Menceritakan KLIP ke Anggota Ibu Profesional

Bulan Oktober ini, saya mendapat kesempatan berkenalan lebih dekat dengan beberapa komponen yang ada di Komunitas Ibu Profesional. Sebenarnya sudah sering mendengar tentang Ibu Profesional dari sejak bergabung dengan Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Kalau selama ini mendengar dari kejauhan alias dari teman-teman IP yang gabung di KLIP, sekarang berkesempatan memperkenalkan KLIP ke teman-teman di Ibu Profesional yang mungkin belum pernah dengar tentang KLIP.

Sebenarnya awalnya tidak terpikir bakal jadi pengurus KLIP, karena motivasi awal ikut KLIP sekedar rajin mengisi blog. Keinginan mengisi blog memang sempat lenyap selama beberapa tahun sejak menjadi ibu (selain karena media sosial). Ternyata, setelah merasakan manfaat menulis setiap hari di KLIP, saya berkenalan dengan banyak teman-teman yang luar biasa kecintaannya dengan dunia literasi. Saya pun mulai ikut tertular semangatnya untuk semakin konsisten lagi dan sekarang bisa jadi blogger yang rajin, hehehe.

Memang benar ya kebahagiaan itu menular, makanya nih kita perlu bergabung dengan komunitas yang bikin kita bahagia. Dan karena saya bahagia berada di KLIP, saya senang sekali mengajak teman-teman yang memang saya tahu suka menulis, untuk melatih konsistensi dan menghasilkan karya-karya dari tulisannya.

Kembali ke topik awal, jadi bulan ini saya 2 kali nih diajak mempromosikan kegiatan KLIP ke teman-teman di Ibu Profesional. Kesempatan ini tentunya sebagai bagian dari menjadi Manajer Program untuk kegiatan di KLIP.

Kabar Sahabat Ipedia TV

Flyer acara Kabar Sahabat Ipedia TV

Kesempatan pertama mempromosikan KLIP sambil mengenal lebih dekat Ibu Profesional itu dari tampil di acara Kabar Sahabat yang tayang di Ipedia TV, hari Jumat 8 Oktober 2021. Saya mendampingi mbak Shanty yang merupakan penggagas awal adanya komunitas KLIP ini. Jaman pandemi ini, rasanya semua orang semakin terlatih tampil siaran langsung, saya juga sudah cukup sering tampil dengan teman-teman Drakor Class, tapi waktu diajak naik panggung IpediaTV, wuih rasanya kok deg-deg an ya.

Untungnya acaranya ada latihan dulu, jadi hari sebelum tampil, kenalan dan ngobrol-ngobrol dengan mbak Ike Pratiwi yang jadi host alias yang ngajak ngobrol. Saya langsung kagum dengan aura mbak Ike sebagai host. Jam terbang sebagai host pastinya yang membuat mbak Ike bisa tampil bersemangat sepanjang menjadi host.

Saya juga jadi melihat cara kerja tim Ipedia TV. Koordinasi tim Kabar Sahabat yang jam tayangnya secara rutin membuat mereka sudah biasa gerak cepat. Kegiatan di hari acara siaran langsung juga terasa sekali koordinasi dari setiap anggota tim.

Waktu melihat informasi kalau Kabar Sahabat Ipedia TV sedang membuka pendaftaran bergabung, sebenarnya saya agak tergoda ingin melihat lebih dekat lagi. Tapi, sekarang ini memutuskan untuk fokus dulu dengan KLIP. Belajar kegiatan siaran nya dari kegiatan yang ada di KLIP dulu saja. Yang jelas Ipedia TV ini merupakan salah satu bagian dari Ibu Profesional juga seperti hal nya KLIP.

Gelanggang Inspirasi Kampung Main Kampung Komunitas IP

Flyer acara Gelanggang Inspiasi Kampung Main

Kesempatan berikutnya itu hari ini. Saya menemani mbak Erna, Ketua KLIP untuk mengisi acara Gelanggang Inspirasi Kampung Main. Kesempatan malam ini bikin saya lebih deg-deg an lagi, rasanya selama mengisi acara siaran langsung, yang nonton itu belum pernah sampai 90 an orang di dalam ruang zoom. Acara hari ini selain di Zoom juga disiarkan ke YouTube. Kan makin deg-deg an jadinya.

Misi malam ini kurang lebih sama dengan kegiatan di IpediaTV sebelumnya: Mengenalkan kegiatan KLIP dan bagaimana kegiatan KLIP itu bisa menghasilkan karya dalam untaian kata.

Nah malam ini saya semakin berkesan lagi, karena lagi-lagi saya melihat kerjasama Tim Asyik (nama tim nya aja Asyik, kegiatannya pasti Asyik!). Dalam kesempatan malam ini, selain kami mengenalkan KLIP, kami juga diajak main game asyik.

Konsep bermain game dalam zoom ini cukup baru buat saya. Jadi, kalau biasanya zoom itu isinya membosankan karena kita hanya mendengarkan, di kampung main, sesuai namanya, pengisi acara maupun peserta yang hadir diajak bermain juga. Konsep ini perlu dijadikan catatan untuk contekan acara di KLIP nih sepertinya.

Penutup

Saya senang sekali melihat antusiasme teman-teman dari Komunitas Ibu Profesional yang ingin bergabung dengan KLIP. Makin banyak teman belajar bersama artinya semakin banyak kesempatan belajar hal-hal baru.

Ayo, kita latihan konsisten menulis bersama-sama di KLIP dan mendapatkan manfaat menjadi orang yang punya konsisten di bidang lainnya. Saya tunggu ya teman-teman di KLIP.

One thought on “Menceritakan KLIP ke Anggota Ibu Profesional

Leave a Reply