K-drama Forecasting Love and Weather

Forecasting-Love-And-Weather

Drama Korea selalu menampilkan berbagai jenis pekerjaan yang menarik. Bukan hanya dokter dan pengusaha real estate saja, tapi kali ini ada cerita dari kantor prakiraan cuaca yang berjudul: Forecasting Love and Weather atau yang dikenal juga dengan KMA People: Office Romance Cruelty.

Setelah sebelumnya ada drakor Jealousy Incarnate(2016) yang menceritakan pekerjaan kantor berita dan termasuk reporter yang melaporkan prakiraan cuaca, kali ini drakor menceritakan kisah romansa di kantor sejenis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Korea Selatan yang disebut Korea Meteorological Administration (KMA).

Tentang K-drama Forecasting Love and Weather

Drama Forecasting Love and Weather produksi jtbc yang bergenre komedi romantis ini bisa ditonton di Netflix setiap Sabtu dan Minggu malam. Pemerannya antara lain Song Kang si anak Netflix, Park Min Young yang selalu cocok memerankan jadi wanita kantoran dan juga Yoon Park dan Yura.

Kalau biasanya Park Min Young jadi sekretaris ataupun selalu punya bos dan kemudian terlibat asmara di kantor, kali ini Park Min Young menjadi direktur termuda dan terlibat asmara dengan salah seorang anak buahnya. Eits, ini bukan spoiler, karena memang dari episode pertama, itulah yang diceritakan oleh drama ini.

Tapi, terlepas dari cerita romansanya, hal yang menarik buat saya sebenarnya bagian pekerjaan prakiraan cuacanya. Drama ini berusaha menggambarkan bagaimana kesibukan orang-orang yang bekerja di kantor KMA dan bagaimana kalau mereka tidak memberi laporan yang tepat, mereka akan menerima protes dari banyak orang.

Kantor ini juga yang berperan untuk mengeluarkan weather warning kalau akan ada cuaca yang dianggap membahayakan. Misalnya saja kalau terjadi hujan badai ataupun terjadinya kabut tebal dan atau polusi udara. Ternyata, mengeluarkan weather warning itupun nggak semata-mata tinggal keluarkan saja, tapi ada hal-hal yang harus mereka pertimbangkan, mengikuti dengan aturan dan angka-angka yang ditetapkan.

Tentang Kantor Meteorologi

Rapat setiap pagi menentukan prakiraan cuaca hari itu (jtbc)

Sejak tinggal di Thailand, saya termasuk yang mengandalkan prakiraan cuaca terutama untuk merencanakan mau jalan-jalan atau nyuci. Padahal dulunya saya tidak pernah memperhatikan segmen prakiraan cuaca yang selalu ada jadi bagian dari berita. Saya juga jadi mengerti, misalnya kenapa di musim dingin yang biasanya tidak ada hujan, tapi sesekali dapat hujan kiriman dari badai yang lewat di dekat Thailand.

Dari 4 episode yang sudah ditayangkan, saya jadi lebih menghargai orang-orang yang bekerja di sana. Misalnya nih, mereka setiap pagi harus rapat untuk menentukan apakah ada peringatan yang harus diberikan atau diubah, berdasarkan data-data pergerakan awan, angin, dan lain-lain yang saya tidak mengerti dari melihatnya saja, hehehe.

Ada yang mengerti membaca ini? (jtbc)

Perubahan suhu yang mendadak saja bisa menjadi tanda tertentu dan perlu diperhatikan. Kalau mereka mengeluarkan peringatan misalnya akan ada cuaca buruk, otomatis nelayan dan kapal-kapal kecil akan dilarang berlayar.

Sebenarnya peringatan ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Tapi ya kalau mereka memberi peringatan dan ternyata sepertinya anginnya sepoi-sepoi saja, akan banyak yang protes karena tidak bisa melakukan pekerjaanya (terutama misalnya yang tidak boleh beroperasi di cuaca tersebut).

Kecelakaan akibat kabut (jtbc)

Salah satu contoh yang juga diceritakan dalam drama ini adalah tentang kabut yang membuat jarak pandang terbatas. Kalau di Chiang Mai sih, saya pernah mengalami jarak pandang terbatas karena polusi, bukan karena kabut dingin.

Terkadang, ketika orang-orang tidak mengindahkan peringatan dan tidak mengurangi kecepatan padahal jarak pandang terbatas, kecelakaan seperti ini sering terjadi. Tapi, apapun yang dilakukan oleh kantor meteorologi, selalu ada yang menyalahkan mereka.

Tentang Kisah Romansa di Kantor

Sebenarnya drama Korea dengan bumbu romansa di kantor sudah ada banyak ya. Tapi, kalau biasanya yang jadi bos itu adalah pemeran cowoknya, kali ini pemeran cewenya lebih tinggi jabatannya.

Bumbu kisah romansa di sini juga tentang bagaimana kalau punya mantan yang bekerja di kantor yang sama. Apakah salah satu harus memutuskan untuk pindah kerja, supaya menghindari omongan orang, atau mereka tetap bisa bekerja secara profesional.

Hayo, siapa yang pernah punya kisah romansa di kantor yang tidak sukses? Mungkin bisa belajar dari Park Min Young bagaimana menghadapi mantan dengan elegan.

Prediksi Ending Forecasting Love and Weather?

Lah baru 4 episode kok malah mau prediksi ending aja. Udahlah nonton aja sambil belajar lebih menghargai pekerjaan orang di kantor cuaca. Kalau diingatkan bawa payung, ya bawa payung dan ingat untuk tidak meningalkan jemuran di rumah begitu saja. Kalau ada peringatan akan ada badai, mungkin lebih baik di rumah saja dan nggak usah merencanakan pergi-pergi dulu sebisa mungkin.

Kalau prediksi drama nya sih, udah pasti ini drama romcom khas Park Min Young. Awalnya akan banyak sembunyi-sembunyi dari rekan kerja, lalu pasti nanti akan ketahuan dan selanjutnya bahagia.

Bosan dengan cerita romcom yang gitu-gitu saja? Ya, anggap saja lagi belajar sedikit-sedikit tentang apa yang dilakukan orang-orang yang bekerja di kantor cuaca.

One thought on “K-drama Forecasting Love and Weather

Leave a Reply