Nov 29

Single Crochet Stitch yang Miring

Salah satu pelajaran yang saya dapat sewaktu mengerjakan vest – yang belum juga selesai – adalah, ketika kita melakukan single crochet berkeliling, maka sc tersebut akan cenderung miring. Padahal saya hanya mengikuti petunjuk dari patternnya. Kemiringan ini yang menjadi salah satu alasan saya mengulang project vest.

Memang benar kalau pengalaman adalah guru yang terbaik, saya share pengalaman saya ini dan semoga berguna sehingga tidak ada lagi orang yang mengalami hal seperti ini.

cimg4206 cimg4496
Sc berkeliling Sc balik tiap baris

Kemarin seorang teman yang sedang mengerjakan tas juga mengalami masalah yang sama. Dia mengerjakan tas dengan sc berkeliling, kalau saja tas itu tidak diberi hiasan tusuk feston/spike, mungkin sc berkeliing yang miring itu tidak akan menjadi perhatian. Nah karena kasus temen saya ini, saya jadi tergerak untuk lebih mencari tahu kenapa sih sc jadi miring kalau kita jalan berkeliling dan gimana menyiasatinya?

Setelah tanya kanan kiri dan browsing sana sini, akhirnya menemukan jawabannya. Waktu kita melakukan single crochet, kita melakukan dengan mengaitkan 2 loop sekaligus. Dan di baris berikutnya kita menusuk jarum untuk melakukan yarn over tidak tepat diatas tusukan itu, tapi di sebelah kanannya. Logikanya, sekencang apapun kita menarik tusukan itu, lama-lama pasti sc akan menjadi condong ke kanan, walaupun tiap orang punya kecenderungan kemiringan yang berbeda-beda.

Kalau produk yang kita buat tidak ada hiasan vertikal seperti tusuk feston ataupun fpdc, mungkin masalah itu tidak perlu terlalu di pikirkan, tapi dalam kasus kita menambahkan hiasan vertikal, kita harus menyiasatinya supaya kita tidak selalu menusuk di sebelah kanan baris sebelumnya, tapi berganti-ganti kanan dan kiri sehingga hasilnya tidak terlihat miring.

Alternatif pertama adalah dengan melakukan turn(balik arah) tiap baris, dan melakukan sc seperti biasa. Untuk orang-orang seperti saya yang terkadang malas menjoining sisi, kita bisa melakukan turn tiap 1 putaran. Hasilnya pasti lurus, akan tetapi dengan trun setiap baris maka sisi depan kita motifnya akan berganti-ganti yang ada V nya dan yang ada garis horisontalnya.

Dengan turn tiap baris, otomatis kita melakukan tusukan bergantian di kanan dan di kiri. Lihat pada gambar di bawah, baris 1 sampai 5 saya melakukan turn tiap baris. Perhatikan bahwa di sisi depan terlihat V dan garis horisontal bergantian, dan di sisi belakang sebaliknya.

sc

Dari video tapestry crochet yang saya lihat, ada satu alternatif lain lagi. Kadang-kadang, kita tidak suka di sisi depan ada garis horisontal, maka caranya supaya tidak miring adalah tetap melakukan turn tiap baris, tetapi kita menusuknya setiap baris ganti tangan kanan dan tangan kiri, sehingga di sisi depan selalu terlihat V sedangka di sisi belakang semua garis horisontal (lihat baris 5 sampai baris 9).

Di video ini ditunjukkan juga cara alternatif melakukan sc dengan tangan kanan tapi hasilnya seperti dilakukan dengan tangan kiri.

Oh iya video ini saya link langsung dari YouTube, semoga video ini tidak diremove dari youtube ya. Walaupun di video ini penjelasannya lebih ke pembahasan tapestry crochet, tapi teknik single crochetnya sama saja kok dengan crochet biasa.

Jadi intinya, kalau melakukan sc berkeliling dan ingin ditambahkan hiasan vertikal, sebaiknya pastikan Anda melakukan balik arah tiap baris. Yuk cobain.

3 Responses to “Single Crochet Stitch yang Miring”

  1. meiche Says:

    thanks, Ris … ntar kalau bikin sc keliling lagi lirik2 sini dulu 🙂

  2. Vest Finally Finished and Lessons Learned Says:

    […] you have some vertical motif (fpdc or spike), you will end up with skew line. I wrote about this on my blog (in Indonesian Language, if you are English speaker I hope you can guess from the […]

  3. dwi Says:

    hay jeng Rina… thanks a lot ya… meskipun aku belum pernah buat tas dan yang proyek besar… aku akan perhatikan ini ya…
    jalan-jalan juga yuk di blog saya yg lain
    http://mamasyifaiz.blogspot.com
    http://dwikusumastuti.multiply.com

    thanks

Leave a Reply