Review: Robot Vacuum – Mop Essential Xiaomi

xiaomi robot vacuum

Awal tahun 2022 ini, kami membeli Robot Vacuum Cleaner yang juga bisa sekalian mengepel merek Xiaomi. Sudah tahu kan kalau Xiaomi bukan hanya ponsel saja. Kami sudah banyak memakai berbagai produk Xiaomi yang unik dan cukup puas dengan kulalitasnya.

Sudah lama saya berencana menuliskan reviewnya, tapi ditunda melulu. Sekarang waktunya menuliskannya, mumpung diajak Nulis Kompakan Mamah Gajah Ngeblog buat mereview produk. Oh ya, ini bukan iklan dan saya tidak dibayar sama sekali oleh Xiaomi untuk menuliskannya.

Robotnya bisa ke kolong lemari

Kalau mau melihat seperti apa robot vacuum ini bekerja, bisa dilihat di video di atas. Intinya sih dia akan membersihkan ruangan dan ketika menemui halangan, dia akan berbelok. Sambil membersihkan, dia akan memetakan ruangan. Tiap ruangan bisa diberi nama, sehingga ketika kita berpindah ruangan, atau ketika kita ingin membersihkan ruangan tertentu untuk kesempatan berikutnya, kita bisa tinggal menyalakan dan membiarkannya bekerja.

Spesifikasi Vacuum – Mop Xiaomi

Kalau mencari kata vacuum – mop xiaomi, ada berbagai model yang bisa ditemukan. Menurut pencarian, sepertinya versi yang di jual di Thailand adalah Xiaomi Vacuum – Mop Essentials, dan berikut ini spesifikasi teknisnya.

Spesifikasi Teknis Robot Vacuum – Mop Essentials

Selain model tipis, hanya 8.2 cm saja, ada juga model lain. yang lebih besar dan baterenya lebih tahan lama. Ukuran penyimpanan airnya juga berbeda. Saya memilih ini tentu karena hanya ini yang ada di toko ketika kami membelinya, hehehe.

Fitur Robot Vacuum – Mop Xiaomi

Sebenarnya, ketika membelinya saya tidak tahu banyak tentang robot vacuum. Padahal robot vacuum itu sudah ada sejak lama, bahkan pernah dibahas di artikel Vacuum Cleaner di website Mamah Gajah Ngeblog juga. Tapi dari dulu, saya merasa robot ini masih terlalu mahal, dan lagipula masih ada yang datang ke rumah untuk membantu bersih-bersih rumah.

Saya akhirnya membeli robot ini adalah ketika mbak yang bantu bersih-bersih bilang kalau dia mau berhenti kerja. Dan memang menggunakan robot vacuum ini benar-benar bisa ditinggal, asalkan lantainya memang tidak ada mainan anak-anak berserakan lagi.

Dikendalikan dari Ponsel menggunakan aplikasi

Berbagai Settings dari aplikasi

Seperti halnya berbagai produk xiaomi, kita bisa mengendalikan produk tersebut melalui aplikasi di ponsel, asalkan di rumah kita punya jaringan wifi. Bukan sekedar mematikan dan menyalakan, tapi kita bisa memeriksa berbagai keterangan tentang perangkat tersebut melalui aplikasinya.

remote manual

Dikendalikan otomatis maupun manual

Fitur andalan dari robot vacuum ini tentu saja karena bisa bekerja otomatis selain dikendalikan manual. Kita bisa tinggal meletakkan saja dan bahkan menjadwalkan kapan kita ingin membersihkannya. Lalu nantinya vacuum akan kembali dengan sendirinya ke dockingnya untuk kembali diisi baterainya.

Pulang sendiri untuk charging

Ada peta ruangan dan virtual wall

Setiap kali bekerja, vacuum akan membuat peta ruangan. Untuk ruangan yang sama, kalau benda-bendanya tidak berpindah, otomatis dia akan lebih bersih ketika membersihkan berikutnya karena programnya bisa mengatur bagaimana pergerakannya harus dilakukan.

Untuk pertama kali mungkin dia akan lebih lama, karena robotnya memiliki sistem artificial intelligence, dia akan belajar dan semakin cepat. Ruangan dibersihkan bukan sekali saja, tapi mesinnya akan mundar mandir sekian kali sampai terasa bersih.

Berikut ini contohnya vacuum bekerja 40 menit mengerjakan ruangan seluas 34 meter persegi.

Membersihkan sambil memetakan ruangan

Untuk ruangan yang banyak barang, dia akan terlihat pinggirnya tidak rata. Atau kalau ada barang ditengah-tengah, maka yang dipetakan akan terlihat seperti gigi berlubang. Sebenarnya kalau misalnya ingin membersihkan sebagian saja dari ruangan, tanpa repot-repot menambahkan pembatas, kita bisa juga mengedit peta ruangannya dan menambahkan virtual wall.

Penambahan virtual wall ini berguna sekali untuk bebersih lantai setelah makan di sekitar meja makan, tapi tidak ingin membersihkan seluruh ruangan setiap kali bebersih habis makan. Atau misalnya, terkadang anak-anak sedang nonton tv, tapi saya ingin membersihkan ruangannya, saya tinggal memberikan virtual wall supaya membersihkan area lain dulu. Lalu ketika anak-anak tidak lagi berada di ruang tv, saya tinggal membersihkan hanya bagian ruang tv saja tanpa harus mengulang membersihkan semuanya.

Semua kegiatan bebersih tercatat

Aplikasi yang ada akan mencatat kapan kita bebersih, berapa luas yang dibersihkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Pencatatan ini terkait dengan, beberapa bagian dari vacuum ini ada umurnya dan perlu diganti. Nah untuk kapan penggantiannya juga ada indikatornya.

bisa memeriksa apakah sudah saatnya ganti sparepart

Kekurangannya

Karena rumah kami 2 lantai, terkadang untuk membersihkan kamar di atas saya perlu membawa robot vacuum nya naik turun tangga. Jadi benda ini idealnya memang kalau rumah hanya 1 lantai, tidak banyak barang dan juga ketinggian lantai yang sama.

Terkadang, kalau kita ada kabel berseliweran di lantai, bisa juga tanpa sengaja tersedot oleh main brush-nya dan akibatnya vacuum jadi terhenti. Bagusnya, kalau terjadi hal begini, vacuum tidak akan memaksa terus bekerja dan akan berhenti sambil memberi indikasi di aplikasi.

Untuk fitur pel, saya perlu menambahkan docking tanki airnya. Lalu, ketika tanki air dipasang, vacuumnya tidak disarankan untuk dicharging. Jadi kalau ingin menyedot debu saja, memang bisa dijadwalkan dan saya tidak perlu menyentuk vacuum nya sama sekali. Akan tetapi, kalau saya ingin mengepel juga, saya perlu memasang tanki airnya.

Siapa yang butuh robot vacuum?

Orang yang rumahnya tidak terlalu banyak barang di lantai, dan tidak suka mengepel, perlu banget nih robot vacuum begini. Apalagi kalaupun ragu membiarkan tanpa pengawasan, setidaknya saya bisa menyalakan vacuum sambil mengerjakan hal lain (misalnya saya bisa menulis sambil vacuum bekerja di belakang saya).

Terkadang, lantai yang terlihat bersih pun, ketika dibersihkan dengan vacuum lagi ada saja loh terlihat debu yang tersedot. Jadi bisa dibilang saya sih butuh robot vacuum, walaupun rumah saya masih banyak barang di lantai, tapi lebih baik saya beberes barang-barang kecil dulu lalu menyalakan robot vacuum daripada saya harus membersihkan seluruh ruangan dengan vacuum biasa.

6 thoughts on “Review: Robot Vacuum – Mop Essential Xiaomi

  1. Menarik sekali. Robot vacuum begini cocok untuk rumah luas. Kalau rumah kecil dan banyak barang seperti rumah saya, kasihan robotnya nanti. Dia hanya jedat-jedut kepentok barang. Dan ini berarti saat ini saya harus puas dengan pakai vacuum manual bergagang saja.

  2. Aku malah fokusnya ke xiaomi punya produk-produk yang unik. Emang iya sih, sampai alat pengukur kebersihan udara saja mereka ngeluarin. Teknologi AI nya memang mantap dan mereka tetap bisa jual produk dengan harga murah.

    Soal robot vakumnya sendiri aku baru tau kalau secanggih itu sampai bisa metain ruangan segala. Aku pikir pakai sensor aja. Benar-benar memudahkan memang teknologi ini.

  3. Wow keren juga yah. Langsung terpikir bagaimana bikin program untuk AI-nya. Maklum dulu dapat matkul AI pas kuliah haha. Tadinya aku pikir masih lebih puas menyapu manual karena bisa yakin betul kalau sudah bersih, ternyata pakai mesin begini benar-benar total dalam membersihkan kotoran ya? Hmmm, menarik. Mungkin bisa jadi pilihan kalau suatu saat nanti sudah nggak pakai Mbak ART

  4. Wah ternyata robot sekarang benar-benar sudah canggih ya, bisa memetakan ruangan, bahkan pulang sendiri sampai “nyolok” di tempat charging. Dulu selalu mikir apa iya robot vacuum bisa bersihin sampai benar-benar bersih? Ternyata bersih yaaa.. Baru tahu setelah baca review di sini karena belum pernah cari-cari review, belum kepikiran untuk beli. Cuma ya kayanya memang belum akan beli juga sih, kurang cocok sama rumah saya yang super mungil, dan lantainya seharian pasti penuh bertebaran mainan anak-anak. Kalau ada robot terbaru yang bisa mungutin mainan anak-anak lalu nyimpan rapi di tempatnya yang benar, mau review juga ya kak. Haha..

  5. Canggih banget ya… Udah lama penasaran dan tergoda untuk beli robot vacum, tapi bingung yang mana… Kalau xiaomi sih udah terbukti lah ya kualitasnya…

  6. Kayaknya dah semua temanku punya robot ini… tapi aku tetap merasa gak mampu belinya selama si eneng main playmobil dengan segala printilannya di lantai hihi.

    Tapi canggih bgt emang ya, jadi banyak tahu dari tulisan kakak. Mantap kak, jadi makin banyak waktu buat nulis deh kalau ada vacuum robot.

Leave a Reply to restueka Cancel reply