Categories
crochet info

Crochet Cable

cablecrochet

Beberapa teman menyangka vest yang saya buat dikerjakan dengan knitting karena ada motif ‘cable’ nya. Ketika saya beritahu bahwa saya menggunakan crochet mereka jadi ingin tahu bagaimana caranya. Sebenarnya sudah banyak sekali referensi mengenai crochet cable ini, tapi baiklah saya coba menjelaskan dengan singkat.

Ada berbagai cara untuk membuat motif cable dengan crochet. Pada vest saya, teknik yang digunakan adalah tusukan sc dan fpdc bergantian serta tusukan fptr untuk efek cablenya.

Lihat pada gambar, dimana saya memberi nomor pada bagian cablenya. Ketika kita menyilangkan, kerjakan nomor 1 yang diatas ke nomor 1 yang dibawah. Jadi pertama kali kita melewatkan 3 tusukan terlebih dahulu, lalu pada tusukan ke-4 kita kembali mengisi tusukan yang tadi kita lewatkan.

Cara lain untuk membuat efek cable adalah dengan tusukan fpdc dan bpdc secara bergantian. Tusuk fpdc akan menghasilkan kesan ‘timbul’ sedangkan tusuk bpdc akan memberi kesan menjorok ke dalam. Untuk mengetahui bagaimana membuat fpdc dan bpdc silakan melihat  di sini dan sini.

Penjelasan dan contoh-contoh lebih lanjut mengenai crochet cable bisa dilihat di web berikut ini dan ini

Tidak sulit kok crochet cable itu. Coba yuk!.

By risna

a housewife who recently learns to knit and crochet, lives in Chiang Mai since 2007, so must learn Thai Language, and had some part time job to do documentation with LaTeX and welcoming for a new family member at the end of 2010

2 replies on “Crochet Cable”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *