Ubah Audio Format Ogg ke MP3 Menggunakan VLC

Tulisan kali ini sangat spesifik terutama untuk yang merekam percakapan di aplikasi telegram dan ingin mengubah format hasil ke format audio lainnya. Salah satu alasan memindahkan grup Drakor Class dari WhatsApp ke Telegram karena di Telegram ada fitur video chat yang bisa direkam dan tidak dibatasi waktunya seperti pada zoom. Video rekamannya hasilnya mp4, ada juga pilihan merekam suara saja dan file hasilnya biasanya berupa format ogg.

Format OGG dan MP3

Format file ogg dan mp3 ini hanya format kompresi penyimpanan audio yang terkait dengan lisensi pemutarnya juga. Kalau mau tau definisinya bisa langsung google aja ya. Kebanyakan pemutar audio sudah bisa memainkan file ogg dan mp3, tetapi ternyata aplikasi audacity di Mac yang saya gunakan untuk edit audio belum bisa langsung membuka file ogg untuk mengkonversinya menjadi file audacity project.

Untuk yang menggunakan audacity di Windows, masalah ini mungkin tidak ditemukan. Teorinya sebenarnya audacity versi Mac juga sudah bisa membuka file ogg dan mengkonversi otomatis, entah kenapa tapi komputer Mac saya tetap tidak bisa. Untungnya saya menemukan kalau saya bisa mengkonversinya menggunakan VLC Media Player.

VLC Media Player

Mungkin ada yang merasa repot banget ya mau ubah format file saja harus instal aplikasi VLC dulu. Tapi sebenarnya VLC ini bukan sekedar mengubah format file saja, tetapi merupakan aplikasi pemutar multimedia mulai dari DVD, Audio CD, VCD, dan berbagai protokol streaming lainnya. Aplikasi VLC ini gratis dan open source yang tersedia di platform windows, mac maupun linux.

Instalasi aplikasi ini bisa berguna sekalian untuk hal-hal lainnya. Konversi file yang dilakukan juga bervariasi selain untuk memutar multimedia lainnya. Kalau memang masih punya ruang untuk instalasi aplikasi di komputer, langsung aja unduh dan instal VLC dari situsnya.

Mengubah OGG menjadi MP3 Menggunakan VLC

Setiap kali mengedit file rekaman hasil podcast yang kami lakukan di telegram, saya mendapatkan hasil berupa file format ogg. Mau tidak mau saya perlu mengkonversi sendiri file ogg ini ke format mp3. Dengan menggunakan aplikasi VLC, caranya kurang lebih sama dengan mengkonversi file video menjadi audio mp3.

Kalau mau melihat videonya langsung saja klik ya. Tapi untuk yang lebih suka melihat gambar dan baca tulisan, berikut ini tangkapan layarnya.

  1. Buka VLC, dari menu File, pilih Convert/Stream

2. Pilih Open Media …

3. Pilih file format ogg yang ingin diubah

4. Pilih profil Mp3

5. Pilih Save as File

6. Pilih direktori dan nama file untuk menyimpan file mp3

7. Simpan untuk mulai konversi

Setelah selesai konversi, hasil file mp3 bisa dilihat di tempat yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Pada dasarnya, mirip juga dengan konversi file mp4 menjadi mp3. Dari menu profil yang tersedia, sepertinya VLC bisa mengkonversi ke beberapa jenis format lainnya selain mp3. Kalau ada yang iseng bisa coba sendiri ya!

Semoga tutorial singkat ini berguna buat yang merekam audio di telegram dan ingin mengkonversi hasilnya ke format lainnya seperti saya.


Posted

in

, ,

by

Comments

Leave a Reply