Nov 19

Crochet Cable

cablecrochet

Beberapa teman menyangka vest yang saya buat dikerjakan dengan knitting karena ada motif ‘cable’ nya. Ketika saya beritahu bahwa saya menggunakan crochet mereka jadi ingin tahu bagaimana caranya. Sebenarnya sudah banyak sekali referensi mengenai crochet cable ini, tapi baiklah saya coba menjelaskan dengan singkat.

Ada berbagai cara untuk membuat motif cable dengan crochet. Pada vest saya, teknik yang digunakan adalah tusukan sc dan fpdc bergantian serta tusukan fptr untuk efek cablenya.

Lihat pada gambar, dimana saya memberi nomor pada bagian cablenya. Ketika kita menyilangkan, kerjakan nomor 1 yang diatas ke nomor 1 yang dibawah. Jadi pertama kali kita melewatkan 3 tusukan terlebih dahulu, lalu pada tusukan ke-4 kita kembali mengisi tusukan yang tadi kita lewatkan.

Cara lain untuk membuat efek cable adalah dengan tusukan fpdc dan bpdc secara bergantian. Tusuk fpdc akan menghasilkan kesan ‘timbul’ sedangkan tusuk bpdc akan memberi kesan menjorok ke dalam. Untuk mengetahui bagaimana membuat fpdc dan bpdc silakan melihat  di sini dan sini.

Penjelasan dan contoh-contoh lebih lanjut mengenai crochet cable bisa dilihat di web berikut ini dan ini

Tidak sulit kok crochet cable itu. Coba yuk!.

2 Responses to “Crochet Cable”

  1. Vest Finally Finished and Lessons Learned Says:

    […] The third lesson is: I learned how to make crochet cable. […]

  2. santi Says:

    mbak risna.. ikutan nyontek disini ya.. saya sekarang lg bikin vest ini, lg bingung buat cable besarnya.. thanks banget infonya…
    santi.

Leave a Reply