Meat Zero, Daging Palsu dari Tumbuhan

meatzero

Beberapa hari lalu, ketika kami sedang berbelanja di Makro, akhirnya bertemu dengan produk Meat Zero yang sudah dicari dari beberapa bulan lalu. Meat Zero ini dipromosikan sebagai pengganti daging yang rasanya seperti daging tapi terbuat 100 persen dari tumbuhan. Langsung deh kami mencoba membeli beberapa jenis. Toh bisa disimpan di freezer, jadi sekalian aja beli beberapa rasa. Harapannya sih supaya anak-anak juga ikutan makan sayur rasa daging.

berbagai makanan meat zero
Berbagai jenis makanan produk olahan Meat Zero

Beberapa hari ini, langsung deh dicoba satu demi satu. Ada 3 jenis yang kami beli dari sekian banyak jenis yang ada. Lanjutkan baca kalau ikut penasaran.

Fried Laab Bites

Bisa digoreng dengan air fyer

Waktu melihat gambar depannya kalau Laab ini bisa digoreng dengan air fryer, saya langsung kepikiran mengeluarkan air fryer yang sudah lama tidak dipakai. Apalagi kan sekarang minyak goreng lagi mahal. Waktunya untuk hidup sehat dengan mengurangi minyak untuk menggoreng, hehehe.

Sebenarnya, Larb ini agak berbeda dengan yang aslinya. Bentuknya lebih kecil, hehehe. Tapi, rasanya sih mirip-mirip aja. Biasanya Larb ini bisa diisi daging ayam, babi atau ikan. Kalau yang biasa kami cemilin dulu sih yang pakai ikan.

Harga meat zero yang larb ini 169 baht (sekitar 72 ribu rupiah) untuk kemasan isi 400 gram. Isinya lumayan banyak kok, bisalah buat beberapa kali goreng. Bisa buat cemilan, tapi ini rasanya agak pedas, jadi anak-anak nggak mau makan deh.

Crispy Pork

Crispy Pork dari tumbuhan

Nah yang ini rasa crispy pork. Harganya 209 baht untuk paket 3 x 200 gram. Bentuknya dan rasanya mirip loh dengan crispy pork. Tapi untuk jenis yang ini nggak bisa digoreng pakai air fryer, setidaknya di depannya tidak ada gambar air fryernya.

Tapi memang rasanya mirip, bahkan pas digigit krenyes crispy sesuai nama. Dan walaupun ini asli dari tumbuhan, teksturnya bisa mirip loh dengan aslinya.

Karena penasaran, pas makan keluar saya pesan dong crispy pork aslinya. Memang sih yang asli lebih enak lagi. Tapi, kalau nggak dibandingkan bersandingan, meat zero crispy pork ini bisalah mewakili seandainya lagi kangen rasa crispy pork. Kalau ukurannya sih, ya masih cukup miriplah ya antara ukuran potongan meat zero dan aslinya.

Mini pop

Mini pop

Nah kalau yang ini bisa digoreng dengan air fryer. Mirip dengan bola-bola ayam. Tapi yang jelas ini dari tumbuhan 100 persen. Harganya 159 baht untuk kemasan 450 gram. Karena bola-bolanya kecil, otomatis isinya banyak sih.

Saya sudah mencoba menggorengnya dengan air fryer, tapi sepertinya kalau digoreng dengan minyak goreng pasti lebih enak lagi, hehehe.

Kelebihan Meat Zero

Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa sih pada bikin daging palsu begini? Dan kenapa beli meat zero? Karena saya bukan ngiklan, saya ambil saja ya penjelasan dari situsnya.

Nah ini penjelasannya si Meat Zero ini tidak ada kolesterol, tidak ada dagingnya, terbuat dari bahan yang non GMO, tidak ada hormon ditambahkan, tidak ada antibiotik ditambahkan dan kemasannya juga bisa di recycle.

Oh ya, untuk yang crispy pork dan mini pop, anak-anak cukup suka. Tapi kami kasih tau sih bahwa itu bukan dari daging. Biar ga dibilang ngebohongin anak, hehehe.

Saya nggak tau apakah produk ini sudah masuk ke Indonesia atau belum. Karena walaupun produk ini terbuat dari tumbuhan dan cocok untuk vegan dan vegetarian, tapi saya tidak menemukan label halal nya.

Leave a Reply