membuat qr code di canva

Membuat QR CODE di Canva

Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi saya baru tahu kalau Canva menyediakan fitur untuk menggenerate QR CODE. Selama ini memang sudah sering memindai QR Code, tetapi belum pernah butuh membagikan QR Code untuk dipindai.

Awalnya tadi karena ada kebutuhan menciptakan QR Code, saya mencari apakah ada situs yang menyediakan layanan ini secara gratis. Ketemu beberapa, tetapi umumnya meminta untuk membuat login lagi. Duh males banget kan. Eh tetapi ternyata ketemu juga informasi kalau Canva juga sudah menyediakan fitur ini dan tersedia untuk akun gratis asalkan sudah login. Langsung deh dicoba. Sengaja dituliskan di sini supaya ga lupa.

Membuat QR Code di Canva

Caranya gampang banget. Langsung saja ya.

  1. Setelah membuka desain baru di Canva, cari di bagian apps kata: “QR Code”. Kalau sudah terlihat di bagian popular langsung saja diklik.

2. Masukkan alamat tautan yang ingin diciptakan QR Codenya, lalu pilih Generate Code.

3. Jika ingin mengganti warna latar, warna kode ataupun jarak antara kode dengan pinggirannya, kita bisa mengganti lalu pilih update code.

Gampang banget kan! Kode ini juga bisa kita salin dan masukkan ke desain lainnya. Ukuran kodenya juga bisa diperbesar. Pastikan saja kodenya masih terbaca dengan benar dengan cara memindai menggunakan kamera ponsel.

Misalkan ketika mencari di apps tidak ditemukan, bisa juga mencarinya dari bagian menu Design Spotlight, cari di bagian Marketing akan ada menu QR Code Generator.

Selanjutnya kita bisa mulai menggenerate QR Code seperti pada langkah 2 di atas.

Apa sih QR Code itu?

Udah pada tau dong QR Code itu apa, udah sering kan melihat dan memindai QR Code. Menurut Wikipedia, QR Code itu singkatan dari “Quick Response Code,” merupakan kode matriks 2 dimensi untuk menyimpan informasi dalam bentuk gambar. Informasi yang disimpan bisa berupa alamat website maupun teks lainnya.

Saya juga baru tau kalau awalnya si QR Code ini ditemukan oleh perusahaan Denso secara spesifik untuk memberikan label dari berbagai bagian dalam perakitan mobil. Tetapi belakangan semakin populer karena kode ini bisa menyimpan informasi lebih banyak dibandingkan kode batang (barcode).

Sekarang ini salah satu QR Code yang paling sering saya gunakan saat ini sih dari aplikasi banking untuk membayar secara digital. Selain itu untuk otentikasi login ke pesan instan juga jadi lebih gampang dengan cara memindai QR Code.

Jadi sekarang, sudah bisa dong bikin QR Code kalau ingin memberikan informasi tertentu menggunakan Canva. Semoga tipsnya berguna. Selamat mencoba!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply