasnya, tapi saya sengaja tulis di sini, siapa tahu ada teman-teman yang ingin mencobanya lebih dahulu.

Kelas belajar bagaimana cara belajar

Kelas belajar bagaimana cara belajar

Kelas ini selalu menarik perhatian saya. Bahkan rasanya saya pernah mendaftar tapi kemudian kurang komitmen untuk menyelesaikannya. Ada satu sepupu yang sudah menyelesaikannya, bahkan membaca buku yang disarankan dalam kursus ini.

Kali ini saya akan mencoba untuk mendaftar kelas ini lagi, dan semoga saya bisa mengerjakan kelas ini sampai selesai.

Penutup

Kira-kira ada yang juga senang belajar di Coursera seperti saya? Ada yang mau belajar bareng dari salah satu topik yang saya sebutkan di atas? Barangkali kalau ada teman belajar, jadi lebih rajin belajarnya, hehehe..

Atau, apakah ada rekomendasi kelas menarik dari Coursera yang pernah kamu ikuti?

risna

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

10 thoughts on “Beberapa Kelas Menarik Di Coursera

  • August 24, 2021 at 7:32 am
    Permalink

    Sebenarnya udah lama tahu Coursera tapi belum tergerak aja gitu teh lihat-lihat atau ikut kelasnya. Hehhe makasih reviewnya ya tehh 🙂

    Reply
    • August 24, 2021 at 8:48 am
      Permalink

      ini tuh kelas nya banyak banget yang menarik, kalaupun ga selesai sesuai jadwal, bisa melanjutkan kemudian

      Reply
  • August 24, 2021 at 8:41 am
    Permalink

    Risnaaaa… rajin euy belajar macem2 ??
    Pingin juga belajar bahasa Korea, tapi aku tuh masih pemula. Yuk atuh kapan belajar apaan gitu barengan biar ada temennya

    Reply
    • August 24, 2021 at 8:47 am
      Permalink

      hayuuu mbak, itu kelasnya mulai dari pemula kok

      itu rajin dirajin rajinkan sih mbak, aslinya males hahaha

      Reply
  • August 24, 2021 at 8:14 pm
    Permalink

    Wah dari dulu penasaran tentang Coursera, tapi belum jadi aja mau lihat. Makasih dah sharing tentang ini Risna, jadi ingat.

    Ada satu kenalan, dia CEO dan dia suka ikut training2 business dan management di Coursera. Kayanya memang bagus sih, dia suka banget cerita. Mau deh nyoba juga

    Reply
  • August 24, 2021 at 8:25 pm
    Permalink

    Waktu dulu awal-awal belajar menulis buku, rasanya pernah bikin akun di Coursera. Tapi malah belum pernah ikutan kursus apapun. Baca artikel ini jadi keingetan punya akun, dan penasaran, ada apa aja yah di sana…

    Reply
  • August 26, 2021 at 3:24 am
    Permalink

    Wow, ada kelas menulis novel! Tampak seru. Saya jadi klik buat baca infonya, deh. Makasih buat review-nya, Teh. Saya pernah ikut beberapa kelas di EdX, tapi semuanya berhenti di tengah jalan, wkwkwk.. Sepertinya saya mesti membenahi diri soal komitmen dan disiplin, nih :p

    Reply
  • August 26, 2021 at 4:47 am
    Permalink

    Wow, ada kelas novel! Tampak seru. Saya jadi klik untuk baca infonya. Makasih review-nya, Teh. Saya pernah ikut beberapa kelas di EdX tapi berhenti di tengah jalan. Sepertinya saya perlu belajar lagi tentang komitmen dan disiplin diri, nih, huhu..

    Reply
  • August 26, 2021 at 11:31 am
    Permalink

    Hehe PR nih. Udah sampe dimention di sini padahal belum kuselesaikan kelasnya. Padahal skrg dah baca buku ke dua lho dari dosennya ?

    Reply
    • August 26, 2021 at 12:04 pm
      Permalink

      kirain udah selesai loh, kan bukunya udah dibaca

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: