Jun 25

Sewing Pajamas – Trousers

Kemarin malam jahit piyama buat Joe lagi, kali ini pilih yang mudah dulu, jahit celananya. Berhubung beberapa teman (dan sepupu) yang mulai menjahit juga pada ga percaya mudahnya bikin celana piyama, kemarin sempet-sempetin deh sambil difoto. Bagian mengguntingnya ga difoto karena dilakukan malam sebelumnya. Mudah-mudahan waktu menjahit bagian blus nya juga ga lupa untuk foto-foto lagi.

Yuk bikin piyama sendiri hehehe. Ga susah kok. Ga lurus dan ga rapih juga ga masalah, ga ada yang lihat 🙂 Oh ya cara yang sama berlaku untuk bikin celana pendek.

 

1. Potong ikuti pola Celana PanjangPotong kainnya sesuai pola, akan ada 2 bagian masing2 untuk 1 kaki

2 Jahit sisi kakiPasang jarum pentul searah, pastikan bagian tengah dan ujung dari celana berimpit tepat. Bisa juga pasang pentul secara horisontal, tapi buat saya lebih mudah kalau vertikal. Jahit dari bagian pentul yang tajam ke arah kepala, ini untuk memudahkan mencabut pentul sambil menjahit.
3 Balik salah satu kakiBalik satu kaki sehingga sisi bagusnya di sebelah luar. Kaki yang di balik masukkan ke kaki satunya lagi.
4 Menyatukan kaki kanan dan kiri celanaPasang jarum pentul untuk menyambung kaki kanan dan kiri. Jangan lupa pasang pentulnya searah untuk memudahkan mencabut jarumnya sambil menjahit
5 Siap untuk di jahitBegini kira-kira sebelum di jahit, bagian kaki kanan dan kiri berimpit di sisi bagusnya.
6 Celana sudah hampir jadiSekarang kaki kanan dan kiri sudah tersambung, tinggal jahit keliman pinggang dan kaki, lalu pasang karet. Hampir selesai.
7 Jahit zig zagOh ya hampir lupa, kalau ga punya mesin obras, bisa menggunakan zig zag stitch buat pengganti obras.

Sebenernya hal ini bisa dilakukan sebelum kaki disambung, tapi saya kemarin terlanjur menyatukan kakinya duluan 😛

8 Lipatan kaki dan pinggangSetrika bagian lipatan pinggang dan kaki untuk memudahkan menjahit.
9 Jahit kakiUntuk memudahkan menjahit bagian kaki, bagian depan mesin jahit sebaiknya dilepas (jika mesin jahitnyay bisa dilepas-lepas).  Selesai menjahit kaki jahit bagian pinggang, sisakan sedikit untuk bagian memasukkan karet.

10 Jahit sambungan karetSetelah karet dipasang di bagian pinggang, satukan karet dengan jaitan zigzag. Lalu simpan karet seluruhnya di bagian pinggang dan lanjutkan jahit bagian pinggang.
11

Celana Panjang selesai dijahit

Selesai sudah. Mudah bukan 🙂

 

One Response to “Sewing Pajamas – Trousers”

  1. faridah Says:

    Salam kenal mba. Saya adalah pemula dalam jahit menjahit. Bole minta diajari cara membuat pola gak? Karena saya pengen sekali membuat piyama untuk anak2. Terima kasih sebelumnya

Leave a Reply